• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui di Sini Bentuk-Bentuk Vagina

Ketahui di Sini Bentuk-Bentuk Vagina

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui di Sini Bentuk-Bentuk Vagina

Setiap perempuan memiliki bentuk vagina yang berbeda. Kamu tidak perlu khawatir bila labiamu terlalu lebar atau bahkan menjuntai keluar dari celana dalam. Selama kondisi tersebut tidak memberikan rasa sakit dan mengundang ketidaknyamanan, bentuk vagina yang berbeda adalah sesuatu yang normal adanya.”

Halodoc, Jakarta - Setiap perempuan memiliki vagina yang berbeda, baik dari ukuran, warna, dan aroma. Terkadang kondisi yang berbeda ini memicu kekhawatiran karena menganggap vaginanya berbeda dibanding yang lain. 

Sebenarnya perbedaan bentuk dan aroma vagina selama tidak menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, semuanya normal-normal saja. Salah satu perbedaan mencolok dari vagina adalah bentuk labia atau “bibir vagina”. 

Ada dua bagian labia, pertama adalah labia major sedangkan bibir dalam vagina yang biasanya membuka jalan menuju lubang vagina disebut labia minor. Masing-masing perempuan memiliki karakteristik labia yang berbeda-beda. Ketahui di sini beberapa bentuk vagina!

Baca juga: Wanita Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Miss V Sehat

1. Labia Minor Asimetris

Jika labia bagian dalam lebih panjang, lebih tebal, atau lebih besar, labia tersebut dianggap asimetris. Menyikapi bentuk yang demikian tidak perlu khawatir, karena bentuk labia yang seperti ini lebih umum terjadi.

2. Labia Major Melengkung

Labia major yang melengkung mungkin bisa digambarkan seperti tapal kuda terbalik, yakni kurva bundar yang bertemu secara merata di ujungnya. Perempuan yang memiliki bentuk labia ini biasanya labia minornya terbuka. Labia minor mungkin tidak menonjol di bawah labia major.

3. Labia Minor Menonjol

Labia minor yang menonjol biasanya berukuran lebih panjang dari dan menonjol keluar dari labia major. Jenis labia minor menonjol ini biasanya membuat bentuk labia minor lebih jelas atau mengintip keluar. 

4. Labia Major Menonjol

Labia major yang menonjol biasanya terlihat lebih menjulur ke bawah. Kulit mungkin agak sedikit lebih tebal sehingga terkesan seperti membengkak atau tipis dan agak longgar.

5. Labia Minor Panjang dan Menjuntai

Bentuk labia Ini mirip dengan dengan labia minor yang menonjol. Bedanya, bentuk yang satu ini dapat menjuntai hingga satu inci atau lebih, bahkan sampai melebihi labia major. 

Jika kamu memiliki bentuk ini, kamu akan menyadari bentuk labiamu seperti sampai menggantung di luar pakaian dalam. Kamu juga akan menyadari ada kulit yang memanjang atau lipatan tambahan pada labia.

Baca juga: Jenis Aroma Miss V dan Penyebabnya

6. Labia Major yang Panjang dan Menjuntai

Bentuk ini mirip dengan labia major yang menonjol. Bentuk ini ditandai dengan kulit tipis dan longgar. Seperti halnya labia minor yang menjuntai, lipatan bisa sampai menggantung keluar pakaian dalam. Hal ini dapat membuat labia minor kelihatan seperti lebih terbuka.

7. Labia Kecil dan Terbuka

Bentuk ini ditandai dengan labia major yang rata dan bersandar pada tulang kemaluan serta memperlihatkan sedikit labia minor.

8. Labia Kecil dan Tertutup

Bentuk ini ditandai dengan labia minor yang tertutup sepenuhnya. Ini merupakan jenis vagina yang paling umum dimiliki perempuan.

Baca juga: Adakah Cara Alami untuk Mengatasi Keputihan?

9. Terlihat Bibir Dalamnya

Bentuk ini ditandai dengan labia major dan labia minor yang berukuran sama. Labia minor tidak terlihat karena menggantung di luar lipatan luar. Namun, labia minor akan terlihat ketika seorang wanita duduk atau menarik ke dua sisi labia major. 

Itulah bentuk-bentuk vagina yang perlu kamu ketahui, kalau kamu ingin bertanya seputar kesehatan organ intim bisa tanyakan ke dokter melalui aplikasi Halodoc

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2021. Lopsided Vagina: Are My Labia Normal?
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the types of vagina?