• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Minum Air Dingin setelah Olahraga

Ketahui Manfaat Minum Air Dingin setelah Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Manfaat Minum Air Dingin setelah Olahraga

Halodoc, Jakarta – Aktivitas fisik yang kuat atau berkepanjangan dapat menyebabkan peningkatan suhu inti tubuh sehingga menghasilkan frekuensi keringat yang lebih tinggi dan menyebabkan hilangnya cairan tubuh dan elektrolit.

Ketika tubuh kehilangan cairan tubuh dan elektrolit, maka kondisi ini menyebabkan dehidrasi ringan. Itulah sebabnya, kamu butuh mengonsumsi air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Bukan sekadar air putih, kamu direkomendasikan untuk minum air dingin. Mengapa demikian? Baca selengkapnya di sini!

Membakar Lebih Banyak Kalori

Sebenarnya minum air putih baik hangat maupun dingin bisa memberikan lebih banyak energi pada tubuh di sepanjang hari. Minum air putih, tidak peduli suhunya, telah terbukti memberi tubuh lebih banyak energi sepanjang hari.

Tapi seperti disinggung sebelumnya, ternyata minum air dingin setelah olahraga jauh lebih bermanfaat. Minum air dingin dapat membantu membakar kalori ekstra karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu intinya. 

Baca juga: Konsumsi Air Kelapa Saat Sahur, Benarkah Cegah Dehidrasi?

Minum air dingin setelah olahraga juga menjaga kamu tetap terhidrasi dan memberi lebih banyak energi. Apa sajakah manfaat lain dari minum air dingin setelah olahraga?

1. Performa Tubuh

Ketika berolahraga kamu menaikkan suhu inti tubuh dan kehilangan cairan melalui keringat, apalagi kalau kamu olahraga di lingkungan yang panas. Minum air dingin membantu menjaga suhu inti tubuh tidak meningkat. Minum air dingin membantu menunda atau mengurangi kenaikan suhu tubuh yang dapat menghambat ketahanan atau latihan kekuatan.

2. Rasa

Minum air dingin setelah olahraga dapat memberikan sensasi yang enak dan menyegarkan. Pada akhirnya sensasi ini mendorong orang yang berolahraga untuk minum lebih banyak. Secara tidak langsung ini dapat membantu mencegah dehidrasi. Bahkan dehidrasi dalam jumlah kecil dapat mengganggu performa olahraga.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minum air dingin setelah olahraga, kamu dapat menerapkan beberapa hal berikut ini:

Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan Agar Tetap Sehat

1. Minuman untuk olahraga harus lebih dingin dari suhu ruangan.

2. Minuman sebaiknya diberi rasa untuk membantu konsumsi air lebih banyak. 

3. Minuman harus disajikan dalam wadah yang memungkinkan kamu minum tanpa mengganggu waktu olahraga. 

4. Gunakan minuman olahraga untuk menggantikan karbohidrat dan elektrolit saat berolahraga lebih dari satu jam. Kamu bisa kehilangan elektrolit (garam tubuh) karena berkeringat. Tanpa menggantinya, kamu berisiko hiponatremia jika air yang kamu konsumsi adalah air biasa tanpa elektrolit. 

5. Jika kamu berolahraga kurang dari satu jam, air putih adalah pilihan yang tepat. 

6. Jangan menunggu rasa haus untuk minum air putih, minumlah secara intens baik ketika tubuh bergerak aktif maupun tidak. 

Itulah manfaat dan saran mengapa minum air dingin setelah olahraga itu baik dilakukan. Tapi perlu diketahui, minum air es setelah latihan yang intens bisa menjadi penyebab rasa lelah yang amat sangat ataupun kram setelah berolahraga. 

Baca juga: Kardio Ampuh Menurunkan Berat Badan, Apa Betul?

Soalnya tubuh menggunakan energi ekstra untuk memanaskan air masuk dan memperlambat proses rehidrasi, membuat kamu merasa lesu. Jadi, paling baiknya adalah minum air dingin untuk penyerapan yang optimal ke seluruh tubuh. Dengan meminum air dengan suhu ruangan atau air dingin, organ dan otot akan pulih lebih cepat karena tubuh tidak harus bekerja keras memanaskan air untuk diserap ke seluruh tubuh.

Punya pertanyaan seputar kesehatan tanyakan saja langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menanyakan masalah kesehatan apa pun ke Halodoc dan dokter terbaik di bidangnya akan memberikan solusi. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bahkan bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Are the Risks and Benefits of Drinking Cold Water?
Very Well Fit. Diakses pada 2020. Should You Drink Cold Water When You Exercise?
Spoon University. Diakses pada 2020. Why You Shouldn’t Drink Cold Water After You Work Out