• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Mendengarkan Musik untuk Ibu Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Mendengarkan Musik untuk Ibu Hamil

Ketahui Manfaat Mendengarkan Musik untuk Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Mei 2022

“Ibu hamil yang gemar mendengarkan musik ternyata bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk kehamilannya. Musik dinilai mampu mengurangi nyeri, meredakan stres, meningkatkan refleks janin dan sebagainya.”

Ketahui Manfaat Mendengarkan Musik untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Ternyata ada segudang manfaat mendengarkan musik untuk ibu hamil. Musik klasik juga dikatakan sebagai jenis musik paling baik untuk didengarkan karena bisa membuat bayi dalam kandungan menjadi pintar. Namun, apakah hal ini benar? 

Sebenarnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kebenaran akan hal tersebut. Meski begitu, mendengarkan musik favorit memang bisa membantu mencerahkan suasana hati sang ibu dan hal ini pun bisa bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Yuk, intip berbagai manfaat mendengarkan musik untuk ibu hamil.

Ini Manfaat Mendengarkan Musik untuk Ibu Hamil

Setiap orang pasti memiliki selera musik yang berbeda-beda. Nah, ibu hamil yang kerap mendengarkan musik ternyata bisa mendapatkan manfaat-manfaat tertentu loh. Berikut sejumlah manfaatnya:

 1. Mengurangi Stres Termasuk Manfaat Mendengarkan Musik

Ibu hamil sangat rentan terserang stres selama masa kehamilan. Jika dibiarkan, hal ini bisa berdampak buruk pada ibu dan bayi. Penelitian menunjukkan bahwa bila ibu hamil mengalami stres yang tinggi saat hamil dapat menyebabkan bayi lahir prematur, berat badan lahir bayi rendah, dan meningkatkan risiko masalah perilaku pada bayi ketika ia menginjak usia anak-anak.

Nah, mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres yang dirasakan ibu hamil. Alunan musik yang merdu membantu ibu lebih rileks, sehingga tubuh ibu menghasilkan hormon serotonin dan endorfin, yaitu hormon yang membuat perasaan bahagia. Hormon ini pun kemudian akan ditransfer ke bayi melalui plasenta. Jadi, mendengarkan musik membuat ibu hamil merasa tenang, dan bayi pun ikut senang.

 2. Meningkatkan Indra Pendengaran Bayi

Menginjak usia kehamilan 5 bulan, para ahli berpendapat bahwa bayi dalam kandungan sudah dapat menerima informasi dari luar tubuh ibu. Selain dapat mendengar suara detak jantung, napas, suara aliran darah, dan saluran pencernaan ibu, bayi juga bisa mendengar suara dari luar tubuh ibu, seperti suara musik. Setelah lahir, bayi mungkin juga masih bisa mengenali suara yang pernah didengarnya dan menjadi tenang ketika mendengarkannya kembali.

3. Meningkatkan Reaksi Bayi

Musik dapat membuat ibu merasa rileks, ia juga dipercaya bisa memberikan perasaan yang sama ketika diperdengarkan kepada bayi yang baru lahir. Respon yang mungkin akan dilakukan si bayi adalah berhenti menangis, membuka mata mereka, bahkan sedikit melakukan gerakan.

Berdasarkan hasil sebuah penelitian, bila bayi diperdengarkan lagu pengantar tidur pada masa akhir kehamilan, maka akan merangsang dan meningkatkan reaksi aktivitas otaknya. Karena itu, bayi diduga sudah dapat mendengar dari dalam perut, tetapi belum ada bukti pasti bahwa musik dapat meningkatkan kemampuan sistem pendengaran atau perkembangan otak setelah lahir.

4. Membentuk Kepribadian Bayi

Percaya atau tidak, musik yang ibu dengarkan selama hamil ternyata dapat memengaruhi kepribadian si bayi secara keseluruhan. Misalnya jika selama hamil, ibu sering mendengarkan lagu-lagu yang lebih tenang, maka kemungkinan bayi yang lahir nanti akan memiliki kepribadian yang tenang.

Sebaliknya, jika ibu selama hamil mendengarkan lagu-lagu yang dengan tempo yang lebih kencang dan cepat, maka kemungkinan akan menumbuhkan kepribadian yang lebih aktif.

5. Mengontrol Nyeri

Ternyata musik juga bisa membantu mengendalikan rasa sakit. Melansir dari  International Forum for Wellbeing in Pregnancy, efek ini disebut sebagai music-induced analgesia (MIA) atau audio-analgesia.

Kenapa bisa demikian? Ternyata efek ini diperoleh dari sekresi endorfin yang terjadi saat ibu mendengarkan musik. Endorfin kemudian bekerja dengan mengurangi rasa sakit dan menciptakan rasa sejahtera di otak.

Jika ibu punya pertanyaan seputar kehamilan, jangan ragu untuk tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan siap menjawab semua pertanyaan ibu. Segera hubungi dokter supaya kehamilan tetap terpantau, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mom Junction. Diakses pada 2022. 4 Wonderful Effects Of Listening To Music During Pregnancy.
International Forum for Wellbeing in Pregnancy. Diakses pada 2022. LISTENING TO MUSIC DURING PREGNANCY: MYTHS AND FACTS.