• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Pemanasan sebelum Berolahraga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Pemanasan sebelum Berolahraga

Ketahui Manfaat Pemanasan sebelum Berolahraga

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 Juni 2022

“Pemanasan menjadi hal penting yang perlu dilakukan sebelum berolahraga. Ada beberapa manfaat pemanasan sebelum berolahraga, seperti membuat otot dan sendi lebih fleksibel serta menurunkan risiko cedera.”

Ketahui Manfaat Pemanasan sebelum Berolahraga

Halodoc, Jakarta – Olahraga adalah kegiatan yang bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan fisik serta mental. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan, tetapi untuk berolahraga biasanya kamu disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Ada berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan sebagai pemanasan, seperti melakukan peregangan. Nah, tidak ada salahnya simak ulasan mengenai manfaat pemanasan sebelum berolahraga dalam artikel ini!

Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum kamu berolahraga. Sebab ada berbagai manfaat pemanasan sebelum berolahraga yang bisa kamu rasakan, seperti:

  1. Membuat Sendi dan Otot Menjadi Lebih Fleksibel

Melakukan peregangan sebelum melakukan olahraga dapat membuat sendi dan otot menjadi lebih fleksibel. Hal ini membantu kamu untuk menurunkan risiko mengalami gangguan pada sendi selama atau setelah berolahraga. Selain itu, saat tubuh menjadi fleksibel, kamu dapat melakukan gerakan-gerakan olahraga dengan lebih tepat.

  1. Menurunkan Risiko Cedera

Pemanasan sebelum berolahraga wajib dilakukan untuk menurunkan risiko cedera yang mungkin terjadi ketika berolahraga. Sebab setelah pemanasan, tubuh akan menjadi lebih fleksibel sehingga menurunkan risiko cedera. 

  1. Meningkatkan Kecepatan dan Ketepatan

Saat kamu melakukan pemanasan, gerakan tersebut dapat meningkatkan suhu tubuh dan otot. Kondisi ini membuat tubuh akan terbiasa dengan gerakan-gerakan yang akan kamu lakukan saat berolahraga sehingga mampu meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam berolahraga.

  1. Membuat Mental Lebih Siap untuk Berolahraga

Kamu bisa menggunakan waktu pemanasan untuk mengatur gerakan atau intensitas olahraga yang akan dilakukan. Dengan begitu, saat intensitas olahraga meningkat, kamu tidak akan mudah menyerah dan memberikan waktu pada diri sendiri untuk mengingat kembali tujuan berolahraga.

Itulah manfaat pemanasan sebelum berolahraga. Jadi, sebaiknya mulailah pemanasan sebelum olahraga secara perlahan dan tingkatkan intensitasnya secara bertahap. Kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter mengenai durasi dan jenis pemanasan yang tepat sebelum berolahraga. Jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:

Fit Athletic. Diakses pada 2022. 5 Reasons Why Warm Up Exercises Are Important.
Web MD. Diakses pada 2022. Benefits of Warm Up Exercise.