• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Gerakan Senam Lantai untuk Tubuh Lebih Bugar

Ketahui Gerakan Senam Lantai untuk Tubuh Lebih Bugar

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Gerakan Senam Lantai untuk Tubuh Lebih Bugar

Tanpa perlu menggunakan peralatan olahraga apapun, senam lantai merupakan olahraga sederhana yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Jenis latihan ini juga efektif dalam melatih otot di berbagai bagian tubuh, sehingga membuat tubuh menjadi lebih kencang. Ada beberapa gerakan senam lantai yang sederhana yang bisa dicoba di rumah.”

Halodoc, Jakarta – Ingin punya tubuh yang kencang dan bugar tapi tidak sempat ke gym? Kamu bisa coba melakukan senam lantai di rumah!

Senam lantai adalah pilihan olahraga yang sederhana, murah, tetapi efektif dalam menjaga kebugaran tubuh. Berbagai ahli kebugaran juga setuju bahwa olahraga ini baik untuk mengencangkan berbagai bagian tubuh, seperti perut dan paha bagian dalam. Bila dilakukan secara rutin, ada banyak manfaat senam lantai yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari membangun kekuatan otot tubuh, membantu menurunkan berat badan, hingga meningkatkan kontrol kandung kemih dan membantu wanita pulih lebih cepat setelah melahirkan.

Gerakan Senam Lantai yang Bisa Dicoba

Berikut ini beberapa gerakan senam lantai yang bisa kamu coba di rumah:

  1. Bicycle crunch

Senam lantai yang melibatkan gerakan mengayuh di udara, seperti sedang bersepeda ini sangat baik untuk melatih otot bokong dan perut bagian atas. Hasilnya, otot-otot bagian tubuh tersebut menjadi kencang dan lemak tubuh pun berkurang.

  1. Bird dog

Manfaat senam lantai ini adalah untuk meningkatkan stabilitas dan melatih bagian tubuh inti kamu. Bird dog yang dilakukan dalam posisi merangkak juga bisa membantu mengurangi nyeri punggung bawah dan menghilangkan lemak di pinggul dan otot punggung dengan cara memperkuatnya.

  1. Floor cobra

Seperti namanya, gerakan senam lantai ini dilakukan dengan membentuk pose mirip ular cobra. Latihan floor cobra baik untuk memperkuat tulang punggung dan juga bisa membantu menghilangkan lemak di perut.

  1. Bridge exercise

Bila kamu ingin memperkuat otot bokong dan paha belakang, lakukan bridge exercise ini dengan rutin. Manfaat senam lantai yang gerakannya menyerupai jembatan ini adalah untuk meningkatkan stabilitas bagian tubuh inti kamu dan melatih otot perut, punggung bawah, dan otot pinggul bila dilakukan dengan benar.

Itulah gerakan senam lantai untuk kebugaran tubuh. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter mengenai tips-tips lainnya untuk menjaga kebugaran tubuh. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Styles at Life. Diakses pada 2021. 18 Different Floor Exercises Names List and Its Benefits.