• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Gejala yang Menandakan Terjadinya Gangguan Jiwa

Ketahui Gejala yang Menandakan Terjadinya Gangguan Jiwa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Gejala yang Menandakan Terjadinya Gangguan Jiwa

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya kesehatan fisik, nyatanya kesehatan mental pun menjadi satu hal yang perlu dijaga kesehatannya agar seseorang memiliki kualitas hidup yang optimal. Gangguan mental atau yang dikenal juga dengan gangguan jiwa merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat memengaruhi emosi, pola pikir, serta perilaku pengidapnya. Kondisi ini tentunya memerlukan penanganan yang tepat agar tidak menyebabkan kondisi yang lebih buruk lagi.


Baca juga: 4 Gangguan Mental yang Terjadi Tanpa Disadari

Berbagai faktor penyebab dapat menjadi pemicu seseorang alami kondisi gangguan jiwa. Namun, adanya gangguan pada bagian otak diduga menjadi salah satu faktor terbesar seseorang mengalami gangguan jiwa. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa gejala yang akan dialami oleh pengidap gangguan jiwa agar kondisi ini dapat segera ditangani dengan baik.

Inilah Gejala Gangguan Jiwa

Gangguan jiwa atau yang dikenal juga dengan gangguan mental merupakan salah satu gangguan kesehatan yang mengacu pada kondisi mental seseorang. Biasanya, gangguan jiwa dapat menyebabkan terganggunya suasana hati atau emosi, perilaku, hingga pola pikir pengidapnya. Biasanya, gejala awal dari kondisi gangguan jiwa sangat sulit untuk dideteksi. Gangguan jiwa berkembang sangat lambat dan terkadang menjadi sulit untuk ditangani.

Umumnya, seseorang yang mengalami gangguan jiwa akan mengalami masalah pada hubungan sosial, pekerjaan, maupun pendidikan yang sedang dijalani. Namun, tidak ada salahnya kenali lebih banyak tanda yang menjadi gejala dari gangguan jiwa.

Melansir dari Very Well Mind, berikut adalah beberapa tanda yang perlu diperhatikan terkait dengan gangguan jiwa.

1.Rasa Tidak Nyaman dan Takut yang Berlebihan

Normalnya, rasa tidak nyaman dan takut yang dialami seseorang akan menghilang beberapa saat setelah penyebabnya hilang. Namun, seseorang yang mengalami gangguan jiwa dapat mengalami rasa tidak nyaman dan takut secara berlebihan. Biasanya, perasaan tersebut akan disertai dengan rasa cemas, panik, dan gugup. Kondisi ini juga akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan terus berulang.

2.Perubahan Suasana Hati

Tanda lainnya adalah perubahan suasana hati yang begitu cepat. Selain itu, pengidap gangguan jiwa dapat merasakan kesedihan yang begitu dalam, bahagia yang berlebihan hingga tidak dapat diungkapkan dengan baik, putus asa, hingga tertawa pada waktu yang tidak tepat dengan alasan yang tidak jelas. Bahkan, perubahan suasana hati yang begitu ekstrim dapat mengakibatkan pengidap gangguan jiwa memiliki pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau bunuh diri.

Baca juga: Ketahui 7 Gangguan Jiwa yang Paling Sering Ditemui

3.Gangguan Pola Pikir

Pengidap gangguan jiwa akan mengalami kesulitan untuk berpikir dengan baik serta memiliki masalah konsentrasi. Biasanya, pengidap gangguan jiwa akan mengalami gangguan terhadap ingatan dan pemikiran logis sehingga hal ini memengaruhi pengidap untuk berkomunikasi.

4.Gangguan Tidur

Biasanya, pengidap gangguan jiwa juga akan mengalami gangguan tidur. Gangguan tidur akan berubah dari kebiasaan sebelumnya. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk tidur atau bahkan menghabiskan waktu dengan tidur sepanjang hari.

5.Gangguan Makan

Hal ini juga sering menjadi tanda gangguan jiwa. Biasanya, pengidap gangguan jiwa akan mengalami perubahan pola makan dari biasanya sehingga dapat menyebabkan penurunan berat badan maupun kenaikan berat badan secara drastis.

6.Menarik Diri

Gangguan jiwa dapat menyebabkan seseorang menarik diri dari situasi sosial. Pengidap gangguan jiwa dapat menghentikan segala aktivitas dan berdiam diri sepanjang hari. 

Baca juga: 3 Makanan untuk Kesehatan Mental Lebih Baik

Munculnya beberapa tanda bukan berarti kamu mengalami kondisi gangguan jiwa. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut pada rumah sakit terdekat untuk mendiagnosis penyebab keluhan kesehatan mental yang kamu alami. Dengan begitu, kamu dapat mengatasi kondisi ini dengan baik.

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2020. Mental Illness Types, Symptoms, and Diagnosis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Mental Illness.