• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Metode Pengobatan untuk Mengatasi Lupus Nefritis

Ketahui Metode Pengobatan untuk Mengatasi Lupus Nefritis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui Metode Pengobatan untuk Mengatasi Lupus Nefritis

Halodoc, Jakarta - Seperti namanya, lupus nefritis adalah penyakit yang berkaitan dengan penyakit autoimun systemic lupus erythematosus (SLE), atau yang lebih populer dengan sebutan lupus. Mengapa dibilang berkaitan? Sebab, lupus nefritis adalah kondisi peradangan pada ginjal, akibat pengaruh dari penyakit lupus, yang membuat sel-sel ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 

Peradangan pada ginjal akibat lupus nefritis dapat memicu timbulnya berbagai gejala, seperti tekanan darah tinggi, adanya protein atau darah dalam urine, dan yang terparah adalah gagal ginjal. Saking seriusnya, lupus nefritis perlu segera mendapatkan pengobatan medis dari dokter. Lalu, seperti apa metode pengobatan yang tepat?

Baca juga: Cari Tahu Tentang Penyakit Lupus

Pengobatan untuk Mengatasi Lupus Nefritis

Jika kamu mengalami gejala seperti adanya darah atau busa dalam urine, dan pembengkakan tungkai, sebaiknya segera download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter lewat chat. Kalau dokter mencurigai adanya indikasi lupus nefritis, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sebelum memulai pengobatan, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah ada gangguan pada ginjal atau tidak. Termasuk jika mencurigai penyebab gangguan pada ginjal adalah penyakit lupus, pemeriksaan tambahan akan dilakukan. 

Jika diagnosis sudah dipastikan, dokter akan melakukan pengobatan untuk lupus nefritis, yang bertujuan untuk meredakan gejala, serta mencegah kekambuhan dan kerusakan ginjal lebih lanjut. Soal metode pengobatan apa yang dilakukan akan tergantung pada jenis dan tingkat keparahan lupus nefritis yang dialami.  

Umumnya, pengobatan untuk lupus nefritis dilakukan dengan dua fase, awal dan lanjutan. Pada fase awal, pengobatan akan bertujuan untuk mencegah kerusakan ginjal dan menekan sistem imun yang merusak jaringan di dalam organ tersebut. Kemudian, pengobatan lupus nefritis pada fase lanjutan biasanya bertujuan untuk mencegah kekambuhan penyakit ini. 

Baca juga: Jenis Penyakit Lupus dan Cara Mengetahuinya

Secara umum, pengobatan lupus nefritis dilakukan dengan pemberian obat-obatan, seperti:

  • Obat kortikosteroid. Pemberian obat ini bertujuan untuk mengurangi peradangan pada ginjal. Contoh obatnya adalah methylprednisolone.
  • Obat imunosupresif. Obat ini digunakan untuk menekan kerja sistem imun. Tujuannya adalah agar kerusakan jaringan ginjal akibat serangan sistem imun bisa diminimalisir. Contoh obatnya adalah hydroxychloroquine, mycophenolate mofetil, dan cyclophosphamide.
  • Obat antihipertensi. Karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, pemberian obat antihipertensi sering diperlukan dalam pengobatan lupus nefritis. Contoh obatnya adalah ACE inhibitor, obat penghambat beta obat ARB, dan obat diuretik.

Selain pemberian obat-obatan, dokter juga biasanya akan menyarankan pengidap lupus nefritis untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi garam dan protein. Lalu, cara agar lupus nefritis tidak kambuh kembali setelah pengobatan selesai, pengidap juga diharuskan untuk menghindari paparan pemicu kekambuhan, seperti sinar matahari dan obat-obatan antibiotik.

Meski begitu, pada kebanyakan kasus, lupus nefritis tidak bisa disembuhkan secara total. Pengobatan yang dilakukan hanya bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah komplikasi atau keparahan kondisi yang bisa dialami akibat lupus nefritis. 

Baca juga: 4 Komplikasi Akibat Lupus yang Harus Diperhatikan

Adapun komplikasi paling parah dari lupus nefritis adalah gagal ginjal, yaitu kondisi ketika ginjal sudah tidak bisa berfungsi dengan baik lagi dalam mencuci darah. Akibatnya, pengidap lupus nefritis jadi harus menjalani hemodialisis atau cuci darah secara rutin, untuk menggantikan fungsi ginjal, menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh, dan mengendalikan tekanan darah. 

Jika memungkinkan, atau keparahan kondisi gagal ginjal sudah sangat mengkhawatirkan, dokter mungkin akan menyarankan operasi transplantasi ginjal. Prosedur ini juga meningkatkan kualitas hidup pengidap gagal ginjal akibat lupus nefritis. Namun, seperti apa metode pengobatan yang bisa dilakukan, sebaiknya bicarakan lebih lanjut dengan dokter, ya! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diseases and Conditions. Lupus Nephritis.
Healthline. Diakses pada 2020. Lupus Nephritis.
WebMD. Diakses pada 2020. Lupus Nephritis.