• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat 5 Berciuman Bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat 5 Berciuman Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat 5 Berciuman Bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Mei 2022

“Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, manfaat yang didapat dari berciuman adalah sebagai latihan kardiovaskular ringan agar jantung tetap terjaga kesehatannya.”

Ketahui Manfaat 5 Berciuman Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta –  Selain sebagai ekspresi kasih sayang, ciuman memiliki manfaat untuk kesehatan. Berciuman dengan pasangan dapat memicu otak untuk melepaskan campuran bahan kimia yang membuat mood lebih baik. 

Bahan kimia ini termasuk oksitosin, dopamin, dan serotonin, yang dapat membuat kamu merasakan euforia dan mendorong perasaan kasih sayang. Ciuman juga dapat menurunkan kadar kortisol. Informasi selengkapnya mengenai manfaat ciuman bagi kesehatan bisa dibaca di sini!

Manfaat Berciuman untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Mengekspresikan cinta dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berciuman. Pada awal-awal tadi, sudah disinggung bagaimana berciuman bisa meningkatkan mood baik dan menurunkan hormon stres. Berikut adalah manfaat lebih lanjut berciuman buat kesehatan.

1. Mengubah Mood jadi Lebih Baik

Kondisi suasana hati yang tak baik, tentunya akan memengaruhi aktivitas sehari-hari. Dampaknya membuat kamu menjadi tak produktif. 

Nah, dengan berciuman, dapat memperbaiki kondisi mood menjadi lebih baik. Sebab, aktivitas ini dapat meningkatkan kadar oksitosin yang merupakan zat kimia pada otak manusia dan berhubungan dengan kepercayaan dan pembentukan ikatan. Hormon endorphin dan dopamine yang dikeluarkan setelah berciuman juga ini dipercaya dapat membuat mood menjadi lebih baik.

2. Menurunkan Stres 

Stres yang berkepanjangan akan membuat seseorang rentan mengalami depresi. Untuk mengatasi stres, kamu dapat melakukan beberapa cara yang positif yang dapat dilakukan seperti melakukan ciuman romantis dengan pasangan. Pasangan yang sering berciuman dapat melepaskan hormon kortisol/hormon stres yang tentunya bisa membuat kamu dan pasangan menjadi lebih rileks.

3. Membakar Lebih Banyak Kalori

Berciuman adalah cara sederhana sekaligus menyenangkan untuk membakar kalori. Berciuman dapat membakar kalori dua hingga enam kalori setiap menitnya. Mengapa demikian? Sebabnya, otot-otot wajah bekerja keras saat aktivitas tersebut berlangsung. Terkhusus ketika kamu melakukan ciuman mendalam, itu artinya kamu sedangkan menggunakan 24 otot wajah dan 100 otot lainnya pada tubuh untuk bekerja.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat berciuman dengan pasangan, nyatanya daya tahan tubuh pun meningkat. Sebab, berkumpulnya bakteri yang terjadi pada mulut yang saling bersinggungan, membuat tubuh kamu bisa mengenali bakteri baru. 

Pada Jurnal Medical Hypotheses disebutkan, aktivitas ciuman akan membuat kamu kebal pada cytomegalovirus–,virus yang menyebabkan gangguan saat masa kehamilan dan bahkan bisa menyebabkan bayi lahir tidak normal.

Selain daya tahan tubuh meningkat, manfaat yang didapat dari berciuman pun yaitu dapat dijadikan sebagai latihan kardiovaskular ringan agar jantungmu tetap terjaga kesehatannya. Jantung dan denyut nadi akan terpompa secara teratur saat berciuman.

5. Menjaga Kesehatan Gigi 

Air liur yang timbul saat kamu dan pasangan berciuman bisa menyingkirkan bakteri di gigi. Air liur juga dapat merontokkan plak yang menempel di gigi. Namun, ini bukan berarti kamu tidak perlu melakukan kontrol gigi secara teratur ke dokter gigi, ya. 

Itulah informasi mengenai manfaat berciuman bagi kesehatan. Informasi selengkapnya bisa kamu tanyakan langsung ke Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 16 Reasons to Smooch: How Kissing Benefits Your Health
Science Direct. Diakses pada 2022. Kissing as an evolutionary adaptation to protect against Human Cytomegalovirus-like teratogenesis