• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Berolahraga selama Masa Kehamilan

Ketahui Manfaat Berolahraga selama Masa Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Ibu mungkin sudah tahu banyak bahwa olahraga adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan, bahkan saat sedang hamil. Mengutip American College of Obstetricians and Gynecologists, olahraga harus menjadi bagian penting dari kehamilan yang sehat sehingga ibu sangat direkomendasikan untuk setidaknya berolahraga selama 20 hingga 30 menit setiap hari.  

Jenis olahraga yang perlu dilakukan adalah olahraga dengan intensitas sedang, semisal renang, jalan kaki, senam, atau yoga. Dengan rutin olahraga, niscaya ibu akan merasa lebih sehat selama kehamilan. Oleh karena itu, simak beberapa manfaat olahraga selama kehamilan berikut!

Baca juga: 5 Olahraga yang Paling Disarankan untuk Ibu Hamil

Manfaat Olahraga Selama Hamil

Berikut ini beberapa cara olahraga memberikan manfaat untuk ibu dan bayi di dalam kandungan selama kehamilan: 

Meningkatkan Energi

Kehamilan jelas akan menguras energi ibu, tetapi saat olahraga ibu bisa terbantu untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan lebih mudah. Itu karena olahraga memperkuat sistem kardiovaskular, sehingga ibu tidak mudah lelah dan memiliki energi untuk melewati masa-masa stres. Selain itu, dengan otot yang kuat dan kencang, ibu tidak perlu berusaha keras untuk melakukan aktivitas apa pun, baik itu berbelanja bahan makanan atau bekerja di kantor. 

Membuat Tidur Lebih Nyenyak 

Saat kehamilan tengah berkembang, menemukan posisi tidur yang nyaman bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, olahraga bisa bikin ibu merasa lelah dan kemudian membuat ibu ingin segera tidur.

Menurunkan Risiko Komplikasi

Faktanya, berolahraga selama kehamilan dapat menurunkan risiko terkena diabetes gestasional dan preeklampsia. Pada wanita yang mengidap diabetes gestasional, olahraga teratur dapat membuat perbedaan penting. Pasalnya, sebuah studi besar menemukan bahwa wanita dengan diabetes gestasional yang berolahraga cukup tiga kali seminggu, memiliki risiko yang lebih rendah untuk memiliki bayi baru lahir sangat besar. Dengan begini, maka ibu memiliki risiko kelahiran sesar yang lebih rendah.

Baca juga: Tetap Fitnes saat Hamil, Apa yang Harus Diperhatikan?

Mengurangi Ketidaknyamanan Selama Hamil

Olahraga teratur akan memperkuat otot ibu hamil, yang kemudian akan membantu tubuh mengatasi rasa sakit dan nyeri saat hamil. Melakukan peregangan dan yoga akan meredakan nyeri punggung. Sementara berjalan kaki akan meningkatkan sirkulasi darah dan berenang dapat memperkuat otot perut. Ibu bisa berganti-gantian melakukan ketiga olahraga ini dalam seminggu.

Mempersiapkan Persalinan

Manfaat ini tampaknya sangat masuk akal karena semakin baik tubuh, maka akan semakin kuat untuk kelak melakukan persalinan. Melahirkan bisa diibaratkan lari maraton karena sama-sama membutuhkan stamina, tekad, dan fokus. Meski belum diteliti dengan baik, mempersiapkan persalinan dengan olahraga dapat meringankan persalinan dan bahkan mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk melahirkan bayi. Mengutip Baby Centre, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang berpartisipasi dalam program pengkondisian tiga kali seminggu selama kehamilan mengalami kemajuan melalui tahap pertama persalinan lebih cepat daripada wanita yang tidak mengikuti program tersebut.

Mengurangi Stres dan Memberikan Semangat

Hamil bisa membuat stres dan membuat ibu rentan terhadap perubahan suasana hati. Dengan olahraga, maka ini akan meningkatkan kadar serotonin, zat kimia otak yang terkait dengan suasana hati, sehingga efeknya akan membuat ibu semakin bersemangat.

Olahraga juga akan semakin baik jika ibu mengundang teman untuk bergabung. Tidak hanya membuat ibu jadi disiplin olahraga, memiliki teman-teman yang mendukung mungkin salah satu penghilang stres terbaik yang bisa dilakukan. 

Baca juga: Menggendong Kakak saat Hamil Adik di Trimester 2, Bolehkah?

Itulah beberapa manfaat olahraga selama hamil yang perlu ibu ketahui. Untuk tips sehat olahraga selama kehamilan, ibu juga bisa tanyakan pada dokter di Halodoc, lho. Dokter akan selalu siaga memberikan saran kesehatan yang dibutuhkan untuk membuat kehamilan ibu tetap sehat.

Referensi:
Baby Centre. Diakses pada 2020. Eight Great Benefits of Pregnancy Exercise.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Pregnancy and Exercise.
Web MD. Diakses pada 2020. Pregnancy and Exercise.