• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Fungsi Penting Otot Jantung pada Manusia

Ketahui Fungsi Penting Otot Jantung pada Manusia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Jaringan otot jantung merupakan salah satu dari tiga jenis otot di tubuh. Dua jenis jaringan otot lainnya, yaitu rangka dan otot polos. Hanya jaringan otot jantung yang terdiri dari sel-sel yang disebut miosit yang ada di jantung. Jaringan otot jantung bertugas melakukan kontraksi terkoordinasi yang memungkinkan jantung memompa darah melalui sistem peredaran darah tubuh. 

Jaringan otot jantung, atau miokardium, merupakan jaringan otot khusus yang membentuk jantung. Berbeda dengan jaringan otot rangka, seperti yang ada di lengan dan tungkai, gerakan yang dihasilkan jaringan otot jantung tidak disengaja. Ini artinya otomatis dan seseorang tidak bisa mengendalikannya. 

Baca juga: Fakta & Mitos yang Perlu Anda Ketahui Seputar Jantung

Fungsi Penting Otot Jantung pada Manusia

Jaringan otot jantung berfungsi untuk menjaga agar jantung tetap memompa melalui gerakan tidak terkendali. Inilah salah satu ciri yang membedakan dari jaringan otot rangka, yang bisa dikendalikan. Peristiwa ini dilakukan melalui sel khusus yang disebut sel alat pacu jantung, yang mengontrol kontraksi jantung. 

Sistem saraf tubuh mengirimkan sinyal ke sel alat pacu jantung yang mendorongnya untuk mempercepat atau memperlambat detak jantung. Sel alat pacu jantung terhubung ke sel otot jantung lainnya, sehingga memungkinkan untuk meneruskan sinyal. Hal ini menghasilkan gelombang kontraksi otot jantung, yang menciptakan detak jantung.

Jaringan otot jantung mendapatkan kekuatan dan kelenturan dari sel otot jantung atau serat yang saling berhubungan. Kebanyakan sel otot jantung mengandung satu inti, tapi ada juga yang memiliki dua inti. Inti ini menampung semua materi genetik sel. 

Sel otot jantung juga mengandung mitokondria yang juga disebut pembangkit tenaga sel. Hal ini adalah organel yang mengubah oksigen dan glukosa menjadi energi dalam bentuk adenosin trifosfat (ATP).

Baca juga: 4 Penyebab Serangan Jantung yang Tidak Disadari

Sel otot jantung tampak seperti lurik atau bergaris di bawah mikroskop. Garis-garis ini terjadi karena filamen bergantian yang terdiri dari protein miosin dan aktin. Garis-garis gelap menunjukkan filamen tebal yang terdiri dari protein miosin. Filamen tipis dan ringan mengandung aktin. 

Ketika sel otot jantung berkontraksi, filamen miosin menarik filamen aktin satu sama lain, yang menyebabkan sel menyusut. Sel menggunakan ATP untuk menggerakkan kontraksi ini. Filamen miosin tunggal terhubung ke dua filamen aktin di kedua sisi. Hal ini membentuk satu unit jaringan otot yang disebut sarkomer. 

Diskus selingan menghubungkan sel otot jantung. Gap junction di dalam intercalated disc menyampaikan impuls listrik dari satu sel otot jantung ke sel otot jantung lainnya. Desmosom adalah struktur lain yang ada dalam cakram selingan. Ini membantu menyatukan serat otot jantung. 

Baca juga: Bagaimana Mengenali Gejala Serangan Jantung?

Pengaruh Olahraga Terhadap Jaringan Otot Jantung

Olahraga bisa memperkuat otot jantung. Olahraga juga membantu mengurangi risiko terkena kardiomiopati dan membuat jantung bekerja lebih efisien. Dikutip dari American Heart Association, orang dewasa setidaknya 150 menit olahraga sedang per minggu. Untuk mencapai tujuan ini, coba berolahraga sekitar 30 menit lima hari seminggu.

Perlu diketahui, olahraga kardio dinamai berdasarkan manfaat otot jantung. Olahraga kardio secara teratur membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi detak jantung, dan membuat pompa jantung lebih efektif. Jenis olahraga kardio yang umum termasuk berjalan, berlari, bersepeda, dan berenang. 

Jika seseorang sudah memiliki penyakit jantung, pastikan untuk berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc sebelum melakukan olahraga apa pun. Beberapa tindakan pencegahan perlu dilakukan untuk menghindari terlalu banyak tekanan pada jantung.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How Is Cardiac Muscle Tissue Different from Other Muscle Tissues?
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to know about cardiac muscle tissue