Ketahui Pengobatan untuk Atasi Cystic Fibrosis

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Ketahui Pengobatan untuk Atasi Cystic Fibrosis

Halodoc, Jakarta - Pernah mendengar keluhan kesehatan bernama cystic fibrosis? Penyakit yang umumnya berkembang di Eropa Utara ini merupakan penyakit genetik yang menimbulkan masalah pada lendir-lendir di dalam tubuh.

Ketika seseorang terserang cystic fibrosis, maka lendir tubuh akan menjadi kental dan lengket. Nah, kondisi inilah yang ujung-ujungnya bisa menimbulkan sumbatan di berbagai saluran, terutama di saluran pernapasan dan pencernaan. Oleh sebab itu, tak heran bila pengidap cystic fibrosis mengalami gangguan pernapasan sejak usia dini. 

Pertanyaannya, bagaimana sih cara mengobati cystic fibrosis?

Baca juga: Si Kecil Mengidap Cystic Fibrosis? Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuhnya

Cystic Fibrosis, Dari Infeksi Hidung hingga Kemandulan

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya untuk berkenalan dengan gejala-gejalanya. Gejala cystic fibrosis ini bisa berbeda pada satu pengidap dengan pengidap lainnya. Nah, berikut ini beberapa gejala yang umumnya timbul ketika cystic fibrosis menyerang tubuh. 

  • Infeksi hidung, seperti polip hidung dan sinusitis;

  • Batuk berkepanjangan;

  • Napas pendek;

  • Muntah;

  • Diare;

  • Saluran udara melebar karena peradangan;

  • Mengi;

  • Gangguan hati;

  • Sembelit yang parah;

  • Kekurangan nutrisi atau malnutrisi;

  • Inkontinensia urin karena hilangnya kontrol otomatis dari kandung kemih, sehingga urine bisa merembes keluar kapan saja; dan

  • Kemandulan pada pria akibat terhalangnya saluran yang membawa sperma, dan kemandulan pada wanita akibat terganggunya siklus menstruasi dan tebalnya cairan di dinding rahim.

Nah, segeralah tanyakan kepada dokter bila mengalami gejala-gejala di atas, untuk mendapatkan penanganan yang tepat melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga:Produksi Lendir Berlebih Sebabkan Cystic Fibrosis dalam Tubuh

Lantas, bagaimana cara mengobati cystic fibrosis?

Obat-Obatan Sampai Tindakan Operasi

Dokter biasanya akan menganjurkan pengidap cystic fibrosis untuk mendapatkan perawatan intensif. Nah, berikut ini beberapa pengobatan yang umumnya dilakukan dokter: 

1. Konsumsi Obat-Obatan

Seperti penyakit lainnya, cystic fibrosis juga bisa diatasi lewat obat-obatan. Umumnya obat yang digunakan, seperti antibiotik untuk melawan infeksi di dalam paru-paru. Bentuk antibiotiknya bermacam-macam, bisa dalam bentuk kapsul, pil, sirup, hingga melalui infus atau suntikan.  Tobramycin dan ciprofloxacin merupakan antibiotik yang sering digunakan untuk menangani cystic fibrosis. Selain antibiotik, obat,seperti prednisone atau fluticasone juga bisa diberikan untuk mengurangi peradangan paru-paru. 

Menangani penyakit ini juga bisa melalui obat-obatan pengendali volume lendir dan pencair lendir dalam paru-paru. Contohnya, larutan hipertonik untuk memberikan di paru-paru , eperti deoxyribonuclease (DNase). Obat ini berfungsi untuk mengencerkan lendir dalam paru-paru. Ada juga mukolitik untuk mengurangi tingkat kekentalan lendir di dalam usus, dan ivacaftor untuk mengurangi kadar lendir dalam tubuh. 

Sedangkan untuk memperlebar saluran pernapasan, bisa menggunakan obat golongan bronkodilator. Misalnya, albuterol dan salmeterol. 

Baca juga: Benarkah Cystic Fibrosis Tak Dapat Menular?

2. Serangkaian Terapi

Penanganan kasus cystic fibrosis tak hanya melalui obat-obatan, tetapi juga bisa melalui terapi. Misalnya: 

  • Latihan fisik dan olahraga untuk meningkatkan kebugaran tubuh;

  • Terapi oksigen murni untuk mengatasi penurunan kadar oksigen dalam darah. Tujuannya, untuk mencegah hipertensi paru; dan

  • Terapi perubahan posisi, tujuannya agar lendir mudah keluar dari paru-paru. 

3. Prosedur Operasi

Prosedur operasi ini disarankan oleh dokter bila gejalanya semakin parah, dan tak bisa ditangani dengan obat-obatan atau metode lain. Bila sudah parah hingga membuat paru-paru tak lagi dapat berfungsi, operasi transplantasi paru-paru mungkin menjadi cara yang paling efektif. Meski begitu, operasi ini terbilang amat berisiko. Tindakan operasi ini juga akan dilakukan bila cystic fibrosis menyebabkan penyumbatan pada usus besar. 

Referensi:

NHS Choices UK. Diakses pada 2019. Health A-Z. Cystic Fibrosis.  

Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Diseases and Conditions. Cystic Fibrosis.  

WebMD. Diakses pada 2019. Cystic Fibrosis - Topic Overview.