• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Mitos dan Fakta Mengenai Air Hidrogen

Ketahui Mitos dan Fakta Mengenai Air Hidrogen

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ketahui Mitos dan Fakta Mengenai Air Hidrogen

Halodoc, Jakarta – Air hidrogen baru-baru ini tengah populer dan diklaim bisa memberi beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Alhasil, tidak sedikit orang yang tergoda dan mulai mengonsumsinya. Namun, apa itu air hidrogen? Benarkah air hidrogen bisa memberi manfaat untuk tubuh? Ketahui apa saja mitos dan fakta mengenai air hidrogen di artikel berikut ini!

Sebenarnya, air hidrogen merupakan air biasa yang ditambahkan dengan molekul hidrogen. Hidrogen merupakan molekul kimia yang merupakan gas tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak beracun. Molekul ini nantinya akan mengikat unsur oksigen, nitrogen, dan karbon. Kemudian, unsur-unsur tersebut membentuk senyawa, termasuk gula dan air. 

Baca juga: Manfaat Air dan Inhalasi Hidrogen Bantu Penanganan Penyakit Penyerta Covid-19

Air Hidrogen dan Klaim Kesehatan 

Air hidrogen tengah digandrungi. Pada dasarnya, air hidrogen merupakan air biasa yang ditambahkan molekul hidrogen. Air biasa (H2O) sendiri, sebenarnya sudah mengandung dua atom hidrogen dan satu atom oksigen. Namun, menambahkan unsur hidrogen, seperti pada air hidrogen, disebut bisa menghasilkan banyak manfaat melebihi air biasa. 

Sayangnya, penelitian untuk membuktikan hal tersebut masih belum banyak dilakukan. Sehingga belum bisa dibuktikan apakah manfaat sehat air hidrogen merupakan fakta atau mitos belaka. Namun, ada beberapa klaim kesehatan dari air hidrogen, di antaranya: 

  • Antioksidan 

Konsumsi air hidrogen disebut bisa memberi manfaat antioksidan. Sebab, molekul hidrogen bisa berperan sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas di dalam tubuh. Hal itu akan bermanfaat dan berperan dalam melindungi sel dari efek stres oksidatif yang bisa menyebabkan inflamasi dan beragam penyakit, termasuk kanker. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat antioksidan dalam air hidrogen pada orang yang sehat dan juga orang dengan kondisi kronis.

Baca juga: Konsumsi Antioksidan Air dan Inhalasi Hidrogen untuk Cegah Paparan Virus Covid-19 saat New Normal

  • Bermanfaat untuk Atlet 

Atlet mungkin menjadi salah satu kelompok yang bisa memanfaatkan air hidrogen. Sebab, konsumsi jenis air ini disebut bisa membantu meningkatkan performa atletik saat berolahraga. Air hidrogen disebut bisa membantu mengurangi kelelahan, serta mengatasi peradangan dan mempercepat proses pemulihan setelah olahraga. Ada sebuah studi yang menunjukkan seorang atlet sepak bola yang minum air hidrogen mengalami penurunan kelelahan otot yang lebih rendah dibandingkan dengan yang mengonsumsi plasebo. Jika kamu aktif berolahraga, mungkin bisa mencoba mengonsumsi air hidrogen untuk meningkatkan performa. 

  • Mencegah Penyakit

Seperti dikatakan sebelumnya, air hidrogen diklaim memiliki manfaat antioksidan. Nah, manfaat ini disebut bisa melindungi kesehatan tubuh serta mencegah risiko penyakit. Sehingga, konsumsi air hidrogen mungkin bisa membantu tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit. 

Lantas, haruskah mulai rutin mengonsumsi air hidrogen? Apakah minuman ini cukup aman? 

Karena penelitian terhadap air ini masih terbatas, belum diketahui apakah ada bahaya atau tidak dari konsumsi air hidrogen secara rutin. Kalaupun ada, masih perlu dicari tahu apakah dampak yang ditimbulkan akan lebih berbahaya jika dibandingkan dengan manfaat air hidrogen. Selain itu, belum ada ketentuan jumlah atau batas campuran hidrogen di dalam air. Sehingga, produk-produk yang dijual di pasaran mungkin memiliki kadar hidrogen yang berbeda-beda. Belum juga diketahui seberapa banyak jumlah hidrogen yang aman masuk ke dalam tubuh. 

Baca juga: Terapi Hidrogen Bantu Penanganan Happy Hipoxia

Terlepas dari mitos dan fakta air hidrogen, perlu diingat bahwa memenuhi asupan air untuk tubuh adalah hal yang penting agar terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Dehidrasi bisa menyebabkan seseorang mengalami lemas hingga kehilangan kesadaran. Jika mengalami dehidrasi parah, segera pergi ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis. Pakai aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit terdekat. Download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Hydrogen Water: Miracle Drink or Overhyped Myth?
WebMD. Diakses pada 2021. Hydrogen Water: Are There Health Benefits?