Ketahui Makanan yang Harus Dimakan Saat Diet Graves

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Makanan yang Harus Dimakan Saat Diet Graves

Halodoc, Jakarta - Penyakit Graves adalah kondisi yang menyebabkan kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid sehingga menyebabkan seseorang mengalami hipertiroidisme. Gejala tertentu yang terjadi akibat hipertiroidisme adalah penurunan berat badan yang ekstrim, meskipun makan secara normal dan kerapuhan tulang.

Meski cukup berbahaya, tapi pengidapnya bisa menjalankan pola hidup sehat, misalnya menjalankan diet Graves. Menu diet Graves yang disarankan tidak hanya mampu menyembuhkan seseorang dari penyakit Graves, tapi juga mampu memberikan antioksidan dan nutrisi yang membantu mengurangi gejala.

Diet Graves memainkan faktor besar dalam mengelola penyakit Graves. Pasalnya, beberapa makanan memperburuk gejala penyakit Graves. Sensitivitas atau alergi makanan berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan penyakit kambuh. Untuk itu, penting untuk mencoba mengidentifikasi makanan yang menyebabkan alergi. Sementara itu, makanan yang mengandung nutrisi spesifik membantu mengurangi beberapa gejala yang terkait dengan penyakit Graves. Makanan yang disarankan antara lain:

  • Makanan Kaya Kalsium

Hipertiroid dapat menyulitkan tubuhmu untuk menyerap kalsium, karenanya hal ini bisa menyebabkan tulang rapuh dan osteoporosis. Jenis makanan lain yang mengandung kalsium meliputi brokoli, kacang almond, kubis, ikan sarden, dan okra.

Baca Juga: Belum Banyak yang Kenal, Ini Manfaat Buah Okra untuk Kesehatan

  • Makanan Tinggi Vitamin D

Vitamin D membantu menyerap kalsium dari makanan dengan lebih mudah. Sebagian besar vitamin D dibuat di kulit melalui penyerapan sinar matahari, namun sumber makanan yang bisa diandalkan antara lain ikan sarden, minyak hati ikan kod, ikan salmon, tuna, dan jamur.

  • Makanan Tinggi Magnesium

Jika tubuh kamu tidak memiliki magnesium yang cukup, hal ini memengaruhi kemampuannya untuk menyerap kalsium. Kekurangan magnesium juga memperburuk gejala yang terkait dengan penyakit Graves. Makanan tinggi mineral ini antara lain alpukat, coklat hitam, kacang almond, kacang brazil, kacang mete, polong-polongan, dan biji labu.

  • Makanan Tinggi Selenium

Kekurangan selenium dikaitkan dengan penyakit mata tiroid pada orang dengan penyakit Graves. Akibatnya, bola mata menonjol dan penglihatan ganda. Selenium adalah antioksidan dan mineral yang ditemukan di beberapa makanan seperti jamur, beras merah, kacang brazil, biji bunga matahari, dan ikan sarden.

  • Buah Berry

Secara khusus, blackberry, blueberry, dan raspberry kaya antioksidan. Buah-buah tersebut disajikan dalam bentuk segar atau beku dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Penyakit Graves adalah gangguan autoimun, yang berarti sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat dalam tubuh. Makan buah ini tidak mencegah penyakit Graves, tetapi dapat membantu melindungi kesehatan secara keseluruhan. Jika memungkinkan pilih beri yang organik untuk mengurangi paparan pestisida dan pupuk.

Baca Juga: 4 Buah Terbaik untuk Diabetes

  • Sayuran Jenis Cruciferous

Sayuran cruciferous, seperti arugula, brokoli, kembang kol, kubis brussel, kubis, lobak, dan kangkung, adalah bagian dari keluarga makanan goitrogen. Sayuran ini membantu mengurangi jumlah hormon tiroid yang diproduksi kelenjar tiroid. Perlu diingat, kamu tidak dapat mengobati penyakit Graves hanya dengan makan lebih banyak sayuran jenis ini saat menjalani diet Graves.

  • Protein

Sumber protein seperti ayam, kalkun, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan adalah sumber protein berkualitas yang membantu membangun otot dan memberimu energi. Karena penurunan berat badan adalah gejala umum penyakit Graves, makan banyak protein dapat membantu mempertahankan massa otot. Mendapatkan protein yang cukup membantu memulihkan massa otot setelah penyakit Graves dirawat.

  • Lemak

Jenis makanan yang wajib dikonsumsi saat menjalani diet Graves terakhir adalah lemak. Asam lemak omega-3 adalah asam lemak esensial yang ditemukan pada ikan salmon dan ikan lainnya, minyak zaitun, dan kacang kenari. Nutrisi ini menjaga tubuh kamu tetap sehat dan kuat. Tubuh tidak secara alami menghasilkan asam lemak ini, jadi kamu harus mendapatkannya dari makanan.

Baca Juga: Penyakit Graves Bisa Timbulkan 4 Komplikasi Ini

Itulah jenis makanan yang disarankan dimakan selama menjalani diet Graves. Jika kamu punya keluhan tentang penyakit Graves? Tidak perlu panik, kamu bisa berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!