• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Pemeriksaan Nistagmus untuk Diagnosis Vertigo

Ketahui Pemeriksaan Nistagmus untuk Diagnosis Vertigo

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Ketika mengalami vertigo, kamu akan merasa pusing yang berputar, seperti orang yang kehilangan keseimbangan. Terkadang, rasanya begitu menyakitkan dan mengganggu yang bisa membuat kamu mual, muntah, bahkan kesulitan untuk melakukan aktivitas normal. Tentu saja, kondisi ini merupakan kelainan kambuhan, jadi dibutuhkan penanganan total agar kamu bisa mengantisipasi ketika vertigo datang kembali. 

Sebenarnya, vertigo sendiri bukan nama penyakit, melainkan sekumpulan gejala yang bisa terjadi secara mendadak atau berlangsung selama jangka waktu tertentu, tetapi masih dalam satu waktu. Vertigo pun terbagi menjadi dua jenis berdasarkan penyebabnya, yaitu periferal dan sentral.

Pemeriksaan Nistagmus untuk Diagnosis Vertigo

Ketika mengalami vertigo, gejala utama yang pastinya akan kamu rasakan adalah sakit kepala yang berputar, padahal kamu sendiri sedang tidak bergerak, sehingga sangat mungkin terjadi hilang keseimbangan. Kamu juga akan mengalami keringat berlebih, mual, muntah, bahkan mengalami nistagmus. Gejala ini biasanya akan bersifat hilang timbul dalam beberapa menit, jam, bahkan hari. 

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Dapat Menjadi Faktor Penyebab Vertigo

Agar diagnosisnya tepat, kamu harus memeriksakan diri ke dokter. Kamu bisa langsung menggunakan aplikasi Halodoc, karena sekarang melalui aplikasi Halodoc, bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat dengan lokasi tempat tinggalmu. Kalau tidak sempat, kamu juga bisa bertanya pada dokter asli melalui fitur Tanya Dokter

Sama seperti untuk menentukan penyakit lainnya, dokter tentu akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk menentukan diagnosis yang akurat. Selain memeriksa kondisi fisikmu, dokter pun akan bertanya gejala apa saja yang kamu rasakan, begitu pula dengan riwayat medis yang pernah kamu miliki. Nah, salah satu jenis pemeriksaan yang biasa dilakukan adalah pemeriksaan nistagmus. 

Nistagmus sendiri merupakan kondisi pergerakan bola mata yang sangat cepat dan tidak terkendali. Kelainan ini bisa mengakibatkan terjadinya gangguan penglihatan seperti pandangan yang menjadi tidak fokus atau mengabur. Lalu, bagaimana caranya dokter melakukan pemeriksaan nistagmus untuk mendiagnosis vertigo ini? 

Baca juga: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo

Sederhananya, kamu akan diminta untuk melakukan gerakan-gerakan manuver yang cepat yang bisa memicu terjadinya vertigo, karena vertigo sendiri bisa terjadi karena pergerakan tubuh yang terlalu cepat. Selama pemeriksaan dilakukan, kamu akan dipantau melalui alat yang disebut dengan electronystagmography atau ENG dan videonystagmography atau VNG. Kedua alat ini berfungsi untuk merekam segala gerakan mata dengan menggunakan kacamata khusus. 

Pemeriksaan Lain untuk Diagnosis Vertigo

Selain pemeriksaan nistagmus, dokter biasanya juga akan melakukan pemeriksaan lainnya untuk mendiagnosis vertigo yang kamu alami. Beberapa tes ini termasuk:

  • Tes romberg. Pemeriksaan dilakukan dengan berdiri dengan kaki rapat dan mata terbuka. Setelahnya, dokter meminta kamu untuk menutup mata selama beberapa detik dan membukanya kembali. Jika kamu hilang keseimbangan atau terjatuh, berarti kamu mengalami vertigo. 

  • Tes unterberger. Pemeriksaan dilakukan dengan berdiri pada dua kaki. Kamu akan diminta untuk jalan di tempat, mengangkat lutut setinggi mungkin selama kurang lebih 30 detik dengan mata tertutup. Kalau kamu positif mengidap vertigo, maka akan berputar ke bagian yang bermasalah. 

  • Pemeriksaan pendengaran. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan audiometri dan garpu tala oleh dokter ahli THT. Pemeriksaan ini dilakukan terutama jika kamu mengalami tinnitus atau hilang pendengaran. 

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Vertigo Mengganggu

Referensi: 
American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2019. What is Nystagmus?
NCBI. Diakses pada 2019. The Evaluation of a Patient with Dizziness.
American Hearing. Diakses pada 2019. Medical Treatment of Vertigo.