• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Fungsi Obat Hexymer untuk Pengidap Parkinson
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Fungsi Obat Hexymer untuk Pengidap Parkinson

Ketahui Fungsi Obat Hexymer untuk Pengidap Parkinson

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 September 2022

“Obat yang mengandung kandungan bahan aktif yang berupa Trihexyphenidyl seperti Hexymer memiliki beberapa fungsi. Yuk, ketahui apa saja fungsinya di sini!”

Ketahui Fungsi Obat Hexymer untuk Pengidap ParkinsonKetahui Fungsi Obat Hexymer untuk Pengidap Parkinson

Halodoc, Jakarta – Hexymer, merupakan obat yang memiliki kandungan senyawa trihexyphenidyl. Nah, trihexyphenidyl termasuk dalam golongan obat yang disebut antikolinergik yang bekerja dengan memblokir zat alami tertentu (asetilkolin). Umumnya, obat ini digunakan bersama dengan obat lain untuk mengobati gejala penyakit Parkinson. 

Perlu diingat bahwa penyakit Parkinson merupakan gangguan pada sistem saraf. Penyakit ini menyebabkan pengidapnya mengalami kesulitan dengan gerakan, kontrol otot, dan mengatur keseimbangan tubuhnya. Namun, Hexymer sendiri merupakan obat keras yang memerlukan resep dokter. Alhasil, penggunaannya tidak dapat dilakukan secara sembarangan. 

Nah, mengingat penggunaannya memerlukan resep dokter, penting untuk mengetahui fungsi obat ini secara lebih mendalam. Yuk, ketahui informasinya di sini!

Fungsi Obat Hexymer

Obat Hexymer digunakan untuk mengobati gejala penyakit Parkinson atau gerakan tak terkendali akibat efek samping obat psikiatri tertentu. Salah satunya seperti obat golongan antipsikotik seperti klorpromazin/haloperidol).  Untuk fungsinya, Hexymer yang mengandung senyawa Trihexyphenidyl termasuk dalam kelas obat yang disebut antikolinergik. Obat ini bekerja dengan menghalangi zat alami tertentu (asetilkolin).

Nah, obat yang mengandung kandungan bahan aktif yang berupa Trihexyphenidyl seperti Hexymer memiliki beberapa fungsi. Mulai dari membantu mengurangi kekakuan otot, berkeringat, dan produksi air liur, sekaligus membantu meningkatkan kemampuan berjalan pada orang dengan penyakit Parkinson. 

Antikolinergik dapat menghentikan kejang otot yang parah pada punggung, leher, dan mata yang kadang-kadang disebabkan oleh obat-obatan psikiatri. Selain itu, obat ini juga dapat mengurangi efek samping lain seperti kekakuan otot akibat sindrom ekstrapiramidal. Namun, penggunaannya tidak membantu dalam mengobati masalah gerakan yang disebabkan oleh tardive dyskinesia dan malah dapat memperburuknya. 

Hal yang Perlu Diperhatikan 

Sebelum menggunakan obat Hexymer, penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut: 

  • Memberi tahu dokter dan apoteker jika kamu memiliki alergi terhadap trihexyphenidyl, obat lain, atau salah satu bahan dalam persiapan trihexyphenidyl. Selain itu, pastikan untuk bertanya kepada dokter atau apoteker atau memeriksakan label kemasan untuk daftar bahan-bahannya.
  • Beri tahu dokter dan apoteker obat resep dan nonresep, vitamin, suplemen nutrisi, dan produk herbal apa yang sedang atau akan dikonsumsi. Khsusunya jika kamu juga sedang mengonsumsi obat penenang. 
  • Pastikan untuk memberi tahu dokter jika kamu pernah atau sedang mengidap penyakit tertentu. Misalnya seperti glaukoma, tekanan darah tinggi, masalah dengan sistem kemih atau prostat, masalah perut, atau penyakit jantung, ginjal, atau hati.
  • Beri tahu dokter jika kamu sedang hamil, berencana untuk hamil, atau sedang menyusui. Jika kamu hamil saat menggunakan Hexymer, segeralah menghubungi dokter.
  • Jika kamu akan menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi bahwa kamu sedang menggunakan Hexymer.
  • Penting untuk berdiskusi dengan dokter terkait risiko dan manfaat mengonsumsi Hexymer jika kamu sudah berusia 65 tahun atau lebih. Perlu diketahui bahwa orang dewasa yang lebih tua biasanya tidak boleh mengonsumsi obat dengan bahan trihexyphenidyl. Sebab, obat ini tidak seaman atau seefektif obat lain yang dapat digunakan untuk mengobati kondisi yang sama.

Itulah penjelasan mengenai fungsi obat Hexymer, sekaligus hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum penggunaannya. Untuk fungsinya, perlu diketahui bahwa Hexymer dapat membantu mengurangi kekakuan otot, berkeringat, dan produksi air liur, sekaligus membantu meningkatkan kemampuan berjalan pada orang dengan penyakit Parkinson. Namun, penggunaanya tidak dapat dilakukan secara sembarangan, karena hexymer merupakan obat keras. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar Hexymer, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Medline Plus. Diakses pada 2022. Trihexyphenidyl. 
Drugs. Diakses pada 2022. Trihexyphenidyl. 
WebMD. Diakses pada 2022. Trihexyphenidyl HCL – Uses, Side Effects, and More.