• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Penularan Flu yang Selama Ini Tidak Disadari

Ketahui Penularan Flu yang Selama Ini Tidak Disadari

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Flu adalah gangguan yang sering terjadi pada kebanyakan orang. Gangguan ini dapat membuat seseorang mengalami bersin-bersin dan juga demam tinggi selama beberapa hari yang mungkin saja menjadi gejala dari COVID-19. Banyak orang yang mengalami gangguan ini karena memang penularannya terbilang mudah untuk terjadi. Meski begitu, terdapat beberapa cara lainnya yang dapat membuat penularan flu tidak disadari. Berikut pembahasan lengkapnya!

Cara Penularan Flu yang Jarang Diketahui

Flu adalah infeksi saluran pernapasan yang telah menyerang banyak orang setiap tahunnya. Semua orang mempunyai risiko untuk tertular gangguan ini dengan gejala yang timbul mungkin saja ringan hingga berat. Selain demam dan pilek, gangguan ini juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan, tubuh terasa pegal-pegal, hingga kelelahan. Gangguan ini dapat membaik dalam waktu satu minggu dan sembuh tanpa mengalami komplikasi.

Baca juga: Ketahui Cara Virus Flu Menular

Meski begitu, flu dapat menjadi sesuatu yang berbahaya pada orang tua yang sistem kekebalannya lemah. Selain itu, risiko untuk menyebabkan komplikasi yang berhubungan dengan flu, seperti pneumonia, menjadi lebih tinggi pada seseorang dengan usia di atas 65 tahun. Maka dari itu, setiap orang harus tahu cara penularan flu, terutama yang masih jarang orang sadari. Berikut ini beberapa cara penularan yang jarang diketahui:

1. Menyebar Melalui Pernapasan

Salah satu cara penularan flu yang masih banyak orang tidak sadari adalah gangguan ini dapat menular saat pengidapnya bernapas. Saat seseorang yang mengalami flu bernapas, potensi untuk mengeluarkan cairan melalui hidung atau mulut tetap ada. Hal tersebut dapat menyebabkan virus melayang di udara yang akhirnya terhirup oleh orang lain. Risiko ini lebih tinggi pada hari-hari awal penyakit terjadi.

Maka dari itu, jika ada seseorang yang mengalami influenza dan melakukan aktivitas yang banyak orang di sekitarnya, ada baiknya untuk segera memulangkannya. Hal itu karena risiko untuk dirinya menulari orang lain terbilang tinggi. Alangkah lebih baik untuk mencegah daripada mengobati di akhir bukan? Dengan begitu, tidak semakin banyak orang yang mengidap gangguan ini sehingga aktivitas hariannya tetap berjalan.

Baca juga: Ini 5 Benda yang Efektif Sebarkan Virus Flu

2. Menyentuh Permukaan Suatu Benda

Penularan dari flu juga dapat terjadi saat seseorang menyentuh permukaan suatu benda yang telah terpapar air liur dari seseorang yang mengidap flu. Cairan tersebut dapat menetap di suatu benda dalam waktu yang tidak sebentar. Maka dari itu, penting untuk selalu memperhatikan kebersihan dari suatu benda yang kamu pegang. Selain itu, pastikan juga untuk rutin mencuci tangan agar virus yang menempel mampu dihilangkan dengan sempurna.

Setelah mengetahui cara penularan flu yang jarang orang ketahui, kamu juga harus tahu cara pencegahan yang efektif untuk dilakukan. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan agar tubuh tetap kuat melawan virus tersebut adalah dengan selalu menjaga sistem imun tetap optimal. Sistem imun yang kuat mampu melawan segala infeksi yang masuk ke tubuh. Cara menguatkan sistem imun adalah dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur secara rutin.

Selain itu, jika kamu memiliki pertanyaan terkait gangguan yang terjadi apakah disebabkan oleh flu biasa atau karena COVID-19, dokter dari Halodoc dapat menentukannya untuk kamu. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc pada smartphone yang digunakan. Kamu juga dapat memesan vitamin yang dapat meningkatkan sistem imun agar tetap fit.

Baca juga: 4 Benda di Kantor Ini Efektif Tularkan Virus Flu

Dengan mengetahui cara penularan flu yang jarang disadari dan selalu menjaga sistem imun tubuh tetap optimal, diharapkan penyakit ini tidak mudah untuk menyerang. Dengan begitu, tubuh tetap fit dan aktivitas harian tetap terjaga kondisinya. Selain itu, kamu juga pasti tidak ingin menularkan penyakit ini pada orang-orang tersayang yang ada di rumah bukan?

Referensi:
Science Daily. Diakses pada 2020. Flu may be spread just by breathing.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Prevent the Flu: Natural Ways, After Exposure, and More.