• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Gejala Munculnya Kista Ganglion

Ketahui Gejala Munculnya Kista Ganglion

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Muncul benjolan pada tangan? Hati-hati, bisa jadi itu adalah kista ganglion. Ya, kista ganglion merupakan benjolan yang sangat umum terjadi pada tangan. Benjolan ini tidak bersifat kanker dan dalam banyak kasus tidak berbahaya. Kista ganglion sering muncul pada beberapa area tubuh, tetapi paling sering terlihat di bagian belakang pergelangan tangan. 

Ganglion sering muncul di persendian, berbentuk seperti balon yang tumbuh dari jaringan yang mengelilingi persendian, seperti ligamen selubung tendon, dan lapisan sendi. Di dalamnya terdapat cairan kental, mirip dengan cairan yang bertugas sebagai pelumas pada persendian. Ukurannya bisa sangat bervariasi, dan dalam banyak kasus akan menjadi lebih besar dengan meningkatnya aktivitas pada pergelangan tangan.

Mengenali Gejala Kista Ganglion

Tidak diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan munculnya kista ganglion. Namun, orang-orang berusia antara 15 hingga 40 tahun sangat rentan mengalaminya, terutama wanita. Masalah kesehatan ini juga rentan menyerang para pesenam yang melakukan gerakan berulang-ulang pada area pergelangan tangan. 

Baca juga: Apakah Kista Ganglion Termasuk Penyakit yang Berbahaya?

Gejala dari kista ganglion bisa dicermati dari tiga hal berikut ini.

  • Lokasi. Kista ganglion paling sering berkembang di sepanjang tendon atau sendi pergelangan tangan. Selain itu, kista ini juga bisa tumbuh pada area kaki, terutama pergelangan kaki. Tak jarang, kista ganglion juga muncul pada area persendian tubuh lainnya. 
  • Bentuk dan ukuran. Kista ganglion berbentuk bulat atau oval dengan ukuran kurang dari 2,5 sentimeter. Bahkan, pada beberapa kasus, benjolan memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tidak bisa dirasakan. Ukurannya beragam, semakin sering area yang terinfeksi dipakai untuk beraktivitas, maka akan semakin besar ukurannya.
  • Rasa sakit. Umumnya, kista ganglion tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak membahayakan. Akan tetapi, apabila benjolan ini muncul dan menekan saraf, meski ukurannya sangat kecil, kamu akan merasakan nyeri, kesemutan, mati rasa, hingga kelemahan otot.

Baca juga: Bisakah Kista Ganglion Disembuhkan Tanpa Operasi?

Segera lakukan pemeriksaan kesehatan apabila kamu mendapati adanya benjolan pada pergelangan tangan atau sendi tubuh lainnya. Jika kamu tidak sempat ke rumah sakit, kamu bisa memanfaatkan layanan tanya dokter di aplikasi Halodoc. Dokter akan membantu kamu memberikan diagnosis dan perawatan terbaik kapan saja. Kamu juga bisa membuat janji di rumah sakit terdekat melalui Halodoc, lho!

Meski lebih sering terjadi pada wanita di usia produktif, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kista ganglion, termasuk pengidap osteoarthritis dan pernah mengalami cedera pada sendi atau tendon.

Mengetahui Penanganan Kista Ganglion

Oleh karena tidak memicu rasa sakit, sebagian besar kasus kista ganglion tidak membutuhkan penanganan. Biasanya, dokter akan menganjurkan untuk melakukan observasi, apabila kista menimbulkan rasa nyeri, ada beberapa jenis pengobatan yang bisa kamu pilih, seperti:

  • Imobilisasi. Oleh karena aktivitas dapat menyebabkan kista ganglion bertumbuh semakin besar, bidai mungkin membantu untuk mengurangi aktivitas pada area yang terinfeksi. Namun, penggunaannya tidak dalam jangka panjang, karena bisa memicu kelemahan otot di sekitarnya.
  • Apsirasi. Cara ini dilakukan dengan mengeluarkan cairan dari benjolan kista. 
  • Operasi. Cara ini menjadi cara terakhir jika imobilisasi dan aspirasi tidak menyembuhkan kista. Dokter akan mengangkat kista dan batangnya dari sendi atau tendon. Sayangnya, kista ini bisa muncul kembali meski telah dilakukan operasi pengangkatan. 

Baca juga: 5 Tindakan Medis yang Bisa Dilakukan untuk Hilangkan Kista

Jika kista muncul pada area kaki atau pergelangan kaki, melakukan modifikasi pada sepatu bisa membantu mengurangi rasa sakit pada area yang terinfeksi. Namun, jangan pernah mencoba untuk memecahkan kista tanpa bantuan tenaga medis atau menusuknya dengan jarum karena bisa memicu terjadinya infeksi. 

Sumber: 
Orthoinfo. Diakses pada 2020. Ganglion Cyst of the Wrist and Hand.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Ganglion Cyst.
NHS. Diakses pada 2020. Ganglion Cyst.