• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat dan Cara Pakai MGSO4 yang Tepat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat dan Cara Pakai MGSO4 yang Tepat

Ketahui Manfaat dan Cara Pakai MGSO4 yang Tepat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 Desember 2022

“Magnesium sulfat diyakini dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti memperbaiki kualitas tidur. Untuk penggunaan, suplemen perlu dikonsumsi secara oral sesuai petunjuk.”

Ketahui Manfaat dan Cara Pakai MGSO4 yang TepatKetahui Manfaat dan Cara Pakai MGSO4 yang Tepat

Halodoc, Jakarta – Garam epsom atau yang dikenal sebagai magnesium sulfat (MgSO4) merupakan senyawa kimia yang terdiri atas magnesium, belerang, dan oksigen. Saat ini, suplemen magnesium sulfat adalah salah satu senyawa mineral yang kerap dipergunakan untuk berbagai tujuan medis. 

Suplemen ini juga ada yang dijual bebas, tapi formulasi suplemen magnesium sulfat lainnya tersedia dengan resep dokter. Sebab, beberapa penggunaannya hanya diperuntukkan untuk situasi medis dan darurat tertentu. Namun, kira-kira apa saja manfaat dari suplemen MgSO4 dan bagaimana cara memakainya yang tepat? 

Manfaat MGSO4 yang Perlu Diketahui

Magnesium sulfat diyakini dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain: 

1. Memperbaiki kualitas tidur dan mengurangi stres

Tubuh membutuhkan asupan magnesium yang memadai untuk memaksimalkan tidur dan pengelolaan stres. Hal ini karena magnesium diyakini membantu otak menghasilkan neurotransmitter yang menginduksi tidur dan mengurangi stres. Selain itu, magnesium juga diketahui dapat membantu tubuh memproduksi melatonin. Melatonin sendiri merupakan hormon yang mendorong dan meningkatkan kualitas tidur. Nah, kadar magnesium yang rendah dapat berdampak negatif pada kualitas tidur dan stres. 

2. Melancarkan proses pencernaan

Manfaat selanjutnya dari magnesium sulfat selanjutnya adalah melancarkan proses pencernaan. Inilah alasan mengapa suplemen magnesium kerap dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sembelit. Nah, magnesium sulfat diklaim bermanfaat untuk pencernaan karena menarik air ke usus besar, yang mendorong pergerakan usus. 

Secara umum, suplemen magnesium sulfat digunakan secara diminum dalam bentuk magnesium sitrat atau magnesium hidroksida. Selain untuk melancarkan proses pencernaan, beberapa produk suplemen magnesium sulfat juga digunakan untuk mengatasi gejala masalah pencernaan..

3. Memaksimalkan fungsi berbagai bagian tubuh

Mineral seperti magnesium diketahui sangat berperan penting untuk memaksimalkan fungsi normal berbagai bagian tubuh. Mulai dari sel, saraf, otot, tulang, hingga sejumlah organ vital seperti jantung. Biasanya, diet seimbang dapat memberikan kadar magnesium dalam darah yang normal. Namun, pada situasi tertentu, ada beberapa kondisi yang dapat membuat tubuh kehilangan magnesium lebih cepat.

 Hal ini pada akhirnya dapat menghambat berbagai fungsi bagian tubuh, sehingga konsumsi suplemen magnesium sulfat diperlukan. Seseorang yang memiliki kadar magnesium terlalu rendah pada tubuh, umumnya lebih mudah mengalami kondisi tertentu seperti kesemutan atau kram otot. 

Cara Pakai MGSO4 yang Tepat

Selayaknya suplemen lainnya, penggunaan suplemen mineral magnesium sulfat juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Untuk penggunaannya, suplemen perlu dikonsumsi secara oral sesuai petunjuk. Pastikan untuk mengikuti segala petunjuk dan anjuran pemakaian pada kemasan produk. 

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar penggunaannya, segeralah tanyakan pada dokter atau apoteker, sebelum mengonsumsi MgSO4. Selain itu, pastikan untuk makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi magnesium sulfat. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi sakit perut dan diare. 

Ambil setiap dosis dengan segelas penuh (8 ons atau 240 mililiter) air kecuali jika dokter mengarahkan sebaliknya. Telanlah kapsul magnesium sulfat baik yang kapsulnya bersifat extended-release, tablet, atau kapsul pelepasan tertunda/salut enterik secara utuh. 

Jangan hancurkan atau kunyah kapsul atau tablet lepas lambat atau salut enterik. Sebab, hal ini dapat melepaskan semua obat sekaligus, sehingga meningkatkan risiko efek samping. Selain itu, jangan membagi tablet rilis panjang kecuali mereka memiliki garis skor dan dokter atau apoteker memberitahumu untuk melakukannya. 

Itulah penjelasan mengenai manfaat suplemen MgSO4 dan cara pakainya yang tepat. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar mineral ini atau mengalami keluhan medis, segeralah hubungi dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Melalui fitur chat/video call secara langsung. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2022. Magnesium Sulfate – Uses, Side Effects, and More. 
Healthline. Diakses pada 2022. Epsom Salt: Benefits, Uses, and Side Effects.
Everyday Health. Diakses pada 2022. Magnesium Sulfate (Epsom Salt).