• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Sederhana Agar Pankreas Selalu Sehat

Ketahui Cara Sederhana Agar Pankreas Selalu Sehat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Cara Sederhana Agar Pankreas Selalu Sehat

“Organ pankreas memiliki fungsi yang sangat vital untuk tubuh. Oleh karena itu, kamu wajib tahu cara menyehatkan pankreas. Beberapa gaya hidup sehat sederhana nyatanya mampu menjaga kesehatan pankreas dan menghindarkannya dari masalah, seperti pankreatitis atau kanker pankreas. Cara tersebut, misalnya berhenti merokok, makan-makanan sehat, dan mengurangi alkohol.”

Halodoc, Jakarta – Pankreas terletak di sisi kiri tubuh di belakang perut. Organ ini adalah kelenjar endokrin kecil, dengan panjang sekitar 15 sentimeter. Ia menghasilkan enzim penting untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi. Selain itu, enzim yang dihasilkan juga bertugas untuk memecah protein, karbohidrat, chyme dan lipid. Pankreas juga memproduksi hormon tertentu, seperti somatostatin, glukagon, polipeptida pankreas, dan insulin yang mengatur kadar gula darah dan glukagon.

Melihat banyaknya fungsi pankreas, maka sangat penting untuk mengetahui cara menyehatkan pankreas. Sebab jika tidak, akan ada berbagai kondisi pankreas yang bisa terjadi akibat pola makan dan gaya hidup yang buruk. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan masalah, seperti diabetes, kanker pankreas, dan masalah lainnya. 

Baca juga: Inilah 2 Fungsi Utama Pankreas pada Tubuh

Cara Menyehatkan Pankreas

Untungnya ada banyak cara untuk melindungi pankreas dan mencegah atau mengurangi risiko pankreatitis dan masalah lainnya. Beberapa ahli juga percaya bahwa ada kebiasaan alami yang dapat membantu menyembuhkan pankreas. Berikut ini cara menyehatkan pankreas:

Kontrol Konsumsi Alkohol 

Ketahui Cara Sederhana Agar Pankreas Selalu Sehat

Kurangi atau hilangkan konsumsi alkohol karena banyak penelitian menunjukkan bahwa asupan alkohol yang tinggi berhubungan dengan peningkatan risiko pankreatitis.

Pertahankan Pola Makan Rendah Lemak

Ketahui Cara Sederhana Agar Pankreas Selalu Sehat

Cara menyehatkan pankreas selanjutnya adalah melakukan diet rendah lemak. Jadi, pastikan kamu selalu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak buah dan sayuran dan makanan olahan yang berkontribusi pada pankreas yang sehat. Konsumsi asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup juga bisa membantu menurunkan kadar trigliserida. Asam lemak omega-3 ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan sayuran hijau.

Baca juga: 6 Tanda Alami Gangguan Kesehatan pada Pankreas

Berolahraga Teratur 

Ketahui Cara Sederhana Agar Pankreas Selalu Sehat

Penelitian menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan lebih mungkin terkena batu empedu, yang menempatkan mereka pada risiko yang lebih besar untuk pankreatitis akut. Berolahraga membantu menjaga berat badan dan mengurangi risiko pankreatitis. Faktanya, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penurunan berat badan 5 hingga 10 persen sebenarnya dapat sedikit mengisi ulang pankreas dan membantunya berfungsi lebih baik.

Hindari Diet Ketat

Ketahui Cara Sederhana Agar Pankreas Selalu Sehat

Banyak spesialis mengklaim bahwa penurunan berat badan yang cepat dapat mendorong masalah gula darah dan meningkatkan risiko batu empedu. Jika kamu ingin tahu bagaimana seharusnya diet yang sehat, maka kamu bisa tanyakan pada dokter gizi di Halodoc. Dokter akan selalu siaga memberikan saran kesehatan yang dibutuhkan untuk membantumu menurunkan berat badan dengan sehat.

Baca juga: Seputar Kanker Pankreas yang Perlu Diketahui

Berhenti Merokok

Ketahui Cara Sederhana Agar Pankreas Selalu Sehat

Cara menyehatkan pankreas lainnya adalah dengan berhenti merokok. Berbagai penelitian mengaitkan merokok dengan pankreatitis kronis dan akut. Jadi, dengan berhenti merokok, risiko pankreatitis berkurang drastis.

Mengkonsumsi Antioksidan

Ketahui Cara Sederhana Agar Pankreas Selalu Sehat

Mengonsumsi antioksidan dalam jumlah yang lebih tinggi dapat menurunkan risiko terkena kanker pankreas dan menjadi salah satu cara menyehatkan pankreas. Makanan tinggi antioksidan terdiri dari vitamin E, vitamin C, dan selenium. Beberapa makanan super antioksidan ini termasuk anggur, blueberry, beri merah, kacang-kacangan, sayuran hijau tua, sayuran oranye, seperti ubi jalar, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan teh hijau.

Referensi:
Johns Creek Dermatology and Family Medicine. Diakses pada 2021. Why It’s Important to Keep Your Pancreas Healthy.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 5 Ways to Prevent Pancreatitis and Exocrine Pancreatic Insufficiency.
NDTV. Diakses pada 2021. 13 Simple Yet Effective Ways To Take Care Of Your Pancreas.