• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Kalori Bubur Ayam sebagai Menu Favorit Sarapan

Ketahui Kalori Bubur Ayam sebagai Menu Favorit Sarapan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui Kalori Bubur Ayam sebagai Menu Favorit Sarapan

“Tidak heran jika gerobak bubur ayam memiliki antrian panjang setiap pagi. Karena bubur ayam jadi salah satu menu sarapan favorit banyak orang. Pernah berpikir berapa kalori bubur ayam? Kalori bubur ayam akan bergantung pada seberapa banyak dan jenis topping yang kamu pilih.”

Halodoc, Jakarta – Sarapan adalah jadwal makan yang penting, karena tubuh tidak mengkonsumsi apa pun setelah makan malam sampai bangun keesokan paginya. Omong-omong soal sarapan, bubur ayam merupakan salah satu menu favorit sarapan bagi banyak orang. 

Selain enak, bubur ayam juga baik untuk kesehatan. Menu sarapan ini memiliki banyak serat dan mikronutrien yang sehat. Kalori bubur ayam juga dibutuhkan untuk memberikan energi untuk memulai kegiatan. Pertanyaannya, berapa banyak kalori bubur ayam sebenarnya? Simak ulasan berikut!

Baca juga: Suka Ati Ampela, Sehat atau Harus Dihindari?

Jumlah Kalori Bubur Ayam

Semangkuk bubur ayam tanpa topping atau sekitar 240 gram mengandung:

  • 372 kkal.
  • 27,56 gram protein.
  • 12,39 gram lemak.
  • 36,12 gram karbohidrat.

Kalau kamu menambahkan sate usus sebagai tambahan, artinya kamu menambah:

  • 94 kalori.
  • 2,06 gram lemak.
  • 17,66 protein.

Sementara itu, bila topping-nya sate ampela mengandung:

  • 145 kalori.
  • 2,66 gram lemak.
  • 30,14 gram protein.

Tambahan 100 gram emping sebagai makanan yang membuat santapan bubur ayam semakin komplit, mengandung:

  • 480 kalori.
  • 19 gram lemak.
  • 72 gram karbohidrat.
  • 6 gram protein. 

Itulah jumlah kalori bubur ayam jika kamu memesan porsi komplit. Kira-kira jumlah kalorinya mencapai 1.000 kalori per satu porsi bubur ayam. Singkat kata, semakin banyak topping-nya, maka semakin bertambah pula kalori yang kamu makan. Meskipun bubur ayam sehat sebagai sarapan, tapi tetap perhatikan kalori yang masuk ke dalam tubuh kamu, ya. 

Kamu juga perlu menghindari terlalu banyak menambahkan penyedap rasa. Selain itu pilih dada ayam tanpa kulit. Tidak ada salahnya juga menambahkan jahe dan merica, yang penting gunakan minyak sehat seperti minyak wijen atau minyak lainnya yang lebih sehat. 

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Salah Saat Makan

Manfaat Bubur Ayam untuk Kesehatan

Jika kamu bisa mengombinasikan makanan pendamping bubur ayam secara bijak, maka menu sarapan ini akan bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan yang dapat dirasakan yaitu:

  1. Kebutuhan Serat Terpenuhi

Beberapa manfaat kesehatan terbesar dari bubur ayam berasal dari kandungan seratnya. Serat penting untuk membuat perut kenyang dan mencegah sembelit agar pencernaan tetap teratur. Serat larut dalam bubur juga mengikat kolesterol untuk mengeluarkannya dari tubuh, sehingga kadar kolesterol darah dapat dikontrol.

  1. Kaya Akan Nutrisi

Bubur ayam memiliki kandungan kalsium dan fosfor, keduanya bermanfaat untuk kesehatan tulang. Menu sarapan ini juga kaya zat besi, mineral yang mendukung metabolisme tubuh dan memberi nutrisi pada sel darah merah. Vitamin B kompleks dalam jumlah banyak juga bisa kamu dapatkan dalam bubur ayam. Itulah sebabnya tubuh lebih berenergi setelah mengonsumsinya. 

  1. Bisa Jadi Menu Diet

Jika kamu sedang diet, maka bubur ayam bisa jadi pilihan menu makanan. Bubur ayam bisa menyerap rasa dari bahan makanan lain yang kamu campurkan. Dengan begitu kombinasi makanan diet bisa lebih bervariasi. 

  1. Mempercepat Proses Kesembuhan

Biasanya kalau sedang pilek atau kurang enak badan, makan bubur ayam hangat-hangat dapat membantu memulihkan daya tahan tubuh. Rebusan daging ayam mengandung vitamin dan mineral baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Penting untuk Kesehatan Tubuh, Ini 4 Manfaat Sarapan

Nah, itulah kalori bubur ayam yang perlu diketahui. Pada dasarnya, mengonsumsi makanan dengan porsi dan jumlah yang bijak baik untuk kesehatan. Begitu juga dengan bubur ayam. Jika kamu mengonsumsi bubur ayam secara berlebihan, maka kalorinya pun bisa terlalu banyak. Alhasil, manfaat kesehatan tidak begitu terasa. 

Jika kamu sedang merencanakan diet atau mengubah pola makan untuk menunjang kesehatan, kamu bisa berdiskusi dengan dokter spesialis gizi melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

FattSecret Indonesia. Diakses pada 2021. Kalori Bubur Ayam
NDTV.com. Diakses pada 2021. High-Protein Diet: This Oats and Chicken Porridge Is A Hearty Mix Of Health And Wholesomeness
Sfgate. Diakses pada 2021. What Are the Benefits of Eating Porridge
Kids Health. Diakses pada 2020. Breakfast Basics.
WebMD. Diakses pada 2020. Breakfast: Is It the Most Important Meal?
Symptomfind. Diakses pada 2020. Top 10 Benefits Of Eating Breakfast.