• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Pakcoy

Ketahui Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Pakcoy

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Pakcoy

“Pakcoy sering disajikan dengan cara ditumis, direbus, atau dibuat sop. Tahukah kamu, jenis sayuran yang satu ini ternyata kaya akan kandungan nutrisi sehingga bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Sayuran berdaun hijau ini mengandung serat, vitamin A, C, K, B6, asam folat, antioksidan beta karoten, serta kalsium.

Halodoc, Jakarta – Pakcoy ternyata mengandung banyak nutrisi sehat yang baik untuk tubuh. Hal itu membuat jenis sayuran yang satu ini memiliki banyak manfaat dan disarankan untuk dikonsumsi. Kandungan nutrisi dalam pakcoy tidak hanya menyehatkan, tetapi juga berkhasiat untuk melindungi tubuh dari sejumlah risiko penyakit. 

Sejumlah nutrisi yang terkandung dalam sayuran ini adalah serat, vitamin A, C, K, B6, asam folat, antioksidan beta karoten, serta kalsium. Selain kandungan nutrisi yang banyak, rasa dan tekstur sayuran hijau ini membuat banyak orang akan menyukainya. Pakcoy alias bok choy juga cocok untuk dikonsumsi saat diet, sebab kandungan kalorinya tergolong rendah. Kamu bisa mengolahnya dengan cara ditumis, direbus, atau dijadikan sup. 

Baca juga: Agar Otak Tetap Cemerlang, Ingat Konsumsi Ini

Manfaat Sehat Mengonsumsi Pakcoy 

Sederet kandungan nutrisi dalam pakcoy membuat sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat sehat yang bisa didapat, di antaranya: 

  1. Menurunkan Risiko Kanker 

Mengonsumsi pakcoy disebut bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker. Hal ini terjadi karena ada kandungan senyawa kimia, seperti flavonoid dan isothiocyanate, yang disebut dapat mencegah kanker. Menurut penelitian, jenis sayuran ini disebut bisa membantu menurunkan risiko kanker payudara, kanker paru-paru, hingga kanker prostat. 

  1. Tekanan Darah Stabil

Pengidap hipertensi bisa mengandalkan sayuran ini untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Dengan begitu, risiko munculnya gejala akibat tekanan darah terlalu tinggi bisa dihindari. Kandungan kalium dan kalsium dalam sayuran ini bisa membantu mengontrol tekanan darah secara alami. 

Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan memicu gejala berbahaya. Jika mengalami kondisi ini dan membutuhkan pertolongan pertama, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Sampaikan keluhan yang dialami melalui Video/Voice Call dan Chat. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

  1. Jantung Lebih Sehat 

Jika tekanan darah terkontrol dengan baik, kesehatan jantung juga akan lebih terjaga. Dengan begitu, risiko terjadinya penyakit jantung akan menjadi lebih kecil. Kandungan vitamin B6 dan folat dalam pakcoy juga bisa membantu mengurangi risiko kerusakan pembuluh darah dan otot jantung.

Baca juga: 4 Minuman yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata 

Jika selama ini kamu mengenal wortel sebagai makanan yang baik untuk kesehatan mata, ternyata pakcoy juga memiliki manfaat tersebut berkat kandungan vitamin A dan beta karoten. Rutin mengonsumsi sayuran hijau ini disebut bisa menjaga kesehatan mata dan mencegah risiko terjadinya berbagai penyakit mata, seperti katarak, mata kering, serta degenerasi makula. 

  1. Tulang Lebih Kuat 

Menjaga kesehatan tulang bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, termasuk bok choy. Kandungan zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin K dalam sayur ini bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.  

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Pakcoy banyak mengandung serat, yaitu asupan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan begitu, risiko terserang berbagai masalah pencernaan bisa diturunkan. Jenis sayuran ini juga memiliki kandungan kalori yang rendah, serta aman untuk dikonsumsi oleh pengidap irritable bowel syndrome (IBS) dan penyakit Crohn yang sering mengalami nyeri perut, diare, dan sembelit.

Baca juga: Ketahui 6 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

Ibu hamil juga bisa memilih sayuran ini untuk dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari. Kandungan nutrisi dalam pakcoy disebut baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Sayuran ini juga bisa menyehatkan kulit, rambut, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2021. Bok Choy: 10 Fun Facts.
Verywell Fit. Diakses pada 2021. Bok Choy Nutrition Facts and Health Benefits.
American Journal of Clinical Nutrition. Diakses pada 2021. Sodium and potassium intakes among US adults: NHANES 2003–2008.