Ketahui Pencegahan Kondisi Henoch Schonlein Purpura

Ketahui Pencegahan Kondisi Henoch Schonlein Purpura

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya mengonsumsi makanan yang sehat. Konsumsi makanan yang sehat dan penuh dengan nutrisi membantu untuk menjaga kesehatan sistem imunitas tubuh.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Akibat Henoch Schonlein Purpura

Kondisi sistem imunitas tubuh yang optimal dapat membantu untuk menghindari beberapa penyakit salah satunya adalah penyakit Henoch-Schonlein purpura. Penyakit Henoch-Schonlein purpura atau HSP adalah penyakit peradangan pembuluh darah pada kulit, sendi, usus serta ginjal yang menyebabkan munculnya ruam yang berwarna merah pada beberapa bagian tubuh seperti tungkai bawah atau bokong.

Selain muncul ruam pada kulit, ada beberapa gejala lain yang disebabkan oleh penyakit Henoch-Schonlein purpura, seperti nyeri pada bagian perut, nyeri pada sendi terutama pada bagian lutut serta kaki. Terkadang, nyeri yang muncul juga mengalami pembengkakan. Tidak hanya itu, pengidap HSP juga mengalami demam, muntah hingga munculnya darah pada feses.

Penyakit ini adalah penyakit yang jarang terjadi. Meskipun begitu, umumnya penyakit HSP banyak dialami oleh anak-anak yang memiliki rentang usia 2 hingga 11 tahun.

Begini Pencegahan Henoch Schonlein Purpura

Peradangan pembuluh darah umumnya disebabkan karena kurang optimalnya sistem imunitas tubuh seseorang. Kondisi ini menyebabkan respon sistem imun yang abnormal menyerang sel serta organ tubuh.

Namun, sebaiknya kamu jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit HSP, salah satunya mengonsumsi banyak makanan untuk membantu sistem imun tubuh kamu kembali optimal.

Salah satu caranya dengan rutin mengonsumsi buah apel. Apel salah satu buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Selain dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, buah apel dapat membantu untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Kamu juga bisa konsumsi buah jeruk dalam bentuk buah atau minuman jus. Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan imunitas tubuh.

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu perlu beristirahat yang cukup agar kesehatan kembali stabil. Jangan lupa untuk banyak mengonsumsi cairan. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu perharinya membantu untuk menghindarkan berbagai penyakit.

Baca juga: Memar Henoch Schonlein Purpura, Bisakah Sembuh Tanpa Diobati?

Pemeriksaan Henoch Schonlein Purpura

Nyatanya, penyakit Henoch-Schonlein purpura dapat menghilang dengan sendirinya. Jika kamu merasa gejala semakin buruk, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut agar kamu mendapatkan penanganan yang tepat. Ada beberapa tes yang bisa dilakukan, seperti:

1. Tes Laboratorium

Tes laboratorium biasanya mencakup tes darah ataupun tes urine. Tes darah digunakan untuk melihat kadar antibodi abnormal dalam darah. Sedangkan tes urine digunakan untuk memantau fungsi ginjal.

2. Biopsi

Pemeriksaan melalui proses biopsi juga bisa digunakan untuk memastikan kondisi HSP.

3. Tes Pencitraan

Tes pencitraan digunakan untuk memastikan penyebab penyakit HSP dan memastikan tidak ada komplikasi lain yang disebabkan oleh penyakit ini.

Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter mengenai penyakit Henoch-Schonlein purpura. Gunakan aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi mengenai penanganan penyakit yang berhubungan dengan sistem imun tubuh kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Memar Tubuh Hilang Timbul, Kapan Harus Waspada?