• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Fakta Tentang Keharusan Puasa sebelum Tes Kesehatan

Ketahui Fakta Tentang Keharusan Puasa sebelum Tes Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sebelum menjalani tes kesehatan, biasanya dokter menginstruksikan untuk menjalani puasa selama beberapa jam sebelumnya. Meski tidak semua jenis tes kesehatan mengharuskan kamu untuk berpuasa. Definisi puasa sebelum tes kesehatan adalah tidak makan dan minum apapun, termasuk obat.

Tujuan dari keharusan puasa sebelum tes kesehatan tak lain adalah agar bisa mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat. Dengan begitu, penetapan diagnosis terkait masalah medis atau kondisi kesehatan secara keseluruhan pun bisa tepat. Puasa sebelum tes kesehatan juga berguna untuk menghindari pemeriksaan ulang atau tes tambahan yang sebenarnya tidak perlu. 

Baca juga: Ini Bedanya Pemeriksaan Fisik Tanda Vital dan Pemeriksaan Per Sistem Tubuh

Keharusan Puasa sebelum Tes Kesehatan Apa?

Keharusan puasa sebelum tes kesehatan juga tergantung pada jenis tes yang akan dijalani. Beberapa tes yang biasanya mengharuskan puasa sebelumnya adalah:

  • Tes glukosa atau kadar gula darah.
  • Tes kolesterol atau profil lemak.
  • Tes kadar trigliserida.   
  • Tes fungsi hati.
  • Tes asam urat dan urea.

Dengan menjalani puasa sebelumnya, hasil tes yang akan didapatkan akan lebih akurat, dibanding jika tidak berpuasa. Sebab, semua kandungan nutrisi dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi akan diserap ke dalam aliran darah. Jika makan dan minum tetap dilakukan menjelang tes kesehatan, tentunya ini akan berdampak pada tingkat glukosa darah, lemak, dan kadar zat besi dalam tubuh.

Pada tes kesehatan yang dilakukan untuk mendiagnosis penyakit atau kondisi tertentu, aktivitas makan dan minum menjelang tes bisa saja membuat proses diagnosis kurang akurat. Tentunya, tujuan dokter mengharuskan kamu puasa sebelum tes kesehatan adalah untuk kebaikan kamu sendiri. Jadi, patuhilah jika dokter menginstruksikan kamu untuk berpuasa sebelum menjalani tes kesehatan tertentu, ya.

Baca juga: 7 Pemeriksaan Fisik yang Biasa Dilakukan Sebelum Masuk Sekolah Militer

Biasanya, lama durasi puasa yang diharuskan dapat berbeda-beda tergantung jenis pemeriksaan. Umumnya, waktu berpuasa yang diwajibkan adalah selama 10-12 jam sebelum waktu tes kesehatan. Namun, pada tes glukosa atau kadar gula darah, biasanya durasi puasa yang dianjurkan adalah minimal 8 jam saja atau sesuai instruksi dokter. 

Minum Air saat Puasa Sebelum Tes Kesehatan Mungkin Boleh

Kecuali memang dianjurkan untuk berpuasa penuh, tanpa makan dan minum apapun, minum air putih masih diperbolehkan menjelang tes kesehatan. Justru, minum air putih dapat menghidrasi tubuh dan membuat pembuluh darah lebih jelas terlihat, sehingga memudahkan proses pengambilan sampel darah.

Dari dua hari sebelum jadwal tes kesehatan, pastikan untuk minum air putih yang cukup, agar tubuh terhidrasi dengan baik dan fit saat tes kesehatan dilakukan. Namun, ingat, yang boleh untuk diminum hanya air putih saja, lho. Hindari dulu konsumsi minuman jenis lain, bahkan hanya memberi perasan lemon pun sebaiknya nanti dulu. 

Baca juga: 5 Pekerjaan Ini Perlu Pemeriksaan Fisik untuk Tes Masuk

Teh, kopi, soda, minuman manis, berwarna, beralkohol, dan minuman apapun selain air putih sebaiknya jangan dikonsumsi. Terutama beberapa jam menjelang tes kesehatan. Terkhusus kopi, baik hitam maupun dengan campuran, kopi dapat mengganggu hasil tes darah, karena mengandung kafein dan zat nabati larut yang mungkin akan mengacaukan hasil tes kesehatan kamu. 

Selain itu, kopi juga memiliki sifat diuretik dan akan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Akibatnya, tubuh jadi rentan mengalami dehidrasi. Jika sampai kamu dehidrasi, petugas medis yang akan mengambil sampel darah akan mengalami kesulitan untuk menemukan pembuluh darah kamu.

Itulah sedikit penjelasan tentang keharusan puasa sebelum tes kesehatan. Seperti apa puasa yang harus dijalani dan berapa lama durasinya akan tergantung pada jenis tes dan instruksi dari dokter. Kalau ada yang ingin ditanyakan, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter lewat chat, yang siap bantu kamu kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Fasting Before a Blood Test.
Quest Diagnostic. Diakses pada 2020. What to know about fasting before your lab test.