• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Masturbasi untuk Wanita

Ketahui Manfaat Masturbasi untuk Wanita

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Masturbasi mungkin sudah bukan hal yang asing lagi bagi para pria. Namun di kalangan wanita, aktivitas seksual ini masih sangat jarang diperbincangkan. Sebagian wanita mungkin masih enggan melakukan masturbasi, karena menganggapnya tabu dan memalukan. Menurut National Health and Social Life Survey, hanya 39 persen wanita Amerika berusia 18 hingga 60 tahun yang melakukan masturbasi selama tahun sebelumnya.

Angka tersebut cukup kecil jika dibandingkan dengan masturbasi pada pria, yang mencapai 61 persen. Padahal, masturbasi itu dapat memberi manfaat untuk kesehatan maupun hubungan dengan pasangan, lho. Apa saja ya manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas seksual yang dilakukan sendiri ini? Simak dalam penjelasan setelah ini.

Baca juga: Sudah Tahu Dampak Negatif dari Masturbasi? Ini Dia Jawabannya!

Manfaat Kesehatan hingga Keharmonisan Hubungan

Berikut beberapa manfaat dari masturbasi untuk wanita:

1. Mendapatkan Kepuasan Seksual

Sama halnya dengan pria yang bisa mendapatkan orgasme melalui masturbasi, wanita pun demikian. Bedanya, orgasme yang terjadi pada wanita adalah akibat rangsangan klitoris atau rangsangan pada G-spot. Hebatnya, wanita bisa merasakan orgasme lebih cepat saat masturbasi dibanding saat berhubungan intim dengan pasangan. Karena saat masturbasi, rangsangan biasanya langsung tertuju ke daerah organ intim dan titik-titik sensitif tertentu, sehingga orgasme lebih cepat terjadi.

2. Memperbaiki Mood

Melakukan masturbasi dapat memicu pelepasan hormon endorfin dan sertononin di dalam tubuh wanita. Hal ini membuat stres yang dirasakan akan berkurang dan pikiran lebih relaks. Selain itu, dengan melakukan masturbasi, kamu tidak perlu mengkhawatirkan kepuasan pasangan, karena bisa fokus pada diri sendiri. Namun bukan berarti kamu tidak perlu peduli pasangan, lho.

3. Memperbaiki Hubungan Suami Istri

Dengan melakukan masturbasi, wanita dapat mengeksplorasi tubuhnya sendiri dan menemukan tempat-tempat yang bisa memberi mereka kenikmatan. Dengan demikian, kamu bisa membimbing pasangan untuk merangsang tempat-tempat tersebut agar kamu bisa lebih cepat mencapai orgasme.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Sering Masturbasi Bisa Kena Kanker Prostat

Selain itu, Debby Herbenick, PhD, MPH, Associate Director dari Center for Sexual Health Promotion di Indiana University mengungkapkan, wanita yang menggunakan vibrator selama masturbasi cenderung memiliki fungsi seksual yang lebih baik bersama pasangan. Wanita yang bermasturbasi dengan menggunakan vibrator secara rutin akan memiliki gairah seksual yang tinggi, memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal pelumasan Miss V, mudah mencapai orgasme dan cenderung tidak merasa sakit saat berhubungan intim dengan pasangan.

Namun, jika kamu memiliki masalah dalam rumah tangga atau hubungan dengan pasangan, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bisa terhubung kapan dan di mana saja dengan psikolog keluarga atau seksual yang mungkin bisa memberi saran untuk masalahmu. Dengan aplikasi Halodoc, diskusikan masalahmu dengan psikolog, atau buat janji dengan psikolog di rumah sakit untuk bisa melakukan konseling secara langsung. Jangan lupa juga untuk selalu mengajak pasangan dalam hal ini, ya.

4. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Melakukan masturbasi juga dipercaya dapat membantu mengurangi kram perut saat menstruasi. Hal ini karena masturbasi berfungsi sebagai analgesik alami yang dapat menghilangkan rasa nyeri. Selain itu, masturbasi dapat merangsang produksi hormon yang dapat mengendalikan peradangan dan ketegangan otot. Masturbasi juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperbaiki mood-mu yang naik turun saat sedang datang bulan.

5. Mencegah Infeksi

Masturbasi juga dapat membantu mencegah wanita mengalami infeksi pada Miss V dan infeksi saluran kandung kemih, melalui proses “tenting” (pembukaan serviks yang terjadi saat kamu mencapai orgasme).

Baca juga: Oral Seks Bisa Memicu Infeksi Saluran Kemih?

6. Sebagai Olahraga

Tahukah kamu, masturbasi juga merupakan salah satu bentuk olahraga lho. Selain orgasme yang dihasilkan dapat mengecilkan pinggul, masturbasi ternyata juga mampu membakar 170 kalori dalam tubuh. Jadi, masturbasi enggak hanya membantu memenuhi kepuasan seks, tapi juga bermanfaat untuk memperkuat seluruh daerah otot rahim dan Miss V.

7. Mengatasi Insomnia

Kalau kamu sering mengalami insomnia, masturbasi merupakan cara yang bagus untuk mengatasi masalah tersebut. Orgasme yang kamu rasakan saat bermasturbasi akan melepaskan hormon oksitosin dan endorfin yang bermanfaat untuk membuat kamu tenang dan rileks, sehingga kamu bisa tidur dengan pulas.

Itulah 7 manfaat yang bisa didapatkan wanita dari masturbasi. Perlu diingat juga bahwa segala sesuatu yang dilakukan berlebihan itu tidak baik, begitu pula dalam hal masturbasi. Terlalu sering masturbasi juga dapat membawa efek buruk, seperti misalnya iritasi akibat gesekan. Jadi, jangan terlalu sering juga melakukannya. Sebaiknya, utamakan selalu keintiman dengan pasangan.

 

Referensi:
US National Library of Medicine. Diakses pada 2020. Debby Herbenick, PhD, MPH, Associate Director dari Center for Sexual Health Promotion di Indiana University.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Health Benefits of Solo Female Sexuality.
Elite Daily. Diakses pada 2020. Is Masturbation Healthy For Women? Experts Say Yes — Here's Why.