Ketahui Cara untuk Mencegah Terjadinya Osteoartritis

osteoartritis, gangguan sendi,

Halodoc, Jakarta - Osteoartritis biasanya dialami oleh sendi pada pinggul, lutut, tangan, dan tulang punggung. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi sendi-sendi lainnya untuk mengalami kondisi ini. Meski begitu, kamu enggak perlu khawatir, karena selama kamu tetap aktif dalam beraktivitas, menjaga berat badan, serta melakukan gaya hidup sehat, maka penyakit ini dapat dihambat. Selain itu, rasa nyeri pada sendi yang kamu alami pun dapat diatasi.

Baca juga: Ini Penyebab Osteoartritis yang Perlu Diketahui

Osteoartritis, Penyakit pada Sendi yang Sering Dialami

Osteoartritis (OA) merupakan salah satu jenis masalah pada sendi yang paling sering dialami oleh orang-orang. Penyakit ini merupakan penyakit sendi yang memengaruhi tulang rawan persendian. OA dapat terjadi ketika kartilago yang melindungi dan memberi bantalan bagi sendi rusak. Nah, kondisi ini akan menyebabkan tulang bergesekan satu sama lain. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya rasa sakit dan kaku. Osteoartritis merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami di dunia. Penyakit ini bahkan dapat menyebabkan kecacatan pada pengidapnya.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Osteoartritis

Gejala utama pada pengidap kondisi ini ditandai dengan rasa sakit dan kaku pada sendi. Jika kondisi ini sudah terjadi, aktivitas sehari-hari bisa saja terganggu. Hal ini dikarenakan rasa sakit dan nyeri pada sendi akan begitu terasa ketika sendi digerakkan. Rasa sakit biasanya akan bertambah parah ketika bangun tidur. Selain itu, beberapa gejala yang menjadi tanda dari osteoartritis, antara lain:

  • Sendi menjadi mudah nyeri.
  • Kelenturan sendi menurun.
  • Otot yang melemah, serta massa otot berkurang.
  • Ketika digerakkan, akan terdengar suara gesekan pada sendi.

Gejala-gejala di atas biasanya akan berkembang secara perlahan, dan akan bertambah parah seiring dengan berjalannya waktu. Tingkat keparahannya pun akan berbeda-beda, tergantung lokasi yang mengalaminya.

Baca juga: 5 Faktor Risiko Terkena Osteoartritis

Ketahui Cara Mencegah Terjadinya Osteoartritis

Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan perubahan gaya hidup. Beberapa upaya pencegahan yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  1. Bagi kamu yang mempunyai berat badan berlebih, segera lakukan diet sehat, ya! Karena kelebihan berat badan akan memberikan tekanan pada sendi-sendi tertentu yang dapat menyebabkan nyeri pada sendi. Selain jalani diet yang sehat, kamu bisa mengkombinasikannya dengan olahraga secara teratur.
  2. Olesi salep atau krim penghilang rasa sakit. Kamu dapat membeli krim jenis ini di apotik terdekat. Krim ini dapat membantu kamu dalam meringankan gejala yang kamu rasakan. Beberapa krim yang dijual akan memberikan efek panas atau dingin pada kulit. Olesi krim ini pada area-area sendi yang mengalami nyeri.
  3. Olahraga secara teratur guna memperkuat otot-otot pada sendi, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga secara teratur dapat membuat sendi kamu jadi lebih stabil. Kamu bisa memulai olahraga dengan berjalan, bersepeda, atau berenang.
  4. Melakukan terapi panas dingin. Terapi ini bisa kamu lakukan jika gejala nyeri datang. Sensasi rasa panas atau dingin dapat kamu gunakan untuk meringankan rasa sakit pada sendi. Rasa panas akan mengurangi kekakuan pada sendi, dan rasa dingin akan membantu meringankan ketegangan pada otot sendi.

Baca juga: 6 Gejala dari Osteoartritis Lutut yang Perlu Diwaspadai

Jika kamu mempunyai masalah dalam melakukan pencegahan guna meringankan gejala yang dirasakan, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!