• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Gejala Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai

Ketahui Gejala Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui Gejala Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta - Bagi wanita, kanker serviks ditakuti karena bisa menjadi “silent killer”. Sebab, gejala kanker serviks sering kali tidak disadari, hingga mencapai stadium yang cukup parah. Seperti namanya, kanker serviks merupakan kondisi ketika sel kanker tumbuh di serviks alias leher rahim. 

Serviks adalah organ yang terletak di bagian bawah rahim dan terhubung dengan vagina. Penyebab pastinya belum diketahui, tetapi diduga karena infeksi HPV atau human papilloma virus. Simak pembahasan lebih lanjut tentang gejala kanker serviks setelah ini!

Baca juga: 6 Jenis Kanker yang Paling Umum Terjadi di Indonesia

Pentingnya Mengenali Gejala Kanker Serviks

Penting untuk mengenali gejala kanker serviks sedini mungkin, agar kondisi ini bisa segera ditangani sebelum fatal. Namun, di awal kemunculannya, kanker serviks umumnya tidak menunjukkan gejala yang signifikan. 

Gejala kanker serviks biasanya baru disadari ketika kanker sudah menyebar dan tumbuh ke jaringan terdekat. Berikut ini gejala kanker serviks yang bisa dikenali:

1.Perdarahan Abnormal

Perdarahan abnormal pada vagina adalah salah satu gejala kanker serviks yang umum terjadi. Misalnya, perdarahan setelah berhubungan intim, setelah menopause, haid lebih lama, dan perdarahan di luar siklus haid. Gejala ini juga menandakan tumor sudah mulai berkembang, menyebar, dan memengaruhi jaringan di sekitarnya.

2.Keputihan yang Tak Biasa

Keputihan yang tidak berbau ataupun berwarna adalah normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika keputihan berbau amis, berdarah, atau lebih kental dari biasanya, waspadalah bisa jadi itu gejala kanker serviks. 

Kondisi keputihan yang seperti ini biasanya terjadi karena adanya potongan jaringan (nekrotik) yang keluar melalui vagina. Ada pula cairan yang berasal dari tumor di dalam serviks yang membuat keputihan menjadi seperti tidak biasa.

Baca juga: Begini Cara Mendeteksi Kanker pada Anak Sejak Dini

3.Nyeri Pinggang dan Panggul Terus-menerus

Waspadalah jika mengalami nyeri pinggang dan panggul yang cukup intens dan terjadi terus-menerus. Bisa jadi kondisi ini menandakan masalah pada organ reproduksi, termasuk gejala kanker serviks. 

4.Kelelahan

Perdarahan abnormal yang menjadi gejala kanker serviks dapat membuat pengidapnya kekurangan sel darah merah dan oksigen. Hal ini membuat pengidap kanker serviks merasa sangat lelah sepanjang waktu, tanpa sebab yang jelas. 

5.Sakit saat Berhubungan Intim

Adanya tumor di jaringan serviks dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit ketika berhubungan intim. Gejala kanker serviks yang satu ini biasanya akan semakin terasa ketika sudah memasuki stadium lanjut. Meski begitu, gejala ini bisa jadi juga merupakan tanda masalah kesehatan lain. 

6.Sering Mual

Mual yang tak kunjung hilang bisa jadi gejala kanker serviks, terutama jika serviks sudah membengkak ke arah rongga perut. Akibatnya, saluran pencernaan dan lambung menjadi tertekan, dan timbullah rasa mual. Namun, ini bukanlah gejala utama, dan cenderung jarang terjadi.

Baca juga: Ini Alasan Pengidap Kanker Dapat Alami Pruritus

7.Sakit saat Berkemih

Gejala kanker serviks ini biasanya baru akan muncul ketika kanker sudah menyebar ke berbagai jaringan di sekitarnya, seperti saluran kemih. Meski bukan merupakan gejala utama, waspada jika merasakan sakit saat berkemih, disertai berbagai gejala lain yang telah disebutkan tadi. 

Itulah beberapa gejala kanker serviks yang perlu diwaspadai. Jika kamu atau orang terdekat ada yang mengalaminya penting untuk segera melakukan pemeriksaan, seperti tes pap smear. Jika hasil tes pap smear menunjukkan ada yang tidak normal, lakukan tes lanjutan untuk memastikan diagnosis.

Untuk menjalani tes, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit. Sampaikan semua gejala yang dialami, dan dokter akan merekomendasikan berbagai pemeriksaan yang diperlukan. 

Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2021. Signs and Symptoms of Cervical Cancer. 
Cancer Research UK. Diakses pada 2021. Cervical Cancer Symptoms.
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. Symptoms Cervical Cancer. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Cervical Cancer.