• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Gejala Cacar Air yang Muncul pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Gejala Cacar Air yang Muncul pada Anak

Ketahui Gejala Cacar Air yang Muncul pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 28 Januari 2022

“Demam yang diiringi dengan nyeri dan sakit kepala adalah gejala kemunculan cacar air pada anak. Biasanya demam menjadi tanda awal sebelum ruam kemerahan muncul. Selain itu, demam, tidak enak badan, kurang selera makan, serta linu-linu pada badan adalah gejala lain cacar air pada anak.”

Ketahui Gejala Cacar Air yang Muncul pada Anak

Halodoc, Jakarta – Cacar air adalah infeksi virus yang kerap terjadi pada anak dan menyebabkan demam dan ruam gatal dengan bintik-bintik di seluruh tubuh. Gejala cacar air sering dimulai tanpa ruam melainkan diawali dengan demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, atau sakit perut. Gejala-gejala ini dapat berlangsung selama beberapa hari, dengan demam dalam kisaran 38,3-38,8 derajat celsius. 

Ruam kulit merah dan gatal biasanya dimulai di perut atau punggung dan wajah. Kemudian menyebar ke hampir semua bagian tubuh, termasuk kulit kepala, mulut, lengan, kaki, dan alat kelamin. Selengkapnya, ketahui gejala cacar air pada anak di sini!

1. Demam

demam

Demam yang diiringi dengan nyeri dan sakit kepala adalah gejala kemunculan cacar air pada anak. Biasanya demam menjadi tanda awal sebelum ruam muncul.  Kebanyakan anak yang pernah mengidap cacar air atau telah divaksinasi terhadap cacar air kebal terhadap cacar air, sehingga kadang gejalanya ringan atau bahkan sama sekali tidak demam. 

2. Kemunculan Ruam 

muncul ruam

Setelah demam, lalu bintik ruam pun muncul yang berkembang menjadi lepuh kecil dan gatal. Ruam bisa muncul di mana saja dan berlangsung selama beberapa hari. Ruam mulai tampak seperti bintik-bintik merah, yang kemudian melepuh. Ketika pecah akan meninggalkan luka terbuka yang akhirnya mengeras menjadi keropeng kering berwarna cokelat.

3. Ruam Terasa Sakit

ruam terasa sakit

Kemunculan ruam dapat menimbulkan ketidaknyamanan mulai dari rasa sakit, nyeri, gatal yang membuat anak akan sering mengeluh dan menangis karenanya. Namun, ibu tidak usah khawatir, ini hanyalah fase dari kemunculan cacar air. Lenting akan mengering dengan sendirinya dan menggaruknya hanya akan memicu iritasi.

4. Tidak Selera Makan

tidak selera makan

Tidak selera makan bisa menjadi gejala cacar air pada anak, termasuk juga kelelahan dan perasaan tidak enak badan. Biasanya ini menjadi penanda awal sebelum akhirnya muncul ruam. Setelah muncul ruam, anak juga bisa jadi tetap kehilangan selera makan atau kemunculan ruam yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Itulah penjelasan mengenai gejala cacar air pada anak. Mau buat janji pemeriksaan kesehatan di rumah sakit? Ibu bisa memesannya melalui aplikasi Halodoc. Tanpa perlu repot antre, ibu hanya perlu datang pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Yuk, download sekarang juga!

Referensi:
Patient. Diakses pada 2022. Chickenpox in Children.
Kids Health. Diakses pada 2022. Chickenpox.