• Home
  • /
  • Ketahui Efek Samping Metformin pada Diabetes

Ketahui Efek Samping Metformin pada Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ketahui Efek Samping Metformin pada Diabetes

Halodoc, Jakarta - Penting sekali untuk selalu memperhatikan asupan makanan sehari-hari yang dikonsumsi untuk menjaga tubuh tetap sehat. Salah satu asupan yang benar-benar perlu dibatasi adalah gula. Banyak gangguan kesehatan yang dapat terjadi disebabkan oleh kandungan tersebut, salah satunya adalah diabetes.

Seseorang yang mengidap diabetes perlu secara terus-menerus mengonsumsi obat agar kandungan gula di dalam tubuhnya tetap rendah. Salah satu obat yang dapat memicu tubuh untuk memproduksi insulin secara alami adalah metformin. Walau begitu, terdapat beberapa efek samping yang dapat terjadi jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Berikut beberapa efek sampingnya!

Baca juga: Metformin Obat untuk Diabetes, Ini yang Perlu Diketahui

Efek Samping Metformin sebagai Obat Diabetes

Faktanya memang seseorang yang mengidap diabetes tidak dapat disembuhkan. Hal yang penting dilakukan adalah mendeteksi penyakit tersebut sejak dini agar gula darah di dalam tubuh mampu dikendalikan. Dengan selalu menjaga gula di dalam darah tetap seimbang, kamu dapat menurunkan risiko berbahaya yang dapat menyerang.

Salah satu yang umum dilakukan seseorang dengan penyakit diabetes adalah mengonsumsi banyak obat. Salah satu obat yang kerap dikonsumsi adalah metformin. Obat ini biasanya dikonsumsi oleh seseorang dengan diabetes tipe 2 untuk mengendalikan kadar gula darah. Selain itu, obat ini juga dapat mengurangi efek samping dari obat antipsikotik.

Obat ini masuk ke dalam kelas biguanides. Selain itu, metformin berguna untuk mengurangi produksi gula agar penyerapan glukosa berkurang dan meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh. Memang obat ini tidak dapat menyembuhkan, tapi dapat membuat tubuh menjadi lebih baik. Kabar buruknya, metformin harus dikonsumsi dalam jangka panjang dan mampu menimbulkan efek samping.

Baca juga: Perlu Dikonsumsi Rutin, Begini Aturan Minum Obat Diabetes Saat Puasa

Efek Samping Jangka Pendek dari Metformin

Pada umumnya, seseorang yang mengonsumsi metformin dapat mentoleransi obat tersebut dengan baik. Walau begitu, sekitar 30% orang dapat mengalami efek samping berupa gastrointestinal, seperti diare, mual, hingga muntah. Maka dari itu, dokter meresepkan dosis rendah pada orang yang pertama kali mengonsumsinya. Dosis akan ditambah secara bertahap untuk mencegah efek samping.

Beberapa efek samping lainnya yang dapat terjadi adalah:

  • Hidung mengalami pilek.
  • Gula darah yang rendah.
  • Mengeluarkan keringat berlebih.
  • Merasakan ketidaknyamanan pada dada.
  • Rasa sakit di kepala.
  • Tubuh yang terasa lemah dan lelah.

Metformin juga dapat menimbulkan efek samping serius berupa asidosis laktat, meski terbilang jarang terjadi. Gangguan tersebut adalah penumpukan asam laktat yang berbahaya di dalam darah. Kelainan ini mampu menyebabkan tekanan darah rendah, detak jantung yang lebih cepat, hingga kematian.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait efek samping yang dapat terjadi pada seseorang yang mengonsumsi metformin. Saat mendapatkan saran dari profesional, kemungkinan salah diagnosis lebih kecil. Caranya gampang, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: Benarkah Cacing Bisa Jadi Obat Diabetes?

Efek Samping Jangka Panjang

Metformin umumnya dikonsumsi dalam waktu yang lama, sehingga risiko mengalami efek samping dapat meningkat. Obat ini mampu memengaruhi penyerapan vitamin B12 pada tubuh, maka dari itu pemeriksaan dilakukan pada orang yang mengonsumsinya lebih dari 4 bulan. Vitamin B12 sangat penting untuk memproduksi sel darah merah dan fungsi lainnya pada tubuh.

Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan terjadinya anemia megaloblastik, yaitu sumsum tulang tidak dapat memproduksi sel darah merah dengan cukup. Selain itu, kekurangan zat tersebut juga dapat menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kecil dan gangguan saraf tepi pada tubuh. Untuk mencegah hal tersebut, penting untuk konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B12.

Hipoglikemia juga salah satu dampak yang dapat terjadi ketika konsumsi metformin dalam jangka panjang. Hal ini menyebabkan kadar gula lebih rendah dari normal. Saat gula darah turun drastis, bahaya dapat terjadi. Untuk mencegahnya, pastikan mengonsumsi obat tersebut sesuai dosis yang dianjurkan. Konsumsi makanan bergizi dan sehat juga harus dilakukan.

Itulah beberapa efek samping dari konsumsi metformin yang dapat terjadi. Penting untuk menghindari komplikasi tersebut dengan rutin berdiskusi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan. Dengan begitu, kamu dapat menjaga tubuh tetap sehat tanpa terjadi gangguan apa pun.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Side Effects of Metformin: What You Should Know.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the side effects of metformin?