• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 Februari 2022

“Buah cempedak memiliki banyak manfaat. Mulai dari menjaga kesehatan mata, pengobatan malaria, membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko stroke, hingga melancarkan pencernaan.”

Ketahui Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Buah cempedak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Cempedak memiliki kandungan antioksidan, serat, dan vitamin C, sehingga baik untuk kesehatan jantung. 

Kandungan potasium yang tinggi pada cempedak juga membantu menurunkan tekanan darah, menjaga  kadar kolesterol dan mengurangi hipertensi yang membuat sistem kerja jantung lebih sehat. Yuk, simak selengkapnya manfaat lain dari cempedak di sini!

1. Menjaga Kesehatan Mata 

Buah cempedak kaya akan vitamin A yang membantu meningkatkan kesehatan mata. Banyak sekali buah dan sayur yang mengandung vitamin A, tetapi buah cempedak menjadi salah satu buah yang paling manis dan enak untuk dikonsumsi yang memberikan suplai vitamin A untuk tubuh. 

2. Menjaga Sistem Pencernaan

Buah cempedak juga mampu membantu dan menjaga kelancaran pencernaan di dalam tubuh. Kandungan vitamin C pada buah ini mampu menghindarkan dari risiko sembelit atau susah buang air besar. Buat kamu yang susah mengalami buang air besar, buah cempedak dapat menjadi alternatif selain pepaya, nanas, dan buah naga.

3. Mencegah Risiko Stroke

Penyakit stroke menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh lansia. Mengonsumsi buah cempedak dapat mengurangi risiko stroke. Mengapa demikian? Soalnya cempedak mengandung tinggi serat, vitamin C dan senyawa antioksidan lainnya. Buah ini juga kaya akan potasium. 

Kombinasi dari ini kandungan dan nutrisi sehat ini dapat membantu menjaga sirkulasi darah serta mengontrol tekanan tinggi. Seperti diketahui, hipertensi dan penyumbatan pembuluh darah adalah kondisi yang menempatkan seseorang pada risiko stroke. Menjaga kesehatan tekanan darah dapat menurunkan risiko stroke secara signifikan.

4. Pengobatan Malaria

Beberapa senyawa seperti artoindonesianin dan heteriflavon C yang ada di kulit kayu dan buah cempedak dapat membantu dalam pencegahan dan pengobatan malaria. Ini dikarenakan kandungan tersebut dapat menghilangkan parasit malaria secara signifikan. 

Cempedak sebagai bahan pengobatan malaria sudah terbukti secara ilmiah dapat menurunkan kadar parasit malaria selama 5-14 hari setelah mengonsumsi obat yang sudah diolah dari cempedak sebelumnya. Informasi ini terangkum dalam jurnal penelitian UNAIR News, berjudul “Ekstrak Kulit Batang Cempedak Tingkatkan Respon Imun Mencit yang Terinfeksi Parasit Plasmodium Berghei” (2020).

5. Membantu Pengobatan Penyakit Tumor dan Manfaat Lainnya

Kandungan bioflavonoid dari buah cempedak juga dapat membantu meredakan gejala tumor.  Selain itu cempedak juga baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan karena kaya protein yang membuat tubuh lebih kenyang. 

Itulah manfaat buah cempedak untuk kesehatan. Kalau kamu punya gangguan kesehatan tertentu, segera buat janji pemeriksaan dengan dokter di rumah sakit pilihan lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga ya!

Referensi:
Elma Skin Care. Diakses pada 2022. Cempedak.
Unair News. Diakses pada 2022. Ekstrak Kulit Batang Cempedak Tingkatkan Respon Imun Mencit yang Terinfeksi Parasit Plasmodium Berghei.
Health Benefits Times. Diakses pada 2022. Health benefits of Cempedak fruit.
The Food Hog. Diakses pada 2022. Cempedak Fruit- An Essential Guide to a Weird Exotic Fruit.