• Home
  • /
  • Ketahui Ini Sebelum Pilih Antiseptik untuk Anak

Ketahui Ini Sebelum Pilih Antiseptik untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
ketahui-ini-sebelum-pilih-antiseptik-untuk-anak-halodoc

Halodoc, Jakarta - Apakah ibu sudah mengetahui dengan jelas apa itu antiseptik? Apa saja manfaatnya bagi Si Kecil? Antiseptik adalah senyawa yang berguna dalam menghambat atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme ketika seseorang mengalami luka. Senyawa yang satu ini juga mampu membunuh kuman pada luka, sehingga akan mengurangi risiko terjadinya infeksi.

Saat ini, produk antiseptik dijual bebas di pasaran. Dalam hal ini, ibu tidak boleh sembarangan memilih dan menggunakan antiseptik untuk membersihkan luka Si Kecil, ya. Karena jika sampai salah memilih produk antiseptik, Si Kecil bisa saja mengalami iritasi yang dapat menghambat penyembuhan luka. Yuk, kenali lebih jauh tentang manfaat antiseptik bagi penyembuhan luka!

Bagaimana Langkah Menggunakan Antiseptik dalam Perawatan Luka?

Luka pada anak kerap kali membuat mereka merasa perih, sehingga mereka enggan untuk merawat lukanya dengan baik. Jika ibu salah memilih, pembersih luka dan antiseptik yang digunakan bahkan dapat menyebabkan iritasi pada jaringan luka dan area kulit di sekitar luka. Hal paling penting yang harus dilakukan adalah memilih antiseptik yang tepat guna merawat luka dengan baik dan terhindar dari rasa perih yang membuat Si Kecil jadi tidak nyaman.

Dalam hal ini, ibu tidak perlu merasa ragu untuk menggunakan Hansaplast Spray Antiseptik yang dapat digunakan sebagai pembersih luka yang praktis dan modern. Hansaplast Spray Antiseptik hadir dengan kandungan Polyhexamethylene Biguanide (PHMB) di dalamnya yang efektif mengatasi infeksi. PHMB merupakan kandungan antiseptik yang direkomendasikan oleh Consensus International 2018 yang efektif mencegah infeksi, tidak berwarna, tidak berbau, dan juga tidak perih digunakan sehingga anak-anak akan merasa lebih nyaman.

Spray ini dapat dengan mudah diaplikasikan pada luka. Ibu hanya tinggal menyemprotkan spray ini dengan jarak 10 sentimeter di area luka Si Kecil. Kemudian biarkan hingga mengering di kulit dengan sendirinya.

Perawatan Rumahan untuk Atasi Luka

Antiseptik merupakan salah satu upaya yang dapat ibu lakukan di rumah jika Si Kecil mengalami luka. Setelah menggunakan antiseptik, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menghentikan pendarahan. Lalu lindungi luka agar bersih dari kotoran dan bakteri dengan menggunakan plester dari Hansaplast.

Jangan lupa untuk selalu menjaga agar luka tetap bersih. Pastikan juga untuk menjaga kesehatan Si Kecil dan tidak terlalu banyak beraktivitas. Bukan hanya itu, beberapa langkah yang dapat ibu lakukan adalah:

  • Bersihkan luka dengan mencuci luka menggunakan antiseptik.
  • Tekan luka untuk menghentikan pendarahan, kemudian posisikan bagian luka agar lebih tinggi untuk menghindari pembengkakan.
  • Lindungi luka dari kotoran dan bakteri dengan menggunakan plester. Cegah luka kembali terbuka dengan banyak beristirahat.
  • Kompres es batu untuk luka memar atau bengkak.
  • Pastikan untuk bersihkan uka dengan Hansaplast Spray Antiseptik dan lindungi dengan Hansaplast plester setelah mandi.

Ibu perlu memperhatikan jika luka Si Kecil mengeluarkan banyak darah. Kondisi ini akan memerlukan perawatan yang tepat untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi. Segera temui dokter di  rumah sakit terdekat jika:

  • Mengalami luka terbuka berukuran lebih dari setengah inci.
  • Mengalami pendarahan yang tidak berhenti setelah ditekan.
  • Mengalami pendarahan yang berlangsung lebih dari 20 menit.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2019. A Guide to Antiseptics.

Parents. Diakses pada 2019. 12 First-Aid Tips for Common Kid Injuries.

National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine. Diakses pada 2019. Consensus on Wound Antisepsis: Update 2018.