• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Tepat Meringankan Gejala Lupus

Ketahui Cara Tepat Meringankan Gejala Lupus

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Lupus adalah gangguan kesehatan yang tidak boleh dianggap sepele. Namun, penyakit autoimun ini kerap kali terjadi tanpa menunjukkan gejala yang spesifik, sehingga sering terlambat terdeteksi. Hal itu menyebabkan lupus sering terlambat ditangani sehingga sering menimbulkan beragam gejala. Meski penyakit ini tidak bisa diobati, perawatan tetap dibutuhkan untuk meringankan gejala. 

Penyakit lupus terjadi karena ada peradangan karena sistem imun atau kekebalan tubuh menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri alias autoimun. Dalam kondisi normal, sistem imun seharusnya melindungi tubuh, tapi hal sebaliknya terjadi pada pengidap penyakit autoimun. Selain penyebabnya belum diketahui, penyakit lupus juga tidak bisa disembuhkan.

Baca juga: Gejala Mirip, Lupus Sering Dikira Sakit Tipes dan DBD

Perawatan pada Pengidap Lupus 

Penyakit lupus tidak bisa disembuhkan, tapi perawatan dan pengobatan tetap perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk membantu meringankan gejala dan membuat pengidap lupus merasa lebih nyaman. Selain itu, pengobatan lupus juga bisa membantu mencegah kekambuhan penyakit serta meminimalkan risiko kerusakan yang terjadi pada organ.

Pengobatan penyakit ini mungkin akan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya, sebab perkembangan penyakit lupus bisa berubah-ubah. Pengobatan yang dilakukan pada pengidap penyakit lupus akan disesuaikan dengan gejala dan tingkat keparahan penyakit. Namun, secara umum ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala lupus, di antaranya: 

  • Konsumsi Obat-obatan Tertentu 

Setelah melakukan pemeriksaan dan memantau kondisi tubuh, dokter biasanya akan merekomendasikan beberapa jenis obat untuk mengatasi gejala penyakit lupus. Ada beberapa jenis obat yang sering digunakan, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), obat antimalaria, kortikosteroid, obat imunosupresan, serta agen biologis.

Baca juga: Ini Alasan Lupus Sulit Disembuhkan

  • Perubahan Gaya Hidup

Selain konsumsi obat-obatan, pengidap lupus juga disarankan untuk melakukan perubahan gaya hidup untuk meringankan gejala. Perlu diingat, lupus adalah penyakit jangka panjang dan tidak bisa disembuhkan. Gejala penyakit ini biasanya hilang timbul dan terkadang bisa mengganggu pengidapnya. Namun, penerapan gaya hidup tertentu bisa membantu mencegah gejala penyakit muncul. 

Gaya hidup sehat yang bisa diterapkan adalah: 

1.Melindungi Kulit 

Penting bagi pengidap penyakit lupus untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Maka dari itu, pastikan selalu mengenakan pakaian yang tertutup saat keluar rumah dan mengoleskan tabir surya sebagai pelindung. 

2.Olahraga 

Meski mengidap lupus, olahraga tetap harus dilakukan. Olahraga pada pengidap lupus bisa membantu menjaga kekuatan otot, tulang, serta menghindari stres akibat penyakit. 

3.Cukup Istirahat 

Penting bagi pengidap lupus untuk selalu menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Maka dari itu, disarankan untuk tidur cukup dan tidak memaksakan diri dalam melakukan sesuatu. 

4.Pola Makan Sehat 

Meringankan gejala lupus juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat, seperti memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian utuh. Selain itu, mengonsumsi vitamin dan suplemen, seperti vitamin D atau suplemen kalsium juga bisa dilakukan, jika disarankan dokter. 

5.Hindari Rokok dan Alkohol 

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol bisa memperburuk kondisi tubuh pengidap lupus. Selain itu, alkohol juga bisa bereaksi terhadap obat lupus. 

Baca juga: Tetap Berkarya, Ini 3 Selebriti yang Mengidap Lupus

Pastikan juga untuk rutin melakukan pemeriksaan agar gejala penyakit lupus bisa dikontrol. Kamu juga bisa pakai aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter dan menyampaikan gejala yang muncul. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Lupus.
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Lupus.
WebMD. Diakses pada 2020. Lupus Overview.