• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Dampak Keringat Kering di Badan Setelah Olahraga

Ketahui Dampak Keringat Kering di Badan Setelah Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Berkeringat adalah suatu hal yang baik bagi tubuh untuk mengeluarkan racun-racun yang tidak keluar melalui feses. Saat berolahraga, keringat akan membanjiri tubuh dan membuat baju menjadi basah setelah aktivitas fisik beberapa saat. Banyak orang yang membiarkan keringat kering di badan setelah berolahraga. Padahal, ada beberapa dampak buruk yang dapat terjadi akibat hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, baca ulasan berikut ini!

Jangan Biarkan Keringat Kering di Badan

Salah satu kebiasaan yang perlu terus dilakukan adalah mengganti baju setelah melakukan aktivitas fisik, terutama saat mendapati keringat yang keluar sangat banyak. Jika membiarkan keringat untuk kering di badan, ada beberapa dampak buruk yang dapat terjadi pada tubuh, terutama kulit. Hal ini tentu perlu sangat diperhatikan untuk seseorang yang memiliki kulit sensitif.

Baca juga: Keringat Berlebih Meski Udara Dingin, Mungkin Hiperhidrosis?

Nah, inilah beberapa dampak buruk yang dapat terjadi akibat membiarkan keringat kering di badan:

1. Sumbatan pada Pori-Pori Kulit

Tahukah kamu jika keringat yang terus berada di kulit dapat menyumbat pori-pori. Pakaian yang basah dan penuh keringat dapat menjadi perangkap untuk debu dan kotoran yang menyebabkan sumbatan pada pori-pori, bahkan menimbulkan jerawat tumbuh. Maka dari itu, pastikan untuk menyeka keringat dengan handuk bersih setelah melakukan aktivitas fisik dan mengganti baju dengan yang bersih serta kering. Langkah lebih baik jika mandi setelahnya untuk membilas bakteri penyebab jerawat.

2. Bau Badan Tetap Melekat

Beberapa orang membiarkan keringat pada pakaiannya untuk mengering setelah melakukan aktivitas fisik. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah bau keringat yang ada masih terus melekat sehingga mungkin saja mengganggu orang-orang yang ada di sekitar. Setiap akan berolahraga, pastikan membawa baju ganti untuk menghindari bau tidak sedap dan bakteri yang menempel pada pakaian. Setelah itu, pastikan juga untuk membilas baju yang penuh dengan keringat agar bersih kembali.

Baca juga: Enggak Selamanya Berkeringat Itu Sehat, Ini Penjelasannya

3. Jamur Menetap di Pakaian

Keringat bukan hanya menetap di baju, tetapi juga celana. Hal ini dapat menyebabkan selangkangan menjadi gatal, bukan hanya pria tetapi juga wanita. Salah satu gangguannya adalah jock itch, yaitu infeksi jamur yang terjadi di area yang berkeringat dan lembap, seperti area selangkangan, paha bagian dalam, serta bokong. Jika kamu menggunakan pakaian yang basah seharian, jamur mampu berkembang biak secara cepat dan menimbulkan sensasi terbakar.

4. Terkena Infeksi Jamur

Saat mengenakan pakaian olahraga yang basah dalam waktu yang lama setelah melakukan aktivitas fisik, dapat meningkatkan kemungkinan terkena infeksi jamur. Ragi adalah salah satu jenis jamur yang dapat tumbuh subur di area lembap dan panas. Pada wanita, sangat penting untuk menghindari area lembap pada area vagina karena risiko untuk mengalami infeksi terbilang tinggi. Hindari penggunaan pakaian olahraga dari bahan sintetis dan ganti dengan bahan kapas.

Baca juga: 6 Manfaat Keringat bagi Tubuh

Itulah beberapa dampak buruk yang dapat terjadi saat membiarkan keringat kering di badan dengan mengenakan baju yang basah. Ingatlah, selalu pastikan untuk membawa baju ganti saat berencana melakukan aktivitas fisik untuk menghindari segala masalah yang mungkin terjadi, ketika terlalu lama mengenakan pakaian yang basah dengan keringat. Dengan begitu, infeksi jamur dan bakteri dapat dihindari.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait segala cara untuk menjaga kebersihan tubuh saat atau setelah melakukan aktivitas fisik. Caranya cukup mudah, hanya dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan yang berhubungan dengan akses kesehatan dapat didapatkan. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Insider. Diakses pada 2021. 8 gross things that can happen if you stay in sweaty clothes for too long.
The Baltimore Sun. Diakses pada 2021. Sweating is great for your skin unless you leave it there to dry, which may clog the pores.