• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Mudah Mengobati Kutil

Ketahui Cara Mudah Mengobati Kutil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui Cara Mudah Mengobati Kutil

Halodoc, Jakarta – Kutil dapat dialami oleh siapa saja. Selain itu, kutil juga dapat muncul pada beberapa bagian tubuh, seperti tangan, kaki, bagian leher, hingga wajah. Meskipun tidak membahayakan bagi kesehatan, munculnya kutil menjadi salah satu kondisi yang dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. 

Baca juga: Bisakah Kutil Hilang dengan Sendirinya?

Berbagai cara kerap dilakukan oleh masyarakat untuk menghilangkan kutil secara alami. Meskipun begitu, belum tentu cara alami mampu menghilangkan kutil secara efektif. Terkadang mengatasi kutil dengan cara alami bisa menyebabkan efek samping, seperti luka atau iritasi pada kulit. Nah, sebaiknya ketahui cara paling untuk mengobati kutil.

Kenali Kutil Lebih Banyak

Kutil merupakan salah satu gangguan pada kulit yang dapat menyerang siapa saja namun tidak membahayakan kesehatan. Melansir Harvard Medical School, kutil muncul akibat sel kulit tumbuh lebih cepat dari biasa karena adanya paparan virus Human papillomavirus (HPV). HPV sering dikaitkan dengan penyakit seksual atau penyakit genital lainnya. Namun, HPV yang menyebabkan kutil sangat jarang dikaitkan dengan penyakit kanker.

Umumnya, kutil muncul beberapa bulan setelah seseorang terpapar HPV. Perlu diketahui, bahwa kutil dapat menyebar melalui kontak langsung atau penggunaan barang-barang pribadi secara bersama, seperti handuk maupun pakaian. Seseorang dapat terpapar HPV melalui luka gores atau iritasi yang terdapat pada tubuh.

Namun, penularan tidak hanya terjadi akibat paparan langsung. Seseorang yang memiliki sistem imunitas tubuh yang optimal belum tentu mengalami munculnya kutil meskipun terpapar HPV penyebab kutil.

Ketahui gejala yang muncul terkait kutil di berbagai area tubuh yang tidak membahayakan. Melansir Mayo Clinic, kutil yang tidak berbahaya muncul dengan bentuk bulatan kecil pada kulit, berwarna merah muda atau cokelat. Selain itu, kutil tidak menyebabkan pengidapnya merasa nyeri dan menyakitkan.

Segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya pada dokter jika kutil memiliki beberapa gejala, seperti muncul rasa nyeri, menyebar dan pertumbuhannya semakin mengganggu. Tentunya, kondisi ini perlu diatasi dengan melakukan pengobatan ke rumah sakit terdekat.

Baca juga: Jangan Didiamkan, Ini Tanda Kutil Harus Dioperasi

Cara Mudah Mengatasi Kutil

Melansir Web MD, ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutil pada tubuh, seperti:

1.Cryotherapy

Proses ini menggunakan teknik pembekuan pada kutil. Namun, pengobatan ini menyebabkan luka lepuh pada area kutil. Tidak hanya itu, biasanya pengobatan ini diperlukan tindakan secara berulang.

2.Pembedahan Kecil

Ketika metode pembekuan tidak efektif dilakukan untuk mengatasi kutil, pembedahan kecil dapat dilakukan untuk mengobati kutil.

3.Operasi Laser

Tindakan ini dilakukan dengan memanfaatkan sinar laser yang digunakan untuk membakar dan menghancurkan jaringan kutil pada kulit.

4.Penggunaan Krim Khusus

Umumnya, krim yang digunakan akan mengandung asam salisilat. Krim cukup dioleskan pada area kutil secara teratur dan kutil terkelupas dalam jangka waktu tertentu. Namun, hindari penggunaan krim ini untuk mengatasi kutil pada kelamin.

Baca juga: Begini Cara Mengobati Kutil pada Leher

Tidak hanya dengan melakukan tindakan medis, banyak masyarakat yang menggunakan beberapa bahan alami dan dipercaya mampu mengatasi kutil, misalnya seperti bawang putih, mengoleskan cuka apel, atau menggunakan baking powder.

Perlu diingat, mengatasi kutil dengan beberapa bahan alami tersebut belum teruji secara klinis dan meningkatkan risiko efek samping pada kulit. Jadi, sebaiknya segera lakukan pengobatan kutil ke rumah sakit terdekat agar dapat diatasi dengan tepat.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Skin Conditions and Warts
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Common Warts
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Warts