• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Gejala Kanker Tiroid yang Perlu Diwaspadai
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Gejala Kanker Tiroid yang Perlu Diwaspadai

Ketahui Gejala Kanker Tiroid yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Desember 2021
Ketahui Gejala Kanker Tiroid yang Perlu Diwaspadai

“Kanker tiroid menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Diagnosis lebih dini tentunya membuat pengobatan lebih mudah dilakukan. Untuk itu, waspada berbagai gejala kanker tiroid, seperti benjolan pada leher bagian depan, perubahan suara, nyeri leher, batuk, kesulitan bernapas, hingga kesulitan menelan.”

Halodoc, Jakarta – Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar dalam tubuh yang berbentuk kupu-kupu. Kelenjar tiroid memiliki fungsi untuk menghasilkan hormon yang membantu proses metabolisme dalam tubuh. Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan kelenjar tiroid agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Salah satu penyakit yang bisa dialami oleh kelenjar tiroid adalah kanker tiroid

Penyakit ini terjadi ketika sel abnormal muncul secara tidak terkendali pada kelenjar tiroid. Penyakit ini terbilang cukup berbahaya karena tidak menyebabkan gejala di awal perkembangannya. Biasanya, gejala muncul ketika penyakit sudah memasuki kondisi yang parah. Sebaiknya kenali gejala kanker tiroid agar kondisi ini dapat diatasi dengan baik.

Kenali Gejala Kanker Tiroid

Sel abnormal yang tidak terkendali pada kelenjar tiroid disebabkan adanya perubahan atau mutasi pada sel DNA kelenjar tiroid. Penyakit ini dapat dialami oleh siapa saja, tetapi wanita lebih berisiko tinggi mengalami kanker tiroid.

Selain itu, jika kamu sering terpapar oleh zat kimia atau paparan radiasi secara terus menerus, kamu juga berisiko tinggi mengalami penyakit ini. Untuk itu, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan dini kesehatan secara menyeluruh untuk mendeteksi adanya risiko kanker tiroid.

Lalu, apa saja yang perlu diwaspadai terkait dengan gejala kanker tiroid? Berikut tanda yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Benjolan di Sekitar Leher

Sebaiknya waspada jika kamu menemukan adanya benjolan atau pembengkakan yang tidak membaik di depan leher. Benjolan ini akan terasa keras, sulit untuk digerakkan, tidak menyebabkan nyeri, dan semakin membesar. 

  1. Perubahan Suara

Kanker tiroid juga dapat menyebabkan pengidapnya mengalami perubahan suara. Suara akan menjadi serak dan lebih berat dibandingkan biasanya. Kondisi ini akan terlihat semakin memburuk seiring berjalannya waktu. 

  1. Nyeri Leher

Jika kamu mengalami nyeri leher yang tidak membaik sebaiknya jangan abaikan kondisi ini. Nyeri leher bisa menjadi salah satu gejala kanker tiroid. Nyeri yang dialami biasanya akan terasa sampai ke bagian telinga.

  1. Kesulitan Menelan

Kanker tiroid menyebabkan pengidapnya kesulitan menelan akibat benjolan atau pembengkakan yang terjadi.

  1. Kesulitan Bernapas

Selain kesulitan menelan, pengidap kanker tiroid juga dapat mengalami kesulitan bernapas. Segera tanyakan langsung pada dokter jika kamu, keluarga, atau kerabat dekat mengalami beberapa keluhan terkait dengan gejala kanker tiroid. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dengan cara download Halodoc melalui App Store atau Google Play!

  1. Batuk

Gejala kanker tiroid terakhir yang perlu kamu waspadai adalah munculnya kondisi batuk terus menerus. Batuk akan dirasakan semakin memburuk dan tanpa disertai dengan gejala demam atau flu.

Itulah kondisi kesehatan yang perlu diwaspadai sebagai gejala kanker tiroid. Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc seputar gangguan kesehatan yang kamu alami.

Pemeriksaan bisa dilakukan untuk mendiagnosis penyakit ini. Kanker tiroid bisa diketahui dengan pemeriksaan fisik, melakukan tes darah, ultrasound, biopsi, atau MRI. Pemeriksaan yang dilakukan lebih dini tentunya membuat penyakit diketahui lebih dini juga. Dengan begitu, pengobatan akan lebih mudah untuk ditentukan dan dilakukan.

Melakukan pengobatan yang sesuai membuat kanker tiroid dapat diatasi dengan baik. Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan, seperti tindakan bedah untuk mengangkat keseluruhan kelenjar tiroid, kemoterapi, terapi target, hingga radioterapi.

Referensi:

NHS. Diakses pada 2021. Thyroid Cancer.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Thyroid Cancer.
American Cancer Society. Diakses pada 2021. Thyroid Cancer.
Healthline. Diakses pada 2021. Thyroid Cancer.