• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Konsumsi Telur saat Masa Kehamilan

Ketahui Manfaat Konsumsi Telur saat Masa Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Ibu hamil wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsinya karena apapun yang ibu makan berdampak langsung pada perkembangan bayi. Konsumsi makanan bergizi penting untuk menjaga ibu dan Si Kecil yang ada di dalam perut. Telur adalah salah satu makanan yang dinilai baik untuk ibu hamil. Makanan ini terkenal akan manfaat protein dan nutrisi lainnya.

Walaupun menyehatkan, ibu hamil tidak diperkenankan untuk mengonsumsi telur yang masih mentah atau setengah matang. Pasalnya, telur yang belum matang sepenuhnya berisiko menularkan bakteri yang berbahaya. Nah, berikut sejumlah manfaat telur untuk kehamilan yang wajib ibu ketahui. 

Baca juga: 6 Makanan Wajib Bumil di Trimester Pertama

Alasan Protein Penting untuk Kehamilan

Melansir dari Healthline, beberapa studi menyarankan ibu hamil untuk mendapatkan asupan protein setidaknya 1,2 gram per kilogram berat badan per hari selama awal kehamilan dan satu setengah gram per kilogram berat badan per hari selama akhir kehamilan. Kebutuhan protein bumil tergantung pada banyak faktor, seperti ukuran tubuh ibu dan aktivitas yang ibu lakukan. 

Oleh sebab itu, bumil wajib bicara dengan dokter terkait berapa banyak protein yang harus diperoleh selama kehamilan. Kalau ibu butuh bertanya soal ini, hubungi dokter kandungan melalui aplikasi Halodoc saja. Tidak perlu repot ke rumah sakit, lewat Halodoc ibu dapat menghubungi dokter kapan dan di mana pun ibu butuhkan via Chat atau Voice/Video Call.

Baca juga: 7 Tips Pilih Suplemen Tambahan untuk Ibu Hamil

Manfaat Konsumsi Telur untuk Ibu Hamil

Telur termasuk salah satu bahan makanan dengan sumber protein terbaik. Satu butir telur berukuran besar setidaknya mengandung enam gram protein yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Telur mengandung nutrisi yang membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Makanan ini kaya nutrisi seperti vitamin B12 dan kolin, yang keduanya berkontribusi pada perkembangan otak janin.

Ketika ibu mengonsumsi protein dalam telur, tubuh akan memecahnya menjadi asam amino. Sedangkan asam amino sendiri adalah bahan penyusun protein yang merupakan bahan penyusun kehidupan dalam perut ibu. Protein sangat dibutuhkan kulit, rambut, otot, tulang serta sel-sel dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

Telur mengandung lemak dan protein serta mengandung sangat sedikit karbohidrat. Mengonsumsi makanan tinggi protein dan lemak sehat dapat membantu menjaga tingkat gula darah normal yang otomatis mengurangi risiko diabetes gestasional pada ibu hamil. Kuning telur juga sumber vitamin D yang baik. Seperti diketahui, kebutuhan vitamin D pada bumil lebih banyak daripada orang lain. 

Baca juga: Ini 7 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Beberapa manfaat vitamin D diantaranya mampu menjaga kesehatan tulang, meningkatkan imunitas dan mendukung perkembangan janin. Selain itu, telur juga mengandung vitamin B12, kolin, dan protein. Zat-zat ini mampu mengelola berat badan ibu selama kehamilan. Zat besi yang terkandung dalam telur juga amat dibutuhkan oleh bumil untuk memasok energi tubuh.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Eat Eggs During Pregnancy?
Parenting Firstcry. Diakses pada 2020. Eating Eggs During Pregnancy.