• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Berlibur bersama Anak

Ketahui Manfaat Berlibur bersama Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Manfaat Berlibur bersama Anak

“Apakah ibu sudah meluangkan waktu untuk berlibur bersama sang buah hati? Tidak sekadar bersenang-senang, ternyata ada banyak sekali manfaat berlibur bersama anak yang mungkin ibu belum tahu. Berikut informasi lengkapnya.”

Halodoc, Jakarta – Apakah ibu mengingat satu perjalanan atau liburan bersama keluarga maupun sang buah hati sebagai salah satu kenangan yang tidak terlupakan? Lalu, pernahkah ibu berpikir, apakah Si Kecil juga merasakan hal yang sama seperti yang ibu dan ayah rasakan?

Ibu perlu tahu bahwa liburan keluarga tidak hanya membangun kenangan seumur hidup, tetapi juga memisahkan keluarga dari rutinitas biasa, membuka pikiran terhadap budaya, makanan, dan pengalaman baru, dan menurut penelitian itu bahkan baik untuk kesehatan secara keseluruhan, baik fisik maupun mental.

Banyak studi melaporkan bahwa orang-orang yang kembali dari liburan cenderung merasa lebih bahagia dan santai. Tidak mengherankan, tetapi studi tersebut juga menemukan bahwa mereka ternyata menjadi lebih produktif dan memiliki hubungan keluarga yang lebih dekat.

Baca juga: Jenis Kegiatan Liburan yang Mencerdaskan Anak

Manfaat Berlibur Bersama Anak

Lalu, bagaimana dengan anak? Apakah ada dampak yang muncul ketika ibu dan ayah mengajak Si Kecil berlibur dan menghabiskan waktu bersama? Ternyata, banyak lho, manfaatnya, berikut ini beberapa di antaranya: 

  • Mendorong Anak untuk Mencoba Sesuatu yang Baru

Bepergian ke tempat baru yang menarik di dunia akan mendorong anak-anak dari segala usia untuk mencoba pengalaman baru. Baik itu snorkeling dengan ikan tropis di laut, berkemah di kaki gunung, atau mencoba jajanan kaki lima yang rasanya unik. Bepergian jauh dari rumah membuka kemungkinan tak terbatas untuk anak-anak menjadi berani dan berjiwa petualang.

  • Mengasah Kemampuan Menghibur Diri Sendiri

Jauh dari kenyamanan rumah, anak-anak yang sedang berlibur menemukan diri mereka dalam banyak situasi. Ada beberapa kondisi yang membuat mereka perlu menghibur diri untuk “bersenang-senang”. Misalnya, saat menunggu di bandara atau berada di pesawat terbang kadang bisa sangat lama, dan bisa jadi terasa lebih lama bagi anak-anak yang mudah bosan. 

Namun, anak-anak yang rutin berlibur ternyata lebih mudah belajar bagaimana menggunakan waktu yang mereka miliki untuk menghibur diri, mengisi waktu saat menunggu, dan membunuh kebosanan adalah dua di antaranya. Mungkin, mereka bisa menyibukkan diri dengan membaca buku atau menggunakan imajinasi mereka untuk bermain dan menjelajahi lingkungan baru.

Baca juga: 5 Aktivitas yang Direkomendasikan untuk Anak Mengisi Liburan

  • Menyukai Makanan Baru

Sekali lagi, jauh dari rumah dan berada di lingkungan baru yang menarik mendorong anak-anak untuk mencoba pengalaman baru. Mereka cenderung terbuka dalam mencoba makanan baru saat berlibur. Makanan laut segar, makanan jalanan yang aneh, dan rempah-rempah lokal, yang seluruh keluarga dapat mencoba rasa baru bersama. Siapa tahu, Si Kecil bisa jadi punya menu favorit baru sesampainya di rumah.

  • Menguatkan Hubungan Keluarga

Liburan keluarga yang ibu dan ayah jalani sekarang sebagai orangtua akan menjadi kenangan yang diingat anak-anak dengan penuh kasih selama sisa hidup mereka. Saat berlibur, keluarga berbagi banyak pengalaman bersama yang tanpa disadari anak meningkatkan dan memperkuat ikatan keluarga. 

  • Anak Memberikan Pandangan yang Lebih Jelas terhadap Dunia bagi Orangtua

Sebagai orang dewasa, ibu dan ayah mungkin tidak menyadari bahwa anak bisa memberikan pandangan yang berbeda pada orangtua tentang dunia. Anak-anak akan membuat orangtua lebih menerima lingkungan mereka. Menjadi lebih jeli dan menjawab pertanyaan anak-anak yang tak ada habisnya, ibu menjadi lebih sadar akan lingkungan baru dan sejarah, budaya, dan keindahan alam dunia.

Baca juga: Jangan Melulu Ke Mall, Ini 7 Cara Didik Anak Sambil Liburan

Ternyata, mengajak anak berlibur sangat banyak manfaatnya, ya! Namun, ibu juga tidak boleh mengabaikan kesehatan anak, ya! Jadi, download aplikasi Halodoc dari sekarang, jika ada keluhan kesehatan yang dialami sang buah hati, ibu bisa langsung bertanya pada dokter spesialis anak melalui aplikasi Halodoc dan penanganan pun bisa segera dilakukan. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

The Family Holidays Company. Diakses pada 2021. 5 Benefits of Taking Your Children on Holiday.

Parent Circle. Diakses pada 2021. Planning a family vacation? Here are 8 ways in which it can benefit your children.

Kids Central. Diakses pada 2021. Vacations have a Positive Impact on the Entire Family!