Ketahui Penggunaan Gua Sha untuk Pijat Wajah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Penggunaan Gua Sha untuk Pijat Wajah

Halodoc, Jakarta – Tren kecantikan semakin berkembang dan banyak ragamnya. Bagi para beauty enthusiast alias penggemar kecantikan, pasti sudah tidak asing dengan teknik gua sha untuk pijat wajah. Belakangan ini, pijat wajah untuk mendapat manfaat cantik memang semakin populer dan digemari. Gua sha menjadi salah satu metode yang menjanjikan sederet manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. 

Pijat wajah gua sha alias facial gua sha sebenarnya berasal dari tradisi pengobatan kuno di Tiongkok. Gua sha dilakukan pada tubuh dengan gesekan kuat menggunakan benda tumpul. Di Indonesia, teknik ini dikenal dengan istilah kerokan, yaitu pengobatan yang dilakukan dengan menggosok koin atau sendok ke permukaan kulit untuk mengatasi masuk angin. Namun, “kerokan” yang dilakukan dalam gua sha untuk wajah berbeda dan jauh lebih lembut. 

Baca juga: 5 Perawatan Kecantikan Wanita Setiap Hari

Manfaat Penggunaan Gua Sha untuk Wajah 

Gua sha dilakukan dengan menggunakan batu khusus atau disebut gua sha tool. Batu khusus gua sha yang umumnya terbuat dari porselen tersebut digosokkan dengan lembut pada area sekitar wajah hingga ke leher. Teknik menggosok atau memijat area wajah dengan gua sha tool dilakukan untuk melancarkan aliran darah dan energi yang oleh masyarakat Tiongkok disebut “chi”. 

Rutin memijat wajah dengan gua sha tool bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, otot-otot di wajah menjadi lebih lemas, hingga mencegah munculnya kerutan dini dan mengatasi bengkak yang terjadi pada wajah. Biar lebih jelas, simak manfaat yang bisa didapat dari metode kecantikan ini, di antaranya: 

  • Relaksasi Otot Wajah 

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari teknik pijat gua sha adalah relaksasi otot wajah. Dengan kata lain, rutin menggunakan gua sha tool bisa menghindari, bahkan mengatasi ketegangan yang terjadi pada otot-otot di wajah. Gua sha bisa sangat bermanfaat bagi kamu yang terbiasa menahan ketegangan di alis atau rahang saat stres. Menggosok gua sha tool bisa membantu menenangkan ketegangan. 

Baca juga: Malas Hapus Makeup? Waspada 6 Masalah Kulit Ini

  1. Menghilangkan Mata Panda  

Mata panda bisa mengganggu penampilan, sehingga seseorang mungkin rela melakukan apa saja untuk menghilangkannya. Nah, kalau kamu mengalami pembengkakan di bawah kantung mata atau di area wajah lain, gua sha bisa menjadi solusinya. Memijat wajah dengan teknik gua sha bisa mengurangi pembengkakan di area wajah. 

  1. Kulit Lebih Sehat 

Gua sha bisa membantu membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Teknik pijat ini bisa membantu merangsang aliran oksigen pada kulit wajah, sehingga membantu produksi kolagen. Dengan begitu, kulit wajah lebih sehat bisa menjadi kenyataan. Gua sha bisa membantu menyamarkan garis halus dan kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, serta menurunkan risiko munculnya jerawat. 

  • Penyerapan Skincare 

Tak hanya memberi manfaat untuk kesehatan kulit, gua sha juga bisa membantu meningkatkan efektivitas skincare alias produk perawatan kulit. Cobalah untuk memijat wajah dengan gua sha tool setelah mengoleskan krim atau serum ke wajah. Cara ini bisa membantu meningkatkan penyerapan produk kecantikan ke kulit. 

Baca juga: 5 Alasan Olahraga Bisa Meningkatkan Kecantikan

Cari tahu lebih lanjut seputar penggunaan gua sha serta tips merawat kecantikan dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa kapan dan di mana saja dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan kulit lebih cantik dari ahlinya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2019. Understanding Gua Sha: Benefits and Side Effects.
Elle Australia. Diakses pada 2019. Do Gua Sha Tools Actually Work? Science Weighs In.
Prevention. Diakses pada 2019. How a Gua Sha Facial Massage Could Benefit Your Skin, According to Dermatologists.