• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Gejala Awal Penyakit Asam Urat di Tangan

Ketahui Gejala Awal Penyakit Asam Urat di Tangan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Asam urat adalah salah satu penyakit yang banyak orang hindari karena gangguan yang dapat terjadi. Saat menyerang, kamu mungkin mengalami rasa sakit pada sendi, diikuti oleh kemerahan hingga bengkak. Gangguan ini dapat dipicu oleh makanan yang kaya akan kandungan purin. Hal ini ditemukan pada beberapa jenis makanan laut dan daging merah.

Penyakit asam urat umumnya menyerang bagian kaki pengidapnya. Walau begitu, asam urat juga dapat terjadi di tangan dan menimbulkan gejala yang sama. Ketahui beberapa gejala awal yang dapat timbul saat penyakit tersebut menyerang tangan agar dapat dihindari. Berikut beberapa gejalanya!

Baca juga: Sering Diabaikan, Inilah Penyebab Utama Asam Urat

Gejala Asam Urat di Tangan

Penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang dapat menimbulkan rasa nyeri saat menyerang. Hal ini terjadi ketika terjadi penumpukan kristal pada sendi di tubuh. Saat asam urat kambuh, persendian yang terserang dapat mengalami bengkak, nyeri, hingga kemerahan.

Saat seseorang mengalami serangan, berarti kadar asam urat dalam tubuhnya sedang tinggi. Asam urat sendiri adalah produk sampingan yang berasal dari proses alami di tubuh. Kandungan tersebut umumnya melewati ginjal dan meninggalkan tubuh bersamaan dengan urin. Namun, jika sistem tubuhnya kesulitan menghilangkan asam urat, penumpukan di dalam darah akan terjadi sehingga menumpuk di sendi.

Memang, penyakit asam urat umumnya menyerang bagian sendi-sendi pada tubuh bagian bawah, terutama kaki. Walau begitu, kamu juga dapat mengalami rasa nyeri tersebut pada tangan meskipun terbilang jarang terjadi. Berikut beberapa gejalanya:

  1. Rasa Nyeri pada Sendi Tangan

Salah satu gejala awal dari penyakit asam urat yang kerap terjadi adalah perasaan nyeri yang timbul pada sendi-sendi di tangan, terutama di jari. Lama-kelamaan, kamu akan merasakan panas dan menimbulkan warna merah pada sendi yang sakit tersebut. Rasa sakit yang timbul dapat membuat kamu kesulitan untuk menggerakkan jari-jari di tangan.

Baca juga: Ketahui Penyebab dan Penanganan Asam Urat di Rumah

  1. Pembengkakan pada Sendi

Rasa nyeri yang timbul di tangan jika tidak segera diatasi, kemungkinan untuk mengalami pembengkakan dapat meningkat. Pengkristalan yang terjadi akibat penyakit tersebut pun dapat membentuk benjolan berwarna putih, yang disebut tophi. Hal ini umumnya terlihat di bawah kulit, meskipun benjolan ini tidak menimbulkan rasa sakit.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait segala gejala awal yang timbul ketika gangguan asam urat terjadi di tangan. Selain itu, kamu juga dapat meminta saran pengobatan yang efektif untuk dilakukan. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

  1. Sendi yang Kaku

Kadar asam urat yang tinggi pada tangan dan jari-jari di tangan dapat menimbulkan peradangan yang akhirnya menimbulkan kekakuan. Kamu akan sulit menggerakkannya karena sendi yang menjadi keras dan membatasi semua hal yang dapat dilakukan sebelumnya.

Baca juga: Mengidap Asam Urat? Lawan dengan 6 Makanan Ini

Itulah beberapa gejala umum yang timbul saat penyakit asam urat terjadi di tangan. Jika kamu merasakan gejala-gejala tersebut, ada baiknya langsung segera memeriksakan diri sebelum semakin parah. Dengan begitu, kekakuan dan pembengkakan dapat dicegah secara dini.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Can You Get Gout in Your Hands?
ASSH. Diakses pada 2020. Gout In Hands.