Ketahui Manfaat Pepaya untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Manfaat Pepaya untuk Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta – Pepaya lebih dikenal sebagai jenis buah yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, yaitu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Namun ternyata, mengonsumsi buah yang satu ini juga bisa memberi sederet manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Selain itu, konsumsi pepaya ternyata juga bisa memberi manfaat sehat bagi pengidap diabetes. 

Dalam satu buah pepaya, terkandung beragam nutrisi yang menyehatkan. Buah yang memiliki rasa manis ini kaya akan kandungan vitamin C, bahkan lebih banyak dari buah jeruk. Pepaya juga banyak mengandung vitamin A, B1, B3, B5, E, K, serat, kalsium, folat, potasium, dan magnesium. Meski memiliki kandungan gula, buah ini tetap aman dan baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes. 

Baca juga: Ini Alasan Diabetes Jadi Penyakit Seumur Hidup

Buah Pepaya dan Penyakit Diabetes 

Diabetes melitus merupakan penyakit yang terjadi karena meningkatnya kadar gula alias glukosa di dalam darah. Diabetes adalah penyakit kronis, yaitu penyakit yang terjadi dalam jangka panjang dan tidak bisa disembuhkan. Pada pengidap diabetes, tubuh kesulitan, bahkan tidak bisa membakar atau mengolah gula darah menjadi tenaga. Hal itu yang kemudian menyebabkan gula darah menjadi berlebih. 

Maka dari itu, sangat penting bagi pengidap diabetes untuk menjaga pola makan serta menghindari asupan yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Sebaliknya, orang dengan riwayat penyakit diabetes sebaiknya mengonsumsi jenis makanan sehat yang banyak mengandung serat, seperti sayuran dan buah-buahan. Salah satu jenis buah yang baik dikosumsi pengidap diabetes adalah pepaya yang sudah difermentasi. 

Rutin mengonsumsi buah pepaya yang sudah difermentasi disebut bisa membantu menurunkan kadar gula pada pengidap diabetes. Disarankan untuk memilih pepaya yang sudah difermentasi, karena kadar gula dalam buah ini sudah lebih stabil. Bukan berarti buah pepaya segar tidak boleh dikonsumsi pengidap diabetes. Karena memiliki kandungan air dan gula yang cenderung tinggi, pepaya sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. 

Baca juga: Mengapa Buah Pepaya Bermanfaat bagi Tubuh?

Umumnya, pengidap diabetes mengonsumsi secara rutin obat yang bisa mengontrol dan menurunkan kadar gula darah. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi buah ini tidak dilakukan secara berlebihan, sebab dikhawatirkan bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi terlalu rendah, sehingga memicu kondisi yang disebut hipoglikemia. 

Jenis Buah yang Baik untuk Pengidap Diabetes 

Mengonsumsi buah-buahan adalah hal yang baik untuk pengidap diabetes, selama dilakukan dengan cara yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih buah yang dikonsumsi, terutama kandungan glukosa dalam buah. Selain pepaya, ada jenis-jenis buah lain yang baik untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes, di antaranya: 

  1. Anggur, buah ini bisa membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengolah insulin. 
  2. Apel, menurut American Journal of Clinical Nutrition, buah apel baik untuk pengidap diabetes. Konsumsi buah ini bisa membantu menurunkan risiko penyakit diabetes menyerang. 
  3. Semangka, kandungan likopen dalam buah semangka bermanfaat untuk pengidap diabetes. 
  4. Jeruk, buah ini sudah lama dikenal dengan kandungan vitamin C dan bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. Ternyata, rutin konsumsi buah jeruk juga dianjurkan bagi pengidap diabetes karena bisa membantu sistem metabolisme dalam tubuh. 

Baca juga: Ini Alasan Pepaya Bisa Bantu Mencerahkan Kulit

Cari tahu lebih lanjut seputar manfaat pepaya dan buah lainnya bagi pengidap diabetes dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
eMedicineHealth. Diakses pada 2019. Papaya.
NDTV Food. Diakses pada 2019 Fruits for Diabetics: 10 Diabetic Friendly Fruits for Managing Blood Sugar Levels Better.