Ketahui Faktor Pemicu Terkena Presbiopi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Faktor Pemicu Terkena Presbiopi

Halodoc, Jakarta - Presbiopi adalah gangguan kesehatan yang ditandai dengan berkurangnya kemampuan mata untuk berfokus melihat objek yang jaraknya dekat. Gangguan mata ini terjadi hampir pada setiap orang dan merupakan proses alami pertanda penuaan. Inilah mengapa presbiopia, begitu sebutan lainnya, sering dinamakan juga penyakit mata tua.

Ketika masuk ke mata, cahaya melewati bagian mata yang disebut kornea dan diteruskan ke bagian pupil. Pada fase ini, iris yang berupa cincin berwarna pada mata membantu pupil untuk menyesuaikan jumlah cahaya yang melewatinya. Setelah melewati pupil, cahaya lalu akan diteruskan pada bagian lensa.

Pada kondisi mata yang sehat, lensa bisa berubah bentuk dan menekuk sinar lebih jauh untuk difokuskan pada bagian retina yang berada di belakang. Namun, lensa ini menjadi kurang fleksibel seiring dengan bertambahnya usia. Akibatnya, lensa tidak mampu membelokkan cahaya dengan benar untuk diteruskan dan difokuskan pada bagian retina.

Baca juga: Mengenal Lebih jauh Presbiopi, Gangguan Mata Tua di Usia Lansia

Ketika kamu masih berada pada usia muda dan produktif, lensa mata kamu akan lebih elastis dan sifatnya lebih fleksibel. Lensa ini mampu mengubah panjang atau bentuknya dengan bantuan cincin otot kecil yang mengelilinginya. Lalu, otot ini membentuk dan menyesuaikan lensa kembali untuk mengakomodir gambar yang dekat dan jauh.

Seiring dengan bertambahnya usia, lensa mata dan serat otot yang mengelilingi lensa perlahan akan kehilangan sifat elastis dan fleksibilitasnya. Akibatnya, lensa tidak mampu berubah bentuk untuk berfokus pada gambar yang letaknya dekat. Pengerasan lensa ini membuat kamu secara perlahan kehilangan kemampuan untuk memfokuskan cahaya ke retina.

Baca juga: Kenali Gejala Presbiopi, Penyakit Mata yang Bikin Enggak Fokus

Lalu, Apa yang Menjadi Pemicu Presbiopi?

Pada dasarnya, ada 3 (tiga) faktor utama yang menjadi pemicu presbiopi. Apa saja?

  • Usia. Usia menjadi faktor pemicu terbesar seseorang terkena gangguan mata presbiopi. Sebagian besar orang memilikinya memasuki usia 40 tahun.

  • Kondisi medis tertentu. Memiliki riwayat penyakit rabun dekat atau riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes, multiple sclerosis, atau penyakit kardiovaskular pun bisa menjadi pemicu presbiopi prematur. Artinya, gangguan mata ini bisa terjadi sebelum kamu berusia 40 tahun.

  • Obat-obatan. Obat tertentu juga berhubungan dengan gejala presbiopi prematur, termasuk obat antidepresi, antihistamin, dan obat diuretik.

Terkait dengan presbiopi prematur, faktor lain yang dapat menjadi pemicunya adalah:

  • Anemia.

  • Penyakit kardiovaskular.

  • Diabetes.

  • Rabun jauh.

  • Miastenia gravis.

  • Trauma atau penyakit mata.

  • Insufisiensi vaskular atau buruknya sirkulasi darah.

Baca juga: Peduli Kesehatan Mata, Ini Bedanya Presbiopi dan Miopi

Pengobatan yang dilakukan untuk mengurangi pemicu presbiopi adalah penggunaan kacamata atau lensa kontak. Namun, mata tua menjadi lebih sensitif daripada biasanya, sehingga penggunaan lensa kontak tidak direkomendasikan. Tindakan lain yang bisa dilakukan adalah dengan pembedahan implantasi kornea.

Cara ini dilakukan dengan penanaman kornea pada bagian mata yang bukan dominan. Metode ini dinilai membantu meningkatkan kedalaman fokus pada mata dan mengurangi kebutuhan penggunaan kacamata. Jika kamu kurang yakin, bisa langsung bertanya pada dokter ahli mata. Mungkin, ada cara mengatasi pemicu presbiopi lainnya yang bisa kamu coba.

Sekarang, kamu tidak perlu lagi repot berkunjung ke dokter mata, karena aplikasi Halodoc membuat tanya jawab dengan dokter ahli menjadi semakin mudah. Pasalnya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di ponsel dan bisa langsung terhubung dengan dokter ahli.