• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Liburan Berdua dengan Suami

Ketahui Manfaat Liburan Berdua dengan Suami

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu masih melakukan liburan berdua dengan suami meski sudah lama menikah? Sebaiknya, sesekali lakukanlah kegiatan menyenangkan ini, jangan sampai momen liburan berdua hanya dilakukan saat honeymoon saja. Pasalnya, sebuah survei dari U.S. Travel Association menyebutkan bahwa pasangan yang bepergian bersama menjadi lebih sehat dan memiliki hubungan yang lebih bahagia jika dibandingkan dengan mereka yang jarang liburan berdua. 

Masih dalam sumber yang sama, bepergian bersama membuat kamu dan suami lebih mungkin untuk merasa puas dengan hubungan mereka, meningkatkan dan memperbaiki berkomunikasi, bahkan kamu dan pasangan bisa melakukan hubungan intim yang lebih baik

Baca juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

Jika kamu masih ingin tahu apa saja manfaat liburan berdua dengan suami, simak ulasannya berikut: 

  • Memberi Sesuatu yang Baru untuk Dibicarakan. Jika kamu harus tinggal di rumah sepanjang waktu dan tidak pernah pergi ke mana pun bersama-sama, percakapan kamu dan pasangan akan cepat habis sehingga sangatlah membosankan. Jika kamu bepergian bersama, kamu bisa banyak berbicara tentang apa pun pada suami, seperti orang-orang yang kalian jumpai, pemandangan, suaranya, dan suasananya. Cara ini bisa membuat kalian semakin mesra dan semakin dekat. 
  • Akan Mengalami Hal-Hal Baru Bersama. Pengalaman baru akan tercipta, bahkan jika salah satu dari kamu pernah ke tujuan yang pernah dituju sebelumnya. Kamu akan menemukan hal baru yang istimewa yang akan membuat kalian semakin dekat. 
  • Membantu Merencanakan dan Mengatur Berbagai Hal Bersama. Bahkan sebelum berangkat liburan saja, kalian sudah mendapatkan manfaatnya. Apa pun itu, mulai dari perjalanan singkat akhir pekan hingga perjalanan panjang ke luar negeri pasti membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang. Kamu dan pasangan masing-masing dapat merencanakan hal yang kalian inginkan bersama. Dengan begini, kalian juga pasti akan memastikan untuk bisa bekerja menuju tujuan yang sama.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Babymoon

  • Menciptakan Kenangan Baru. Melakukan hal yang sama sepanjang waktu berarti ingatan kamu akan memudar satu sama lain, tetapi jika kamu memiliki momen yang menonjol dari perjalanan, kamu akan menceritakan kisah itu selama bertahun-tahun setelahnya dan menghidupkan kembali momen tersebut hingga usia tua.
  • Bisa Berhubungan Intim di Tempat Baru. Melakukan hubungan di tempat baru pasti akan berdampak positif pada kehidupan seks kalian sebagai pasangan dan pastinya akan membuat kalian semakin dekat dan intim. Ini juga mungkin mendorong kamu untuk mencoba sesuatu yang dapat kamu lakukan saat kembali ke rumah. 
  • Membantu Mempelajari Hal-Hal Baru tentang Satu Sama Lain. Entah kalian telah bersama atau masih berada dalam hubungan yang relatif baru, ketika kamu berdua berada di luar zona nyaman di tempat yang tidak dikenal, hal itu mungkin mengungkapkan sisi satu sama lain yang mungkin tidak pernah kalian sadari sebelumnya.
  • Memberi Waktu untuk Menjauh dari Gadget. Umumnya ketika kamu pergi berlibur, koneksi internet tidak akan sebaik di rumah. Jadi, tidak ada yang bisa dilakukan selain berbicara satu sama lain. Kalian bisa memanfaatkannya untuk semakin dekat, untuk bereksplorasi saat berhubungan intim, dan memberikan pasangan perhatian penuh. 
  • Lebih Menghargai Satu Sama Lain. Kini kamu dan pasangan memiliki waktu yang tidak terbatas untuk satu sama lain. Pekerjaan tidak akan menghalangi, kamu juga tidak disibukkan dengan teknologi yang biasanya menyita perhatianmu. Satu-satunya orang yang benar-benar memahami kamu pada saat itu adalah pasangan.
  • Bisa Merasa Lebih Aman. Bepergian sendirian mungkin terdengar seperti ide yang menarik, namun memiliki pasangan di samping berarti kamu dapat melindungi dan menjaga satu sama lain di lingkungan baru.

Baca juga: 6 Tips agar Hubungan Intim Tidak Membosankan

Itulah beberapa manfaat liburan bersama suami. Namun, jika kamu masih belum punya waktu dan biaya yang cukup untuk melakukan liburan bersama, kamu mungkin perlu saran dari psikolog di Halodoc agar rumah tangga tetap harmonis. Psikolog mungkin bisa membantu kamu dan pasangan agar tetap harmonis seiring berjalannya waktu. 

Referensi:
FemaleFirst UK. Diakses pada 2020. 10 Benefits of Travelling with Your Partner.
U.S. Travel Association. Diakses pada 2020. Travel Strengthens Relationships and Ignites Romance.