• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Apel untuk Kesehatan Kulit

Ketahui Manfaat Apel untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Apel menjadi salah satu buah yang mudah ditemukan di mana pun. Apel memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu apel merah dan hijau. Buah ini cocok sekali untuk seseorang yang tengah menjalani diet, karena membuat kenyang bertahan lebih lama. Apel diperkaya antioksidan, serat, air, vitamin A, C, K, pektin, dan folat yang baik untuk kesehatan kulit. Apa saja manfaat apel untuk kesehatan kulit? Berikut ini sejumlah manfaatnya:

Baca juga: 4 Buah yang Cocok Dikonsumsi saat Tekanan Darah Rendah

  • Menghidrasi Kulit

Manfaat apel untuk kesehatan kulit yang pertama adalah menghidrasi kulit. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu bisa menghaluskan apel, kemudian oleskan ke seluruh wajah sebagai masker. Tunggu hingga mengering. Apel mampu menyeimbangkan produksi minyak dalam tubuh. Selain itu, apel dapat digunakan sebagai exfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

  • Dijadikan Sebagai Toner

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan cuka apel. Cuka ini memiliki segudang manfaat baik, mulai dari mengencangkan kulit hingga merangsang sirkulasi darah ke permukaan kulit. Cuka sari apel mampu membersihkan pori-pori kulit dari patogen dan minyak yang menjadi pemicu jerawat dengan menyeimbangkan tingkat pH kulit.

  • Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Manfaat apel untuk kesehatan kulit selanjutnya adalah mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, bekas jerawat, serta bintik-bintik gelap akibat paparan sinar matahari langsung. Untuk sejumlah masalah kulit tersebut, tumbuk seperempat apel dengan krim susu dan oleskan pada wajah. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan dua kali seminggu.

Baca juga: 5 Buah-Buahan yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh

  • Mencegah Penuaan Dini

Mencegah penuaan dini dengan apel dapat dilakukan dengan masker apel. Masker ini mampu mengangkat kulit kusam serta menjaga kelembapannya. Selain digunakan sebagai masker, kamu bisa mengonsumsi apel secara teratur guna menghilangkan garis-garis halus dan kerutan.

  • Merangsang Produksi Kolagen

Mengonsumsi apel secara teratur dapat meningkatkan kandungan vitamin C atau asam askorbat. Vitamin ini mampu merangsang pembentukan kolagen, yaitu protein yang banyak ditemukan di kulit. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penurunan produksi kolagen.

Kolagen berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga terhindar dari kerutan dan kusam. Bukan itu saja, kolagen berperan penting dalam proses regenerasi kulit, sehingga setiap sel kulit mati akan segera tergantikan dengan sel muda yang jauh lebih sehat.

Kolagen bukan hanya berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit saja, kandungan ini juga mampu menjaga kesehatan tulang, sendi, dan saluran pencernaan. Dalam tulang dan sendi, kolagen bekerja sebagai pengikat sehingga keduanya tetap kuat dan sehat. Kolagen juga ditemukan di lapisan luar saluran cerna guna melindungi usus agar tidak mudah mengalami iritasi saat mencerna makanan.

Baca juga: Buah-buahan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

Itulah sejumlah manfaat apel untuk kesehatan kulit. Sampai di sini, apakah kamu berniat untuk mencobanya? Jika tidak terbiasa memakan buah, kamu bisa mendapatkan suplemen atau multivitamin berbahan dasar apel di aplikasi Halodoc. Jangan lupa untuk mendownload aplikasinya di smartphone kamu, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Impressive Health Benefits of Apples.
WebMD. Diakses pada 2021. Apples.
Timesofindia.indiatimes.com. Diakses pada 2021. 5 Fruits for a glowing skin.