• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Penyimpanan Tabung Oksigen di Rumah

Ketahui Cara Penyimpanan Tabung Oksigen di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui Cara Penyimpanan Tabung Oksigen di Rumah

“Beberapa penyakit tertentu, seperti COVID-19 bisa menurunkan kadar oksigen dalam tubuh seseorang. Itulah mengapa tabung oksigen menjadi barang yang penting dan wajib ada di rumah saat pandemi ini. Namun, cara penyimpanan alat tersebut di rumah perlu diperhatikan. Pasalnya, oksigen bisa memicu bahan lain terbakar lebih cepat.”

Halodoc, Jakarta – Tubuh manusia tidak bisa hidup tanpa oksigen yang dihirup dari udara. Namun, bila kamu mengidap penyakit paru-paru atau kondisi medis lainnya, kamu mungkin bisa mengalami kondisi kekurangan oksigen.

COVID-19 adalah salah satu penyakit yang bisa menurunkan kadar oksigen dalam darah. Kondisi yang disebut hipoksemia ini bisa membuat pengidap mengalami sesak napas dan juga menyebabkan terjadinya gangguan pada jantung, otak, dan organ lain dalam tubuh. Oleh karena itu, hipoksemia perlu secepatnya diatasi dengan melakukan terapi oksigen atau oksigenasi.

Terapi oksigen bisa dilakukan di rumah dengan membeli tabung oksigen untuk mendapatkan oksigen tambahan. Penting bagi pengidap COVID-19, terutama yang bergejala sedang hingga berat, untuk memiliki tabung oksigen di rumah untuk berjaga-jaga bila kadar oksigen darah tiba-tiba menurun. Namun, kamu juga perlu memerhatikan cara menyimpan alat tersebut di rumah agar aman. Berikut ulasannya.

Baca juga: Ini Bahayanya Jika Darah Kekurangan Oksigen

Cara Menyimpan Tabung Oksigen yang Aman di Rumah

Oksigen adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Saat kamu menggunakan tabung oksigen, konsentrasi oksigen di sekitar kamu dan peralatan kamu akan lebih besar daripada udara ruangan, sehingga menciptakan lingkungan yang kaya oksigen.

Atmosfer yang kaya oksigen berpotensi untuk menyebabkan kebakaran karena oksigen tidak bisa dideteksi oleh indera normal. Itulah mengapa penting untuk membiarkan udara mengalir ke luar rumah dengan cara membuka jendela setiap hari.

Baca juga: Pentingnya Rutin Cek Saturasi Oksigen saat Isoman

Tabung oksigen harus digunakan dan disimpan di area yang berventilasi baik, dan jauh dari sumber minyak, cat, pelarut atau bahan lainnya yang mudah terbakar. Berikut ini cara menyimpan tabung oksigen yang aman di rumah:

  • Simpan tabung oksigen jauh dari sumber panas, seperti kompor gas, lilin, perapian yang menyala, dan pemanas listrik atau gas. Tabung dan sumber panas setidaknya harus berjarak atau 1,5 meter.
  • Jaga agar tabung oksigen tetap tegak. Rapatkan tabung ke objek yang tetap agar tidak jatuh.
  • Jauhkan cairan yang mudah terbakar dari tabung oksigen. Hindari juga mengoleskan losion yang mengandung alkohol atau gel berbasis petroleum di wajah atau dada bagian atas saat menggunakan tabung oksigen.
  • Sebaiknya simpan tabung oksigen yang masih penuh di tempat yang berbeda dengan yang sudah kosong agar tidak membingungkan.

Selain cara penyimpanannya, perhatikan hal-hal berikut agar tidak terjadi bahaya saat menggunakan tabung oksigen:

  • Jangan pernah merokok atau membiarkan orang lain merokok di dekat tabung oksigen. Bila perlu, pasang tanda ‘dilarang merokok’ di depan pintu untuk memperingatkan orang-orang untuk tidak merokok di dalam rumah yang ada tabung oksigen.
  • Hindari juga menggunakan produk yang mudah terbakar di dekat tabung oksigen, seperti cairan pembersih, pengencer cat, dan semprotan aerosol.
  • Sebaiknya siapkan juga alat pemadam api di rumah untuk berjaga-jaga bila terjadi kebakaran. Pastikan detektor asap di rumah juga berfungsi dengan baik.
  • Bila tabung oksigen rusak, jangan mencoba memperbaikinya sendiri. Lebih baik bila kamu memanggil teknisi untuk memperbaikinya.

Baca juga: Tengkurap jadi Cara Sederhana Selamatkan Pasien Corona

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat menyimpan tabung oksigen di rumah agar aman. Bila kamu ingin membeli peralatan kesehatan, seperti oksimeter, gunakan saja aplikasi aplikasi Halodoc lho.

Tidak perlu keluar rumah, tinggal order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Home Oxygen Therapy: What to Know.
Vital Aire. Diakses pada 2021. Oxygen Therapy At Home: Tips to Store Oxygen Tanks At Home.