• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Penyebab Vertigo Kambuh saat Bangun Tidur

Ketahui Penyebab Vertigo Kambuh saat Bangun Tidur

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Terkadang tidak semua orang menghadapi bangun tidur dengan tubuh yang segar. Mungkin ada yang pernah mengalami bangun tidur dengan kondisi kepala pusing. Atau bisa saja merasakan ruangan berputar saat bangun tidur. Kondisi yang dialami ini adalah vertigo saat bangun tidur. 

Perlu diketahui, vertigo bukan sebuah penyakit, melainkan gejala sebuah penyakit. Vertigo terjadi ditandai rasa pusing, ruangan berputar, atau tubuh terasa tidak seimbang meskipun sedang diam. Lantas, apa yang menjadi penyebab kambuhnya vertigo saat bangun tidur?

Baca juga: Hati-Hati, 7 Kebiasaan Ini Dapat Memicu Vertigo

Penyebab Vertigo saat Bangun Tidur

Ada banyak kemungkinan penyebab terjadinya vertigo saat bangun tidur. Umumnya, pusing di pagi hari adalah hal yang sering terjadi pada banyak orang dan tidak perlu dikhawatirkan. Jika kamu merasa pusing atau vertigo di pagi hari setelah bangun tidur, kemungkinan disebabkan perubahan keseimbangan secara tiba-tiba pada tubuh. Misalnya, saat kamu menyesuaikan tubuh dari posisi berbaring ke berdiri. 

Vertigo bisa terjadi saat cairan di telinga bagian dalam bergeser. Jika kamu mengalami flu atau sinus, mungkin kamu mengalami vertigo yang lebih parah. Hal ini diakibatkan cairan berlebih dan bengkak di sinus yang berhubungan dengan telinga bagian dalam. 

Beberapa masalah umum yang menyebabkan vertigo saat bangun tidur, yaitu:

  • Sleep Apnea

Jika kamu memiliki sleep apnea atau mendengkur saat tidur, maka pola pernapasan saat tidur mungkin jadi penyebab vertigo. Sleep apnea adalah kondisi yang menghalangi pernapasan, yang artinya tubuh berhenti bernapas sementara di malam hari. Gangguan pernapasan ini menurunkan kadar oksigen yang menyebabkan vertigo saat bangun tidur di pagi hari. 

Baca juga: Kenali Tanda dan Penyebab Vertigo Berikut Ini

  • Dehidrasi

Kondisi ini adalah salah satu penyebab paling umum vertigo saat bangun pagi. Misalnya, jika kamu minum alkohol sebelum tidur, maka terjadi dehidrasi di pagi harinya. Meskipun kamu tidak minum alkohol, kamu tetap mungkin mengalami dehidrasi jika bekerja di cuaca yang panas, tidak cukup cairan, mengonsumsi diuretik, dan mengonsumsi minuman berkafein, serta mengeluarkan banyak berkeringat. 

  • Gula Darah Rendah

Bangun pagi dengan vertigo juga dapat menjadi gejala gula darah rendah. Jika memiliki diabetes dan mengonsumsi insulin atau obat-obatan, kamu bisa mengalami hipoglikemik di pagi hari, terutama jika tidak cukup makan di malam hari sebelumnya. 

Jika kamu secara teratur mengalami vertigo saat bangun tidur, kelelahan, atau merasa mual dan lemah di antara waktu makan, sebaiknya bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk menjalani tes hipoglikemia. 

  • Sedang Menjalani Pengobatan

Jika kamu sedang menjalani pengobatan, maka mungkin itu penyebab vertigo saat bangun pagi. Bicarakan pada dokter mengenai efek samping obat-obatan yang kamu konsumsi, terutama jika obat yang diresepkan adalah penyebabnya. Kemungkinan dokter akan memberikan solusi lain. 

Baca juga: Mengidap Vertigo, Ini yang Akan Dialami Tubuh

Cara Mengatasi Vertigo pada Pagi Hari

Hal penting yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya vertigo adalah tetap terhidrasi di siang hari. Minumlah air putih meskipun kamu tidak merasa haus, karena tubuh tetap berisiko mengalami dehidrasi. Terutama jika kamu memiliki pekerjaan yang sangat aktif secara fisik. 

Usahakan untuk selalu minum setidaknya 8 gelas air sehari dan lebih banyak lagi jika kamu sangat aktif, hamil, atau tipe orang yang cenderung banyak berkeringat.

Berkeringat akan meningkatkan dehidrasi. Hindari minuman alkohol, terutama sebelum tidur, dan minum segelas penuh air sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Ada banyak kondisi yang menyebabkan vertigo, jadi penting untuk selalu melakukan pemeriksaan pada dokter jika pusing tidak kunjung hilang atau terjadi setiap pagi.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Waking Up Dizzy: Causes and How to Make It Go Away
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Dizziness