• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Penyebab Hemoglobin Rendah pada Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Penyebab Hemoglobin Rendah pada Tubuh

Ketahui Penyebab Hemoglobin Rendah pada Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Juli 2022

“Terdapat beberapa penyebab hemoglobin rendah pada tubuh. Salah satunya adalah tubuh memproduksi lebih sedikit sel darah merah dari biasanya akibat penyakit atau kondisi tertentu.”

Ketahui Penyebab Hemoglobin Rendah pada TubuhKetahui Penyebab Hemoglobin Rendah pada Tubuh

Halodoc, Jakarta – Hemoglobin merupakan protein yang ditemukan pada sel darah merah. Perlu diketahui bahwa hemoglobin berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, hemoglobin juga berfungsi untuk membawa karbon dioksida keluar dari sel dan masuk ke paru-paru untuk dikeluarkan. 

Oleh karena itu, ketika seseorang memiliki hemoglobin yang rendah, tentu kondisi ini dapat menghambat tubuh dalam memaksimalkan fungsi-fungsi tersebut. Alhasil, tubuh tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup, membuat seseorang dengan kondisi ini merasa sangat lelah dan lemah.

Seseorang dikatakan memiliki hemoglobin yang rendah jika kadarnya di bawah 13,5 gram per desiliter pada pria dan 12 gram per desiliter pada wanita. Namun, kira-kira apa penyebab hemoglobin rendah pada tubuh? Yuk, simak informasinya di sini!

Penyebab Hemoglobin Rendah Pada Tubuh

Jumlah hemoglobin yang rendah sebenarnya tidak selalu merupakan tanda penyakit. Sebab, kondisi ini bisa menjadi hal yang normal bagi sebagian orang. Kendati demikian, jumlah hemoglobin yang rendah dapat dikaitkan dengan penyakit atau kondisi yang menyebabkan tubuh memiliki terlalu sedikit sel darah merah. Hal ini dapat terjadi jika:

1. Tubuh Menghasilkan Lebih Sedikit Sel Darah Merah dari Biasanya

Terdapat beberapa penyakit dan kondisi tertentu juga dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit sel darah merah dari biasanya. Mulai dari anemia aplastik, kanker, Penyakit ginjal kronis. sirosis hati, limfoma Hodgkin (penyakit Hodgkin), penyakit radang usus (IBD) hingga anemia defisiensi zat besi. 

Beberapa kondisi seperti keracunan timbal, hipotiroidisme (tiroid kurang aktif) dan limfoma non hodgkin juga dapat menjadi penyebabnya. Di samping itu, penggunaan obat-obatan tertentu, seperti obat antiretroviral untuk infeksi HIV dan obat kemoterapi untuk kanker dan kondisi lainnya, juga dapat membuat tubuh menghasilkan lebih sedikit sel darah merah. 

2. Tubuh Menghancurkan Sel Darah Merah Secara Lebih Cepat  

Tubuh menghancurkan sel darah merah secara lebih cepat dibandingkan yang dapat diproduksi juga dapat menyebabkan kadar hemoglobin rendah. Inilah penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat juga daripada yang dapat diproduksi, yaitu:

  • Pembesaran limpa (splenomegali).
  • Hemolisis.
  • Porfiria. 
  • Anemia sel sabit. 
  • Mengidap thalasemia.

3. Kehilangan Darah dalam Jumlah Tertentu

Terakhir, kadar hemoglobin yang rendah juga dapat disebabkan oleh kehilangan darah dalam jumlah tertentu. Kondisi ini dapat terjadi akibat beberapa faktor. Misalnya seperti pendarahan di saluran pencernaan seperti wasir atau bisul, hingga terlalu sering mendonorkan darah. Di sisi lain, menoragia, yaitu pendarahan menstruasi berat juga dapat menyebabkan kadar hemoglobin rendah. Namun, perdarahan menstruasi normal juga dapat menyebabkan jumlah hemoglobin sedikit rendah.

Bagaimana Cara Mengatasi Kadar Hemoglobin Rendah?

Pengobatan hemoglobin rendah akan tergantung dari penyebab yang mendasarinya. Sebagai contoh, jika kondisi ini disebabkan oleh anemia defisiensi besi, maka dokter akan mengobati anemia melalui pemberian suplemen. Dalam kebanyakan kasus, mengobati anemia akan meningkatkan kadar hemoglobin pada tubuh.

Selain itu, konsumsi makanan kaya vitamin dapat membantu menjaga kesehatan sel darah merah dan hemoglobin pada tubuh. Berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi:

  • Daging merah (sapi) dan daging dari jeroannya, seperti hati.
  • Ikan berlemak, seperti salmon yang kaya akan protein, zat besi dan vitamin.
  • Sayuran berdaun hijau, seperti kangkung dan bayam.
  • Kacang-kacangan seperti buncis dan kacang polong.

Itulah penjelasan mengenai penyebab hemoglobin rendah pada tubuh. Secara garis besar, rendahnya hemoglobin dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah tubuh yang menghasilkan lebih sedikit sel darah merah dari biasanya. Meski begitu, tingkat hemoglobin yang rendah tidak selalu dapat menjadi indikasi akan sebuah penyakit atau kondisi tertentu. Sebab, banyak hal yang dapat memengaruhi kadar hemoglobin pada tubuh.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar hemoglobin rendah, segeralah diskusikan dengan dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter terpercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Kamu dapat menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Low hemoglobin count. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Low Hemoglobin. 
Suara. Diakses pada 2022. Apa Itu Hemoglobin Rendah? Gangguan Kesehatan yang Sempat Dialami Ruben Onsu.