• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Penyebab Gummy Smile, Perlukah Diatasi?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Penyebab Gummy Smile, Perlukah Diatasi?

Ketahui Penyebab Gummy Smile, Perlukah Diatasi?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 Agustus 2022

“Gummy smile atau tampilan gusi yang berlebihan saat tersenyum bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti pertumbuhan gigi yang berbeda, bentuk rahang, dan bibir. Ada beberapa cara mengatasi gummy smile yang bisa dilakukan agar tampilan gigi lebih proporsional.”

Ketahui Penyebab Gummy Smile, Perlukah Diatasi?Ketahui Penyebab Gummy Smile, Perlukah Diatasi?

Halodoc, Jakarta – Susunan gigi yang rapi akan membuat senyuman tampak sangat menawan ketika bibir terangkat ke atas. Namun, bagi sebagian orang, senyuman mereka memperlihatkan lebih banyak gusi daripada yang diinginkan. Kondisi ini disebut juga dengan gummy smile atau dalam istilah medis dikenal sebagai tampilan gingiva berlebihan.

Nyatanya, gummy smile merupakan kondisi gigi yang cukup umum. Beberapa ahli memperkirakan ada sebanyak 10 persen orang dewasa berusia 20-30 tahun, yang memiliki senyuman dengan tampilan gingiva berlebihan. Dibanding pria, wanita lebih sering mengalaminya. 

Sebagian besar gummy smile hanya masalah estetika. Jadi, perlukah kondisi gigi tersebut diatasi? Simak ulasannya di sini. 

Penyebab Gummy Smile

Tampilan gigi bisa dianggap sebagai gummy smile bila garis gusi terbuka sebesar 3-4 milimeter saat tersenyum. Dalam beberapa kasus yang parah, tampilan gingiva yang berlebihan ini bahkan bisa terlihat ketika bibir tidak sedang tersenyum. 

Nah, agar bisa menentukan perawatan yang tepat, penyebabnya perlu diketahui terlebih dahulu. Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab gummy smile:

1. Perbedaan Pertumbuhan Gigi

Terkadang, cara gigi dewasa kamu bertumbuh bisa menyebabkan gummy smile. Meskipun hal ini bervariasi pada tiap orang, tapi sebuah studi kecil tahun 2014 menemukan bahwa tampilan gigi tersebut mungkin merupakan turunan dalam keluarga.

Bila gusi kamu menutupi lebih banyak permukaan gigi ketika mereka bertumbuh, suatu kondisi yang disebut erupsi pasif yang berubah, hal itu bisa menyebabkan gummy smile. Sementara bila gigi di bagian depan mulut tumbuh terlalu jauh atau erupsi berlebihan, gusi juga bisa bertumbuh terlalu jauh. Kondisi tersebut dikenal sebagai ekstrusi dentoalveolar.

Gummy smile juga bisa terjadi karena kondisi yang disebut vertical maxillary excess. Ini adalah kondisi ketika tulang rahang atas kamu tumbuh lebih panjang daripada normalnya.

2. Perbedaan Bibir

Gummy smile juga bisa terjadi ketika bibir atas kamu berada di sisi yang lebih pendek. Dan jika bibir kamu hypermobile, yang berarti mereka bergerak secara dramatis saat kamu tersenyum, sehingga mengekspos lebih banyak garis gusi.

3. Obat-obatan

Beberapa obat bisa menyebabkan gusi kamu tumbuh terlalu banyak di sekitar gigi. Kondisi tersebut dikenal sebagai hiperplasia gingiva. Obat-obatan yang mencegah kejang, menekan sistem kekebalan kamu, atau mengobati hipertensi  bisa menyebabkan pertumbuhan gusi yang berlebihan.

Dalam hal ini, penting untuk merawat kondisinya. Jika tidak diobati, pertumbuhan gusi yang berlebihan secara klinis dapat menyebabkan penyakit periodontal.

Perawatan yang Bisa Dilakukan

Meskipun gummy smile tidak menimbulkan masalah kesehatan apa-apa, banyak orang yang merasa risih atau terganggu dengan tampilan gusi berlebihan yang mereka miliki. Untungnya, ada beberapa pilihan perawatan yang bisa memperbaiki gummy smile dan membuat rasio gusi dan gigi yang lebih seimbang:

  • Gingivektomi

Ini adalah salah satu prosedur operasi yang bisa direkomendasikan dokter bila kamu memiliki terlalu banyak gusi yang menutupi permukaan gigi. Gingivektomi bisa membentuk kembali gusi berlebih untuk mengekspos bentuk alami gigi kamu. Hal itu membuat gusi dan gigi menjadi seimbang.

  • Lip Repositioning

Prosedur ini mengatasi gummy smile yang disebabkan oleh bibir atas yang pendek, atau hypermobile yang membuat kamu memperlihatkan terlalu banyak gusi saat tersenyum. Lip repositioning adalah prosedur sederhana dan aman yang membatasi tarikan otot-otot di bibir atas kamu.

  • Pemanjangan Mahkota

Dalam prosedur ini, kelebihan jaringan gusi dan tulang di bawahnya dipotong dan dibentuk kembali, untuk memperlihatkan keseluruhan panjang gigi kamu.

  • Bedah Ortognatik

Bila gummy smile kamu disebabkan oleh bentuk rahang, dokter gigi akan merekomendasikan operasi ortognatik. Prosedur ini akan menyeimbangkan panjang rahang atas dan bawah kamu.

  • Botoks

Pilihan perawatan ini sering digunakan untuk mengatasi gummy smile, yang disebabkan oleh gerakan bibir yang terlalu jauh di atas gusi saat tersenyum. Botox bekerja dengan cara melumpuhkan beberapa otot untuk sementara, sehingga kamu tidak menaikkan bibir atas secara drastis.

Itulah penjelasan mengenai penyebab gummy smile dan cara mengatasinya. Untuk menjaga kesehatan gigi, coba cek obat dan vitamin untuk gigi di Halodoc saja. Tidak perlu repot-repot, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What to Know About a Gummy Smile
Dr. Michael Handler Dentistry. Diakses pada 2022. How to Fix a Gummy Smile.
Stat Pearls. Diakses pada 2022. Excessive Gingival Display