• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Faktor Penyebab Kelahiran Prematur

Ketahui Faktor Penyebab Kelahiran Prematur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Faktor Penyebab Kelahiran Prematur

Halodoc, Jakarta - Setiap ibu hamil pasti tidak ingin mengalami kelahiran prematur pada kandungannya. Seperti yang diketahui, kondisi tersebut dapat menyebabkan banyak masalah pada janin bahkan kematian. Maka dari itu, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui segala hal yang dapat menjadi penyebab dari kelahiran prematur. Baca ulasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab Kelahiran Prematur pada Janin

Sebuah kelahiran dianggap termasuk prematur jika terjadi sebelum minggu ke-37 kehamilan, di mana persalinan normal terjadi pada minggu ke-38 hingga ke-42. Hal ini dapat menimbulkan masalah, karena pada minggu-minggu terakhir di dalam rahim terjadi penambahan berat badan dan perkembangan organ vital terbentuk dengan normal pada janin.

Baca juga: Bayi Lahir Prematur Berisiko Mengidap Atresia Bilier

kelahiran prematur pada bayi menimbulkan banyak masalah medis dan membutuhkan perawatan yang lebih intens di rumah sakit. Selain itu, kelainan ini juga dapat menimbulkan masalah dalam jangka panjang, seperti ketidakmampuan belajar atau terjadinya cacat fisik. Maka dari itu, setiap ibu hamil harus tahu apa saja yang menjadi penyebab kelahiran prematur pada bayi. Berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Gangguan Infeksi

Hal pertama yang menjadi penyebab kelahiran prematur pada janin adalah gangguan yang disebabkan oleh infeksi baik dari bakteri ataupun virus. Beberapa jenis infeksi dan gangguan yang kerap terjadi adalah peradangan atau infeksi yang sistemik. Beberapa infeksi yang terjadi pada mulut, vagina, rahim, dan ginjal, dapat menimbulkan masalah berbahaya pada kandungan.

2. Preeklamsia

Wanita yang mengalami preeklamsia juga dapat menjadi salah satu penyebab kelahiran prematur. Kondisi yang dapat mengancam nyawa ini disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan protein di dalam urine. Pada kasus yang parah, seseorang yang mengidapnya dapat mengalami kejang atau menimbulkan gangguan yang fatal. Meski begitu, penanganan yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan melakukan persalinan.

Baca juga: Benarkah Polihidramnion Bisa Sebabkan Kelahiran Prematur?

Jika kamu masih mempunyai pertanyaan terkait segala penyebab dari kelahiran prematur pada bayi, dokter dari Halodoc dapat menjawabnya dengan sangat jelas. Caranya mudah saja, cukup dengan download aplikasi Halodoc. dan dapatkan kemudahan akses kesehatan hanya dengan menggunakan smartphone yang ada digenggaman!

3. Pertumbuhan Janin yang Terganggu

Kondisi lainnya yang dapat menjadi penyebab bayi mengalami kelahiran prematur adalah pertumbuhan janin yang tidak normal. Ada banyak alasan yang dapat menyebabkannya, seperti masalah yang berhubungan dengan plasenta, terserang infeksi, kehamilan kembar, hingga kelainan genetik pada bayi. Akibatnya, bayi mengalami hambatan pertumbuhan intrauterin sehingga perlu dilahirkan lebih awal atau prematur.

4. Abrupsio Plasenta

Pada beberapa kasus dari kehamilan yang terjadi, seorang wanita mungkin mengalami terpisahnya plasenta dari rahim, meski bayi belum lahir. Gangguan itu disebut juga dengan solusio plasenta yang dapat menyebabkan ibu dan bayi kehilangan darah yang parah. Jika tidak segera mendapatkan penanganan, gangguan yang fatal dapat terjadi. Salah satu penanganan yang perlu dilakukan adalah persalinan darurat pada janin.

Baca juga: Kelahiran Prematur Tingkatkan Risiko Retensi Plasenta

Itulah beberapa penyebab dari kelahiran prematur yang dapat terjadi pada bayi akan dilahirkan. Dengan mengetahui segala penyebabnya, ibu hamil dapat menurunkan risiko dari gangguan tersebut agar tidak terjadi. Maka dari itu, cobalah untuk mendiskusikan dengan dokter terkait risiko tersebut dan menjaga kehamilan tetap sehat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Premature Infant.
Very Well Family. Diakses pada 2020. Causes of Premature Birth.