• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Penularan Kutil di Leher

Ketahui Cara Penularan Kutil di Leher

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Cara Penularan Kutil di Leher

“Kutil adalah salah satu gangguan pada kulit yang dapat dengan mudah terjadi. Maka dari itu, setiap orang harus tahu cara penularan kutil, terutama di leher, guna menghindarinya. Kutil yang tumbuh di leher tentu dapat menimbulkan rasa malu.”

Halodoc, Jakarta – Saat di pagi hari, saat kamu melihat ke kaca terdapat kutil di leher, kepercayaan diri kamu bisa saja menurun. Memang, gangguan ini tidak menimbulkan bahaya dan dapat hilang dengan sendirinya, tetapi tetap saja membuat kamu malu saat bertemu dengan orang lain. Untuk menghindarinya, kamu harus tahu cara penularan kutil. Berikut ulasannya!

Beberapa Cara Penularan Kutil di Leher

Kutil adalah jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV). Infeksi ini dapat menyebabkan benjolan kasar dengan warna menyerupai kulit yang dapat tumbuh di leher. Virus penyebab gangguan ini terbilang menular dan dapat terjadi saat berinteraksi dengan seseorang yang mengidapnya.

Baca juga: 4 Cara Penularan Kutil yang Perlu Diwaspadai

Meski penularan kutil dapat terjadi pada semua orang, tetapi anak-anak lebih rentan untuk mengidapnya karena tubuhnya yang lebih mudah terluka. Selain itu, risiko juga lebih tinggi pada seseorang yang mengidap penyakit autoimun atau sistem kekebalan yang lemah, karena tubuhnya tidak dapat melawan virus penyebab kutil.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa hal yang dapat menyebabkan penularan kutil di leher, antara lain:

1. Memegang Area yang Terserang

Salah satu cara yang dapat menyebabkan terjadinya penularan kutil di leher adalah kamu memegang area yang terserang lalu menyentuh bagian lainnya pada tubuh. Penyebarannya dapat terjadi saat kamu menyentuh, memencet, atau menggaruk kutil. Maka dari itu, penting untuk menghindarinya agar tidak menyebar ke area tubuh lain, termasuk juga leher.

2. Menyentuh Benda yang Terinfeksi

Penularan kutil di leher juga dapat terjadi saat kamu menyentuh permukaan tertentu yang telah disentuh seseorang dengan infeksi aktif. Hal ini juga dapat terjadi saat kamu berbagi barang-barang pribadi, seperti handuk atau pisau cukur. Saat membersihkan tubuh setelah mandi, handuk dapat menyentuh leher sehingga menyebabkan infeksi di area tersebut.

Baca juga: Inilah Mekanisme Tumbuhnya Kutil di Tubuh

3. Pemandian Umum

Kamu juga lebih mungkin mengalami penularan kutil pada area dengan permukaan basah, seperti area kolam renang atau tempat berendam. Jika dirasa tempat tersebut terlalu banyak orang, ada baiknya mencari tempat lainnya. Apabila kamu tetap memaksakan, bukan hanya leher yang dapat terinfeksi kutil, tetapi juga seluruh bagian tubuh.

Jika kamu merasa kutil di area tubuh sudah sangat mengganggu, beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc dapat mengatasinya. Fitur pemesanan pemeriksaan fisik dan tindakannya bisa kamu dapatkan dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: Kutil Kelamin Mudah Menular, Lakukan Pencegahan dengan Cara Ini

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan kutil. Meski begitu, tidak mungkin melindungi diri sepenuhnya jika kamu rentan terhadap penyakit ini. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan penyebaran kutil:

  • Membersihkan tangan secara teratur, terutama setelah menyentuh suatu benda atau permukaan.
  • Pastikan untuk mendesinfeksi luka dan kaga agar tetap bersih dan kering.
  • Jangan sentuh kutil orang lain.

Untuk membantu mencegah kutil menyebar satu bagian tubuh ke area tubuh lainnya, yaitu dengan:

  • Jangan menggaruk atau mengorek kutil yang tumbuh.
  • Jaga agar kutil di tubuh tetap kering.
  • Cobalah untuk menghindari kutil saat bercukur.
  • Ada baiknya untuk menutup area kutil.
  • Jangan mengorek kutil dengan alat tumpul maupun tajam.

Dengan mengetahui cara penularan kutil di leher, kamu dapat menghindari serangannya. Pastikan juga untuk rutin menjaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi setiap hari dan mengeringkan handuk yang lembap. Dengan begitu, risiko untuk terserang virus HPV menjadi lebih kecil.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How Do Warts Spread and How Can You Prevent This?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Warts.