• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Yoga yang Bisa Turunkan Darah Tinggi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Yoga yang Bisa Turunkan Darah Tinggi

Ketahui Manfaat Yoga yang Bisa Turunkan Darah Tinggi

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Juni 2022

“Manfaat yoga untuk menurunkan tekanan darah tinggi tidak perlu diragukan lagi. Sebab yoga mampu mengurangi stres, menjaga berat badan sehat, dan melancarkan peredaran darah.”

Ketahui Manfaat Yoga yang Bisa Turunkan Darah Tinggi

Halodoc, Jakarta –  Hipertensi atau darah tinggi adalah kondisi ketika tekanan darah berada pada 130/80 mmHg atau lebih. Gangguan kesehatan ini dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak muda.

Bila tidak diatasi dengan baik, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi kesehatan, salah satunya adalah gangguan jantung. Oleh karena itu, penting untuk mewaspadai dan mencegah masalah kesehatan yang satu ini dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin. 

Nah, salah satu jenis olahraga yang bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi adalah yoga. Simak ulasan mengenai manfaat yoga tersebut di sini.

Manfaat Yoga untuk Turunkan Darah Tinggi

Melansir American Heart Association, tekanan darah yang normal berada pada 120/80 mmHg. Pada kebanyakan kasus, penyebab tekanan darah tinggi memang jarang diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa kondisi yang dapat memicu seseorang mengalami hipertensi. Contohnya seperti hamil, gangguan ginjal, lanjut usia, dan riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi.

Stres juga dapat memicu seseorang untuk melakukan kebiasaan yang meningkatkan risiko alami darah tinggi atau hipertensi, seperti kebiasaan mengonsumsi alkohol, kebiasaan merokok, kurang beristirahat, dan jarang berolahraga. Untuk itu, mengelola tingkat stres yang dirasakan menjadi cara untuk mengatasi dan mencegah darah tinggi.

Ada berbagai olahraga yang dapat dilakukan untuk mengelola tingkat stress dengan baik, salah satunya adalah olahraga yoga. Benarkah yoga mampu menurunkan hipertensi? 

Menurut para ahli, yoga menjadi salah satu aktivitas fisik yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Di samping itu, melakukan yoga dapat melatih fisik dan mengatur berat badan agar tetap ideal. Dengan begitu, tekanan darah berangsur akan kembali normal. 

Selain itu, beberapa pose yoga juga melibatkan pernapasan yang tentunya dapat mengontrol tekanan darah serta melepaskan stress yang kamu alami. Tidak hanya tekanan darah bisa kembali normal, berbagai dampak positif juga dapat dirasakan dengan rutin melakukan olahraga yoga. 

Manfaat yoga lainnya, yaitu meningkatkan fleksibilitas, baik untuk kesehatan jantung dan peredaran darah, meningkatkan energi dan vitalitas, serta menjaga metabolisme tetap seimbang.

Pose Yoga yang Bisa Turunkan Darah Tinggi

Berikut beberapa pose yang bisa kamu coba untuk mendapatkan manfaat yoga yang menurunkan tekanan darah:

  • Child Pose atau Balsana

Pose yoga ini bisa mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Sukhasana atau easy pose

Pose yoga ini membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan membuat pikiran menjadi damai dan mengurangi stres. Pikiran yang rileks bisa mendorong tubuh yang sehat. Selain itu, asana ini juga bermanfaat untuk meregangkan punggung dan leher.

  • Shavasana

Pose yoga ini benar-benar bertujuan untuk relaksasi. Manfaat yoga melalui pose shavasana, antara lain bisa menenangkan otak, menghilangkan stres, merilekskan tubuh, mengurangi sakit kepala, kelelahan dan insomnia. Semua itu adalah faktor risiko tekanan darah tinggi. Dengan mengendalikan faktor-faktor tersebut, shavasana bisa menurunkan tekanan darah.

  • Cobra Pose

Cobra pose atau dikenal juga sebagai Bhujangasana sangat membantu dalam sirkulasi darah dan oksigen. Pose ini juga mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan jantung. Kamu juga bisa meningkatkan fleksibilitas dengan pose ini.

  • Bridge Pose

Manfaat yoga untuk menurunkan darah tinggi juga bisa didapatkan dengan melakukan bridge pose. Pose ini menenangkan otak, mengurangi stres, serta bermanfaat untuk mengelola depresi ringan. Selain tekanan darah tinggi, bridge pose juga baik untuk kesehatan organ perut, paru-paru, mengatasi nyeri haid, kelelahan, sakit kepala dan kecemasan.

Tidak Hanya Yoga, Lakukan Cara Ini

Selain rutin berolahraga, perubahan pola makan sehat juga menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ada beberapa perubahan pola makan sehat yang perlu dilakukan. Misalnya seperti lebih banyak mengonsumsi sayuran dan juga buah, susu rendah lemak, gandum, dan kacang-kacangan. Hindari terlalu banyak mengonsumsi daging merah serta makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol.

Kurangi mengonsumsi garam dan hindari kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol. Tidak hanya itu, sebaiknya kurangi juga mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi karena dapat memicu tekanan darah.

Selain perubahan gaya hidup, penggunaan beberapa jenis obat hipertensi juga diperlukan untuk menurunkan gejala dan membuat tekanan darah kembali normal. Sebaiknya ikuti saran dokter untuk minum obat penurun tekanan darah agar kesehatan selalu optimal.

Segera kunjungi rumah sakit terdekat atau tanya dokter langsung melalui aplikasi Halodoc jika kamu mengalami gejala tekanan darah tinggi. Contohnya seperti sakit kepala yang mengganggu aktivitas, lemas, gangguan penglihatan, nyeri dada, dan sesak napas. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Yoga for High Blood Pressure
Medical News Today. Diakses pada 2022. Can Yoga Reduce Blood Pressure?
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Stress and High Blood Pressure: What’s The Connection?
American Heart Association. Diakses pada 2022. High Blood Pressure
NDTV. Diakses pada 2022. Hypertension: Can Yoga Reduce Blood Pressure? Know 5 Best Yoga Poses For High Blood Pressure