• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Vaksin Booster untuk Tubuh

Ketahui Manfaat Vaksin Booster untuk Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Manfaat Vaksin Booster untuk Tubuh

“Vaksin booster adalah salah satu metode yang mungkin akan dipilih untuk mencegah dampak buruk atau komplikasi yang disebabkan oleh COVID-19. Meski begitu, masih ada manfaat lainnya dari pemberian vaksin ini pada tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Dengan terus meningkatnya jumlah orang yang mengidap COVID-19 di Indonesia, tentu dapat menjadi ancaman sendiri bagi tenaga kesehatan. Tentu, pemerintah perlu mengambil langkah tepat guna mencegah terjadinya ancaman kolaps yang dapat menjadi efek domino berkepanjangan. 

Salah satu langkah yang sedang dipertimbangkan adalah pemberian vaksin booster. Pemberian suntikan dosis ketiga dari vaksin COVID-19 ini diharapkan dapat mencegah lebih banyak korban jiwa dari para nakes saat melaksanakan tugasnya. Namun, apa saja berbagai manfaat yang dapat diberikan oleh vaksin booster? Berikut ulasannya!

Baca juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Vaksinasi COVID-19?

Beberapa Manfaat Vaksin Booster Terkait COVID-19

Vaksin dapat membantu untuk melindungi tubuh dari virus dan bakteri yang berbahaya. Banyak orang yang berpikir jika dirinya sudah aman setelah divaksinasi, padahal hal tersebut belum pasti. Virus dapat bermutasi seiring waktu sehingga membuat vaksin yang diterima kurang efektif. Guna meningkatkan sistem imunitas tubuh, vaksin booster diperlukan.

Lalu, apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh vaksin booster untuk penyakit COVID-19?

Vaksin ini bekerja sesuai dengan namanya, yaitu untuk meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen tertentu setelah menerima dosis vaksin awal. Pada dasarnya, ada dua skenario yang membuat seseorang membutuhkan vaksin booster untuk penyakit COVID-19, yaitu untuk memperpanjang perlindungan pasca vaksin sebagai langkah penguat dan mencegah penularan dari varian virus corona yang telah bermutasi.

Sebagai contoh, ada beberapa penyakit yang diberikan saat kecil untuk mencegah penularan dan terjadinya komplikasi. Saat orang tersebut dewasa, vaksin booster diperlukan guna memperkuat kembali sistem imun yang dapat diakibatkan virus telah bermutasi. Beberapa contoh vaksin ini adalah difteri dan tetanus, yang bahkan diberikan setiap 10 tahun sekali.

Jika kamu ingin memastikan layak atau tidak untuk mendapatkan vaksin COVID-19, pemeriksaan di beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc bisa dilakukan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan dengan penggunaan smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Fakta Lengkap Mengenai Vaksin COVID-19

Cara Kerja Vaksin Booster pada Tubuh

Vaksin mengandung bentuk virus atau bakteri penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau bagian dari virus tersebut. Beberapa vaksin juga menggunakan metode contoh genetik dari virus yang diubah sedemikian rupa. Suntikan ini dapat memicu sistem kekebalan untuk menyerang virus sebenarnya yang menyebabkan penyakit, sehingga tubuh mampu mengatasinya.

Cara ini dapat membantu sistem imunitas untuk mengenali virus penyebab penyakit dan membunuhnya sebelum menyebabkan kerusakan. Tergantung pada jenis vaksin dan produsennya, kamu mungkin mendapatkan booster dalam kurun waktu minggu, bulan, hingga tahunan setelah suntikan pertama diberikan. Ada baiknya untuk bertanya pada dokter terkait hal ini.

Hal lainnya yang perlu kamu tahu tentang vaksin booster untuk penyakit COVID-19 adalah:

  • Suntikan vaksin kedua tidak dapat diubah, jadi dosisnya harus berasal dari produsen yang sama dengan yang pertama.
  • Pastikan untuk mendapatkan suntikan kedua dengan waktu yang telah disarankan.

Kamu mungkin mengalami lebih banyak efek samping ringan pada suntikan dosis kedua dibandingkan yang pertama, seperti kelelahan dan sakit kepala. Namun, masalah ini seharusnya tidak terjadi dalam waktu yang lama atau bahkan 1–3 hari. Jika kamu mengalami efek samping yang berkepanjangan, pastikan untuk segera mendapatkan bantuan medis.

Baca juga: 5 Jenis Vaksin COVID-19 yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Meski begitu, para peneliti terus mempelajari tentang pentingnya untuk mendapatkan vaksin booster guna menjaga tubuh agar tetap dapat bertahan dari penyakit COVID-19. Mungkin saja ke depannya setiap orang membutuhkan vaksinasi secara rutin, seperti halnya vaksin flu. Hal yang paling penting adalah tubuh tetap terlindungi dari virus corona.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. What Are Booster Shots?
Self. Diakses pada 2021. COVID-19 Vaccine Booster Shots: Will You Need One?